Ini Dia 3 Sampo Lokal yang Silicone-Free!

Kulit kepala selalu gatal dan rambut mudah lepek? Coba beralih ke silicone-free shampoo. Saya punya tiga rekomendasi silicone-free shampoo dari brand lokal.

Saya mencoba mengurangi kandungan silikon, untuk produk-produk yang menempel pada kulit kepala saya. Karena memang terbukti, sejak beralih menggunakan silicone-free shampoo, rambut saya jadi lebih bebas masalah. Ketombe sudah hilang dan kerontokan juga jauh sekali berkurang. Mungkin, memang kulit kepala saya alergi terhadap kandungan silikon.

Baca juga: Kelebihan Silicone-Free Shampoo

Tapi sayangnya, kebanyakan produk sampo drugstore yang bisa ditemui di pasaran, masih mencantumkan silikon sebagai salah satu ingredient. Nggak heran sih, rasa lembut yang dihasilkan dari sampo dengan kandungan silikon ini memang nagih. Dan nggak semua orang bermasalah dengan silikon. Cuma yang nggak disadari, silikon ini lama kelamaan akan menumpuk di kulit kepala dan menyumbat pori-pori, sehingga menyebapkan berbagai masalah rambut seperti rontok, gatal, dan mudah lepek. Silikon memang sebaiknya hanya digunakan pada batang rambut, dalam bentuk hair conditioner.

Nah, kalau kamu ingin mencoba silicone-free shampoo, berikut ini adalah 3 sampo lokal bebas silikon yang bisa saya temukan:

1. Mylea Intensive Hair Shampoo

sampo lokal free silikonKalau mencari sampo lokal drugstore/ supermarket, pasti mata akan langsung tertuju ke Mylea. Karena Mylea ini adalah satu-satunya yang mencantumkan tanda silicone-free cukup besar pada kemasannya. Saya sudah menghabiskan tiga botol sampo ini, karena saya cocok menggunakannya, produknya mudah dicari, dan harganya juga cuma Rp40.000 saja. Saat memakai produk ini, kulit kepala saya rasanya sangat bersih, nggak terasa gatal walau berhari-hari nggak keramas, dan nggak gampang lepek. Aromanya juga enak, walau sedikit kuat.

Kekurangan sampo ini adalah membuat rambut terasa kasar, kering dan kaku. Padahal yang saya pakai adalah varian Mylie Intensive Hair Shampoo, yang ditujukan untuk rambut normal-kering, diwarnai, dan sering dicatok. Awal-awal pakai, kering dan kasarnya terasa sangat parah. Tapi lama-kelamaan, entah rambut saya yang beradaptasi, atau saya yang mulai terbiasa, rambut saya nggak terasa sekasar waktu pertama kali mencoba sampo ini. Tapi buat saya nggak masalah, karena memang efeknya kulit kepala saya jadi nggak gatal dan rambut berkurang sekali rontoknya. Dan lagi, rasa kasar ini masih bisa diakali dengan penggunaan conditioner yang teksturnya rich dan melembapkan setiap kali keramas.

Tapi tetap saja, karena membuat rambut lebih kering dan kasar dibandingkan silicone-free shampoo yang lain, jadi saya tidak merekomendasikannya untuk yang baru pertama kali mau pindah ke free-silicone shampoo.

Baca juga: Cara Pakai Conditioner Rambut Anti Lepek

2. Mustika Ratu Shampoo Bayam

sampo lokal free silikon2Mustika Ratu Shampoo Bayam ini ditujukan untuk rambut rontok. Di bagian depan kemasannya, sampo lokal ini nggak mengklaim kalau produknya silicone-free. Jadi cara untuk mengetahuinya adalah dengan membaca ingredient list-nya. Sampo ini aromanya hampir mirip dengan Mylea, hanya lebih lembut. Kemampuannya membersihkan kulit kepala juga sangat bagus, hanya memang kemampuannya menahan lepek dan gatal, masih kalah dari Mylea.

Tapi kelebihannya, sampo ini nggak bikin rambut terasa terlalu kering dan kaku. Ya memang terasa lebih kering dan kaku bila dibandingkan sampo bersilikon. Tapi tidak sekaku ketika saya pakai Mylea. Produk ini juga membantu mengatasi rambut rontok saya. Untuk silicone-free shampoo dengan harga Rp30.000 saja, produk ini layak untuk dicoba.

3. Sensatia Botanicals Balancing Shampoo

sampo lokal free silikon3Sampo Sensatia Botanicals ini, walaupun silicone-free, tapi nggak bikin rambut terasa kaku dan kasar. Memang terasa sedikit kesat bila dibandingkan sampo bersilikon, tapi menurut saya masih enak kok. Karena nggak membuat rambut terasa kasar dan kaku, jadi sampo ini menurut saya adalah yang paling cocok digunakan untuk memulai berkenalan dengan silicone-free shampoo. Cuma memang sampo ini busanya nggak banyak. Karena selain silicone-free, sampo ini juga SLS-free. Jadi wajar ya kalau nggak terlalu banyak busa.

Yang paling saya suka dari sampo ini adalah aromanya yang bernuansa herbal. Rasanya relaxing banget, dan bikin acara keramas jadi lebih menyenangkan. Saya juga suka kemasan sampo ini yang berkesan mahal. Walau harganya sedikit mahal untuk ukuran sampo lokal, yaitu Rp180.000, tapi menurut saya harga dengan kualitasnya sangat sebanding kok.

 

Bagaimana, tertarik juga mencoba silicone-free shampoo? Kira-kira, mana dulu yang akan kamu beli? Share di comment ya!