Cara Pakai Conditioner Rambut Anti Lepek

Cara-cara ini bisa bikin conditioner rambut kamu bekerja maksimal, tanpa takut lepek dan ketombe.

Saya seringkali mendengar atau membaca keluhan, kalau pakai conditioner malah timbul berbagai masalah rambut seperti rambut lepek dan berketombe. Mungkin itu bukan salah produknya. Bisa jadi cara penggunaannya kurang tepat. Sebenernya produk apapun, harus digunakan dengan cara yang tepat agar dapat bekerja dengan maksimal. Karena ya sayang banget kan kalau sudah beli skincare atau haircare mahal-mahal, tapi karena cara memakainya kurang tepat, manfaatnya nggak bisa kita rasakan dengan maksimal.

Baca juga: Tips Mengakali Rambut Super Kering dan Rusak

conditioner tips (3)

Coba ikuti cara-cara memakai conditioner di bawah ini, agar conditioner yang kamu pakai bisa maksimal kerjanya:

Sampo, Baru Conditioner

Saya pernah membaca tips untuk memakai conditioner dulu baru kemudian sampo, agar rambut nggak lepek dan berketombe. Menurut saya cara itu salah. Sampo yang dipakai setelah conditioner, malah akan meluruhkan conditioner yang seharusnya melindungi dan menutrisi batang rambut.

Keringkan Rambut Sebelum Conditioner

Setelah sampo dibilas bersih dari rambut kita, tekan-tekan perlahan rambut kita dengan menggunakan handuk lembut, untuk menyerap air yang berlebihan. Nggak perlu sampai benar-benar kering kok, yang penting sudah nggak ada air yang menetes dari rambut. Baru setelah rambut dikeringkan, aplikasikan conditioner pada batang rambut.

Saya sudah mencoba cara ini, dan memang sih, conditioner jadi lebih terasa melembabkan rambut. Kalau diaplikasikan saat rambut sangat basah, conditioner jadi nggak sepenuhnya menempel pada batang rambut dan mudah sekali dibilas. Dan itu membuat kinerjanya jadi nggak maksimal.

Baca juga: Kelebihan Silicone-Free Shampoo

conditioner tips (2)

Pakai Sisir Bergigi Jarang

Kalau hanya mengaplikasikan conditioner dengan jari dan telapak tangan, seringkali ada banyak bagian helaian rambut yang terlewat. Sisir bergigi jarang ini membantu untuk meratakan conditioner ke setiap helai batang rambut, sehingga semua bagian batang rambut kita terkena produk conditioner.

Jangan Langsung Dibilas!

Conditioner memang diformulasikan lebih cepat kinerjanya dibandingkan hair mask. Jadi memang nggak perlu terlalu lama didiamkan. Namun sebaiknya juga jangan terlalu cepat dibilas. Diamkan beberapa menit saja, beri sedikit waktu agar produk bekerja dengan baik melindungi batang rambut kita. Sembari menunggu, kita bisa menggosok gigi atau mengaplikasikan body scrub.

Bilas dengan Air Dingin

Nggak perlu membilas conditioner dengan menggunakan air hangat. Mencuci rambut dengan air dingin akan membantu menutup kutikula rambut, sehingga nutrisi dari conditioner terkunci pada batang rambut. Dan yang pastinya wajib, bilas sampai bersih!

Selamat mencoba cara-cara di atas yah. Dijamin kerasa deh bedanya :)