10 Skincare Pilihan dengan Kandungan Centella Asiatica

Centella asiatica atau tiger grass, atau pegagan, atau sering juga disebut gotu kola atau cica, adalah skincare ingredient yang jadi sorotan selama beberapa tahun belakangan karena kemampuannya menenangkan kulit sensitif.

Yup, chamomile, lavender, dan calendula punya saingan berat: Centella asiatica. Sekitar dua tahun lalu kandungan ini jadi superstar, dipopulerkan oleh K-Beauty. Nggak heran kalau banyak brand beauty kemudian banyak meluncurkan produk dengan kandungan Centella asiatica, karena bahan ini memang punya fans yang sangat banyak. Bukan sekadar tren, daun-daunan yang masih satu keluarga dengan seledri, parsley, dan wortel ini terbukti membantu meredakan kulit sensitif dan iritasi, bahkan mengurangi jerawat.

Skincare apa saja yang mengandung Centella asiatica dan terkenal bagus? Berikut rekomendasi Female Daily!

1. Dr.Jart+ Cicapair Serum, Rp525.000

 

 

DR.JART+ CICAPAIR SERUM

Kalau kamu punya kulit yang sangat sensitif, mudah memerah dan terbakar, gampang meradang kalau ada jerawat, terasa panas kalau mencoba suatu produk baru, serum best-seller ini bisa dicoba untuk meredam inflamasi. Dr.Jart+ juga punya rangkaian Cicapair lainnya, yang semuanya mengandung Centella Asiatica.

Tonton juga: Manfaat Centella Asiatica | #Skincare101

2. Neogen Dermalogy Real Cica Pads, Rp240.000

NEOGEN DERMALOGY REAL CICA PAD

Berbeda dengan produk Centella asiatica pada umumnya yang kemasannya berwarna hijau, Neogen Dermalogy Real Cica Pad tampil bold dengan warna fuchsia. Seperti facial pads Neogen yang lain, produk ini terasa nyaman di kulit. Kandungan cica-nya akan menenangkan kulit iritasi dan memperbaiki skin barrier, sementara PHA yang lembut akan menyingkirkan sel kulit mati dan minyak berlebih.

3. Skin1004 Madagascar Centella Asiatica 100 Ampoule, Rp362.000

SKIN1004 MADAGASCAR CENTELLA ASIATICA AMPOULE

Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Ampoule ini juga jadi favorit banyak orang karena teksturnya sangat ringan dan mudah meresap. Bisa meredakan jerawat dan kemerahan, bikin kulit kenyal dan terhidrasi. Harganya pun termasuk terjangkau untuk ukuran yang sangat besar.

4. Laneige Cica Sleeping Mask, Rp442.000

LANEIGE CICA SLEEPING MASK

 

Sleeping mask adalah salah satu produk andalannya Laneige, dan Cica Sleeping Mask ini bisa berguna untuk kamu yang memiliki kulit dehidrasi tapi acne-prone. Teksturnya rich dan thick, tapi nggak lengket lho! Kamu bisa baca review lengkap yang ditulis oleh Shabrina di sini.

 Baca juga: Review Purito Centella Green Level Recovery Cream

5. Sariayu Krem Masker Jerawat, Rp22.000

SARIAYU KREM MASKER JERAWAT

Jauh sebelum Centella asiatica terkenal di dunia kecantikan, brand lokal yang legendaris, Sariayu, telah menggunakan ingredient tersebut ke dalam produk-produknya, di antaranya adalah Sariayu Krem Masker Jerawat. Masker yang creamy ini adalah treatment ekstra yang bisa kamu pakai seminggu 1-2 kali untuk membantu mengurangi tampilan jerawat dan merawat kulit lebih sehat.

PEACH & LILY SUPER REBOOT RECURFACING MASK

Seperti namanya, masker ini mengklaim bisa merejuvenasi dan reboot kulit, jadi tampilannya lebih cerah, nggak ada lagi komedo dan kulit kusam, tekstur yang kasar dan kering berangsur membaik. Bentuknya jelly yang sejuk di kulit, dengan aroma bunga segar dan sedikit sentuhan wangi ocean.

Baca juga: Mugwort Mulai Jadi Ingredient yang Menggeser Centella Asiatica?

7. Whamisa Organic Flowers Olive Leaf Mist, Rp486.000

WHAMISA ORGANIC FLOWER OLIVE LEAF MIST

 

Face mist ini terdiri dari 95,14% bahan organik yang kaya antioksidan. Selain Centella asiatica, ada juga daun olive, rice, oats, aloe, dan ekstrak chrysanthemum untuk melembapkan secara maskimal dan memberi efek soothing. Bisa digunakan setelah makeup dan nggak akan merusak makeup!

8. Iope Derma Repair Cica Cream, Rp465.000

IOPE DERMA REPAIR CICA CREAM

 

Produk ini unik karena nggak cuma mengandung Centella asiatica tapi juga Cypress tree yang mampu menguatkan skin barrier. Diformulasikan tanpa kandungan paraben, pewarna, mineral oil, kandungan hewan, silikon, dan berbagai bahan lain yang bisa memicu iritasi.

9. N’Pure Centella Asiatica Facial Wash, Rp90.000

 

N'PURE CENTELLA ASIATICA FACIAL WASH

N’Pure adalah brand lokal lainnya yang punya seri Centella asiatica. Facial foamnya mengandung daun Centella asiatica sungguhan lho! Dilengkapi dengan green tea, vitamin B3 dan mix fruit extract, produk ini bisa membantu merawat kulit supaya lebih cerah bebas jerawat. Diformulasikan tanpa SLS, paraben, alkohol, dan mineral oil, serta sudah terdaftar di BPOM jadi aman untuk kamu gunakan.

10. COSRX Centella Blemish Cream, Rp220.000

COSRX CENTELLA BLEMISH SKIN

Pemilik kulit berjerawat, kering, sensitif, dan mudah merah? Kamu bisa pakai COSRX Centella Blemish Cream ini sebagai moisturizer pagi dan malam biar kulit tetap lembap, iritasinya mereda, tapi nggak greasy. Lengkapi juga dengan CORSX Acne Pimple Master Patch buat hasil yang maksimal.

Nah, mana saja yang sudah kamu coba? Semoga dengan produk-produk skincare Centella asiatica, kulit senstitifmu tetap terjaga kesehatannya ya!