banner-detik

bb cc cream face

Mencoba 3 Cushion Lokal, Apakah Sudah Mampu Bersaing Dengan Cushion Luar?

seo-img-article

Apakah produk cushion foundation dari brand lokal mampu bersaing dengan cushion foundation dari brand luar?

Sepertinya banyak pembaca Female Daily yang merupakan penggemar cushion foundation ya? Mohon maaf nih, kita nggak sealiran :D. Alasan saya nggak suka dengan cushion foundation, bisa dibaca di sini. Tapi ketika brand lokal beramai-ramai mengeluarkan cushion foundation, saya tertarik juga untuk mencicipi beberapa di antaranya. Akhirnya saya memilih tiga cushion lokal, yang paling mudah saya temui di toko kosmetik di kota saya, yaitu Pixy Make It Glow Dewy Cushion, Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion, dan Purbasari Perfecting BB Cushion.

Baca juga: Cushion Terbaik Pilihan Member FD

IMG_2009 - Copy

1. Pixy Make It Glow Dewy Cushion

Pixy Cushion ini adalah yang pertama kali saya coba, jadi saya sudah agak lama membelinya. Sesuai dengan namanya, cushion ini punya finish yang dewy dan terlihat “basah”. Saya suka banget lihat kulit saya saat pertama kali cushion ini diaplikasikan. Terlihat flawless, glowing, dan sehat. Coverage-nya mantab dan mampu menutupi seluruh imperfection yang saya punya dengan maksimal. Saya suka warna kemasannya yang mewah. Sedikit mirip dengan warna produk-produk Hourglass. Sponge aplikatornya juga sangat nyaman digunakan.

Shade yang saya beli adalah 301 Medium Beige yang merupakan warna tergelapnya. Saya tahu warnanya memang akan terlalu gelap untuk kulit saya. Namun saya memilih shade tersebut, karena cuma shade ini yang punya yellow undertone. Sayangnya setelah dipakai beberapa jam, warnanya di kulit saya berubah menjadi keabu-abuan.

Untuk daya tahannya, sebenarnya setelah dipakai seharian, produknya masih menempel di kulit saya. Masih ada dan nggak faded. Hanya saja, produknya meleleh pada T-area, dan terutama area sekitaran hidung. Jadi terlihat ada garis-garis dan gumpalan di beberapa area. Tapi karena finish dan warnanya yang bagus saat awal pemakaian, saya suka menggunakan cushion ini kalau butuh makeup-an sebentar saja, misalnya untuk keperluan foto makeup look di instagram.

Baca juga: Nyobain Pixy Make It Glow Dewy Cushion

2. Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion

Kemasan Wardah Cushion ini adalah yang paling bagus di antara dua cushion lainnya. Kemasannya berat, in a good way, dan saya suka warna hijau khas Wardah. Awalnya saya bingung dengan cushion ini, karena ketika saya pakai seperti tidak mau menempel di beberapa area kulit saya, seperti di ujung hidung dan bawah mata. Namun setelah beberapa kali percobaan, akhirnya saya menemukan bahwa memang kualitas sponge bawaannya nggak begitu bagus. Ketika saya mencoba memakai cushion ini dengan menggunakan beauty blender, sama sekali nggak ada masalah. Coverage-nya medium, namun mampu memberikan kesan kulit terlihat flawless dan pori-pori tersamarkan.

Shade 01 Light Beige ini pas sekali di kulit saya. Ketika saya swatch di tangan, beberapa saat kemudian akan menggelap. Tapi ketika saya pakai di wajah, warnanya stabil dan nggak menggelap sama sekali, setelah dipakai seharian. Sayangnya ketika di kamera, cushion ini jadi terlihat keabu-abuan. Finish cushion ini matte saat awal pemakaian, namun tidak ada oil control-nya, sehingga beberapa saat kemuadian akan bercampur dengan minyak wajah dan menjadi glowing. Daya tahannya sama seperti Pixy Cushion.

Baca juga: Review Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion

IMG_2066

3. Purbasari Pore Perfecting BB Cushion

Saya sudah memilih warna 01 Light Beige, namun ternyata masih sedikit agak gelap di kulit saya. Cuma saya suka sekali dengan undertone-nya yang kuning. Di wajah saya cushion ini nggak oxidise sama sekali. Bentuk kemasannya sama persis seperti Pixy, hanya saya Purbasari ini berwarna hitam. Saya sih suka-suka saja, hitam nggak pernah salah. Sponge aplikatornya juga sangat nyaman digunakan.

Daya tahan dan oil control-nya paling bagus dibandingkan dua cushion yang sudah saya sebutkan. Namun di area berpori seperti sekitaran hidung, lama kelamaan cushion ini menampilkan pori-pori saya tersebut, jadi nggak ngasih efek pori-pori blur seperti saat awal pemakaian. Finish-nya nggak terlalu matte atau glowing, pas untuk pemakaian sehari-hari.

Masing-masing cushion yang saya sebutkan di atas, ada kelebihan dan kekurangannya. Saya harus mengakui, dibandingkan cushion dari brand Korea, cushion lokal ini menang dari sisi pilihan shade. Banyak yang punya pilihan yellow undertone, dibandingkan cushion Korea yang kebanyakan keabu-abuan di kulit saya. Namun untuk tekstur dan daya tahan, masih banyak yang harus diperbaiki dari cushion-cushion lokal.

Kamu tertarik mencoba cushion foundation dari merek lokal?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment