Ini Cara Agar Wangi Parfum Awet Sepanjang Hari!

Yuk, pakai parfum dengan cara yang benar agar wanginya bisa awet sepanjang hari!

Saya hampir setiap hari memakai parfum atau pewangi tubuh, bahkan kalau seharian hanya di rumah saja. Karena menurut saya, parfum ini bisa mempengaruhi mood saya. Kalau badan harum, rasanya saya juga jadi bisa lebih produktif dan semangat melakukan pekerjaan apapun, bahkan sekedar memasak ataupun menulis blog.

Tapi, kadang kita mengalami kan, parfum yang kita pakai aromanya tidak bertahan lama dan perlu terus di-touch up? Saya paling nggak suka touch up parfum kalau saya sedang di luar rumah. Alasannya, saya malas membawa botol parfum yang biasanya berat dan besar, dan saya juga malas bila harus membeli parfum dengan ukuran trial atau travel size. Saya memang nggak terlalu suka menyimpan barang yang sama dobel-dobel, meskipun ukurannya beda.

Makanya saya selalu mengusahakan parfum yang saya pakai, aromanya awet seharian. Nah, ini tips dari saya agar parfum yang kita gunakan awet seharian.

agar parfum awet (4)

1. Pilih parfum yang tepat

Ini meliputi pemilihan jenis parfum atau wewangian tubuh dan juga pemilihan note atau jenis aroma pada parfum. Tentu Eau De Parfum akan lebih awet dibandingkan Eau De Toilette, apalagi bila dibandingkan body mist atau cologne. Jadi saran saya, bila mau awet, pilih jenis wewangian Eau De Parfum.

Lalu untuk note pada parfum, Ochell pernah menjelaskan di artikel yang ini bahwa parfum yang awet adalah yang memiliki base note musky, woody, amber, dan leather. Dan memang benar, parfum saya yang memiliki base note sejenis musk aromanya sangat awet, menempel seharian tanpa perlu di touch up. Tapi untuk note atau jenis aroma ini, menurut saya ada kaitannya dengan suhu tubuh atau aroma alami tubuh kita sendiri. Jadi ada beberapa note parfum yang cocok dan tahan lama di seseorang, namun tidak tahan lama di orang lain.

Baca juga: 4 Brand Yang Mengeluarkan Dupe Parfum Mahal

2. Pakai parfum setelah menggunakan body lotion

Parfum bisa lebih awet dan menempel pada kulit, dalam kondisi kulit yang lembap. Oleh karena itu, penggunaan body moisturizer sesaat sebelum memakai parfum sangat disarankan. Lebih bagus lagi bila body lotion dan parfum yang kita gunakan mempunyai jenis aroma yang sama.

Terkadang, ada kok brand yang mengeluarkan parfum dan body lotion dari jenis yang sama. Saya sendiri, dulu memakai body product set dari Bath and body Works dengan aroma Warm Vanilla Sugar, dan memang hasilnya aroma parfumnya jadi lebih awet.

Tapi memang sih, biasanya body lotion yang satu set dengan parfum, harganya lebih mahal daripada body lotion biasa yang ada di pasaran. Kalau tidak mau membeli satu set begitu, bisa diakali dengan memakai body lotion dari brand lain, yang mempunya range aroma yang sama dengan parfum yang kita pakai. Sebagai contoh, misalkan memakai parfum beraroma rose seperti Chloe Roses De Chloe, bisa dikombinasikan dengan body lotion yang juga beraroma rose, sepeti Love Beauty and Planet Murumuru Butter & Rose Body Lotion, atau Nivea Rose & Argan Oil Sensational Body Butter.

 agar parfum awet (3)

3. Semprotkan di Titik-Titik Nadi dan Jangan Digosok

Nggak perlu menyemprotkan parfum ke seluruh permukaan kulit kok. Selain boros, itu juga nggak efektif. Cukup semprotkan di titik-titik hangat pada area tubuh. Parfum yang disemprotkan pada titik tubuh yang tepat ini, wanginya akan menyebar dan bertahan seharian.

Titik-titik tubuh ini antara lain adalah kedua pergelangan tangan pada bagian nadi, area bawah belakang telinga, dan kalau mau bisa ditambahkan juga ke beberapa area lipatan tubuh, seperti lipatan siku, belakang lutut, leher, dan bagian bawah payudara.

Setelah disemprot ke pergelangan tangan, kadang kita akan menggesekkannya ke pergelangan tangan satunya atau ke leher kan? Nah, cara itu ternyata salah! Gesekan tersebut justru dapat merusak partikel sumber aroma dari parfum. Jadi lebih baik semprotkan secukupnya di setiap bagian yang dibutuhkan, dan biarkan mengering sendiri.

Baca juga: Wangi Feminin dari Gucci dan Dolce & Gabbana

4. Beri Parfum Pada Rambut

Ingin wanginya lebih awet dan menyebar lagi? Selain tubuh, berikan juga wewangian pada rambut. Kadang, ada brand yang mengeluarkan wewangian khusus untuk rambut yang senada dengan parfum tubuhnya, misalnya Chanel Hair Mist, yang dibuat menyesuaikan dengan varian aroma Chanel Eau De Parfum-nya. Tapi bila tidak punya, kita bisa menggunakan parfum badan yang kita punya. Caranya, semprotkan sedikit saja ke sisir kita, tunggu sedikit kering agar alkoholnya tidak terlalu banyak menempel, lalu sisirkan pada rambut kita.

Nah, kalau menggunakan cara-cara di atas, dijamin parfum yang kita pakai wanginya akan tahan lama seharian. Selamat mencoba!