banner-detik

bath n body

Review Segara Naturals Deodourme Solid Deodorant

seo-img-article

Kali ini saya mencoba deodoran natural buatan lokal, Segara Naturals Deodourme Solid Deodorant. Seperti apa hasilnya?

Sukses dengan deodoran natural saya yang pertama, No Pong, saya jadi makin semangat cobain deodoran natural dari berbagai brand. Tapi tentunya setelah menghabiskan yang lama ya. Semenjak follow @tokotujuhpuluh di Instagram, mata saya jadi terbuka akan banyaknya brand dan jenis deodoran dengan klaim natural. Mayoritas memang dari indie brands Australia dan USA, tapi ternyata buatan lokal juga sudah ada lho. Nah, berhubung masih bulan Agustus dan #FDLocalPower, kali ini saya memutuskan untuk coba Segara Naturals Deodourme Solid Deodorant. Sebelumnya saya juga sudah pernah coba shampoo bar dari Segara yang hasilnya bagus di rambut saya. Makanya saya jadi optimis untuk beli Deodourme.

Baca juga: Pengalaman 6 Bulan Memakai Deodoran Natural. Sukses?

Ingredients

Bahan dasar dari Deodourme adalah raw shea butter. Selain itu, juga emollient lainnya. seperti raw illipe butter, raw kukui seed oil, castor oil, dan candelila wax. Seperti banyak deodoran natural lainnya, Deodourme juga mengandung arrowroot powder yang bisa membantu menahan keringat berlebih. Uniknya, solid deodorant ini juga mengandung zinc oxide, kaolin clay, dan bentonite clay. Untuk fragrance-nya, di list tertulis 100% essential oil blend, namun nggak dituliskan detail essential oil apa saja yang digunakan di dalamnya. Deodoran natural dari Segara Naturals ini nggak mengandung baking soda maupun aluminium.

Segara naturals deodoran

Kemasan

Segara Naturals Deodourme Solid Deodorant dikemas dalam tin pot berkapasitas 25 gram. Kemasan jenis ini juga jadi pertimbangan saya dalam membeli produk deodoran natural karena lebih mudah di-recycle maupun dipakai ulang dibandingkan yang dikemas dalam stik plastik layaknya deodoran konvensional. Untuk pemakaiannya memang harus dicolek dengan jari dan dioleskan ke ketiak, namun ini bukan masalah sih buat saya karena pemakaian No Pong pun juga begitu.

Aroma

Seperti sudah saya sebutkan di bagian ingredients, nggak ada deskripsi yang jelas tentang essential oil blend yang dipakai. Saya pun juga nggak bisa pinpoint karena aromanya nggak terlalu strongBut what I can tell you is that this smells kinda spicy and woody, seperti wangi aromaterapi di spa.

Tekstur dan Formula

Nah, ini part yang menurut saya cukup ‘aneh’. Untuk sebuah produk dengan berbagai jenis buter di dalamnya, tekstur dan formula dari Deodourme ini sama sekali nggak buttery. Bukan seperti cleansing balm. Menurut saya sih formulanya ini waxy banget, lebih mirip solid pasteUntuk mencoleknya juga perlu usaha menggosok beberapa kali hingga deodorannya bisa terangkat jari. Ini membuat pengaplikasiannya jadi kurang nyaman sih menurut saya. Kadang juga jadinya kurang merata. Akhirnya saya inisiatif untuk merendam tin pot-nya di dalam air hangat beberapa detik dan hasilnya tekstur jadi lebih cair.

Segara Naturals Deo

Klaim

Deoudorme memiliki klaim antibakterial karena mengandung zinc oxide. Selain itu kandungan kaolin clay dan bentonite clay juga diklaim dapat menahan minyak penyebab munculnya bakteri yang bikin bau nggak sedap selama kurang lebih enam jam. Selain itu, karena nggak mengandung alumunium, Deodourme juga mengkalim nggak akan membuat ketiak menggelap. Does it live up the claim? Selama saya pakai satu minggu ini, yang saya rasakan malah jadi mudah banget berkeringat dan jadi mengeluarkan bau yang nggak seperti biasanya. Aromanya jadi nggak segar. Mungkin memang nggak cocok dengan body chemistry saya. Untuk urusan ketiak menggelap, memang sesuai dengan klaimnya.

Baca juga: Shampoo Bar, Bisakah Menggeser Shampoo Konvensional?

Final Verdict

Sedih banget ternyata Segara Naturals Deodorume Solid Deodorant ini nggak cocok buat saya. Selain experience pemakaiannya kurang nyaman, aroma keringat saya juga jadi bau nggak sedap. Tapi masih ada nilai plusnya kok. Deodourme nggak staining sama sekali baik di ketiak saya ataupun di baju (karena oil based product biasanya dapat meninggalkan oil stain di baju). Harganya pun relatif terjangkau, yaitu Rp. 90.000 dan bisa kamu beli di e-commerce serta official website Segara Naturals. Sejauh ini, saya akan kasih rating 3/5 untuk produk ini.

Nggak cocok di saya belum tentu nggak cocok juga di kamu lho. Like I said, mungkin memang nggak pas saja sama body chemistry saya. Kalau kamu pernah coba deodoran natural lainnya, boleh banget share di kolom komen ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment