banner-detik

eco friendly

Shampoo Bar, Bisakah Menggeser Shampoo Konvensional?

seo-img-article

Masih mencoba less waste lifestyle, ini pengalaman saya menggunakan shampoo bar buatan lokal selama dua bulan!

Ngomongin soal sampah, salah satu penyumbang terbesarnya adalah produk-produk yang kita gunakan secara rutin dalam kehidupan sehari-hari. Kalau skincare biasanya sih baru habis sekitar enam bulan sampai setahun, yadan bagi banyak orang bukan lah kebutuhan pokok. But when it comes to shampoo, saya yakin sering banget di-repurchase. Seenggaknya tiga bulan sekali deh, belum lagi yang rambutnya panjang dan tebal, tentu samponya akan lebih cepat habis dan jadi lebih sering beli yang baru. Untuk meminimalisir jumlah sampah botol plastiknya, kita bisa beli kemasan yang sekalian paling besar atau beli refill. Namun sejauh ini refill yang dijual di pasaran pun masih dikemas dalam pouch plastik. Makanya saya tertarik banget untuk mencoba shampoo bar.

Alkisah, saya sedang meliput event tentang Menstrual Cup yang dibuat sama Sutaination, dan langsung kepincut sama Segara Naturals Blue Ocean Shampoo Bar yang dijual di booth-nya. Sebelumnya, saya juga sudah baca-baca review tentang produk ini dan memang banyak yang cocok. Segara Naturals sendiri adalah brand bath & body care buatan lokal dan Blue Ocean Shampoo Bar merupakan shampoo bar yang dikemas dalam kemasan kaleng. Karena peminatnya banyak, saat itu saya hanya kebagian refill-nya saja. Isi dari full size maupun refill sebenarnya sama, hanya saja refill nggak dikemas dalam kaleng (hanya dibungkus kertas). Selain kemasannya yang ramah lingkungan, shampoo bar ini juga nggak mengandung SLS, SLES, artificial fragrance, dan palm oil.

segara shampoo bar

image: instagram.com/segaranaturals

To preface this, saya memiliki rambut medium length yang cukup tebal, bergelombang, dan cenderung kering. Sebelumnya saya sudah pernah mencoba beberapa shampoo tanpa SLS & SLES, and contrary to popular belief, rambut saya malah jadi super kering dan mengembang layaknya rambut singa. Tapi karena sudah membaca glowing reviews untuk Blue Ocean Shampoo Bar, saya jadi lebih yakin untuk mencobanya. Shampoo bar ini berbentuk seperti sabun batangan yang cukup padat dan teksturnya mengingatkan saya pada buliran meises. Sejak membuka kemasannya, aroma lavender dan geranium langsung menghampiri hidung saya. Buat saya yang memang suka aroma essential oils, aroma ini sangat soothing.

 

Baca juga: Kelebihan Silicone Free Shampoo 

 

Biasa menggunakan shampoo cair, di awal pemakaian saya sudah berekspektasi kalau format bar ini akan terasa awkward saat diaplikasikan ke kepala. I was pleasantly surprised, ternyata proses emulsifikasinya sangat mudah. Cukup digosok di antara tangan yang basah, lalu busanya diaplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Pengalaman menggunakan shampoo bar ini menurut saya justru lebih nyaman dan hemat karena nggak ada tuh yang namanya cairan shampoo tumpah akibat terlalu banyak dituang ke tangan. Saya rasa, format bar ini juga akan cocok dibawa traveling!

Setelah keramas, aromanya memang nggak akan sekuat artificial fragrance. Nggak akan benar-benar tercium kecuali memang menempelkan rambut ke hidung, but I don’t mind at all. Toh tujuan saya keramas adalah biar rambut dan kulit kepala bersih saja, wanginya bonus lah, ya. Pertanyaan terbesarnya tentu “Apakah rambut saya jadi kering dan ngembang?”. Ternyata nggak! Rambut saya terasa halus, mudah disisir, dengan volume yang cukup.

Screen Shot 2019-04-02 at 12.47.47 PM

image: instagram.com/segaranaturals

Saya sudah dua bulan menggunakan shampoo bar dan nggak kangen sama shampoo cair dalam kemasan botol. I’m not really sure which ingredients I should be thanking to, namun yang saya sadari kulit kepala saya jadi lebih jarang gatal meskipun sudah nggak keramas tiga-empat hari. Ukuran 35 gram ini pun nggak berkurang secara signifikan setelah dipakai dua bulan. Menurut penjelasan staff Sustaination di booth, in average 35 gram bisa dipakai selama tiga bulan dan setara dengan sebotol shampoo cair ukuran 350ml. Overall, saya rasa shampoo bar ini patut dicoba untuk kamu yang juga lagi berusaha mengurangi limbah personal care.

 

Baca juga: 4 Masker Rambut Alami yang Terbukti Ampuh

 

Tertarik mencoba Segara Naturals Blue Ocean Shampoo Bar? Kamu bisa mendapatkannya di website official Segara Naturals dan di website official Sustaination seharga Rp80.000,- untuk full size, dan Rp75.000,- untuk refill. Saran saya, belinya saat shampoo lama kamu sudah habis ya! 🙂

Slow Down

Please wait a moment to post another comment