Parfum Nggak Awet Wanginya? Ini Alasannya

Suka pakai parfum tapi wanginya mudah hilang? Perhatikan hal-hal ini deh.

Buat saya yang suka banget wewangian, setiap harinya saya perlu menggunakan parfum atau body fragrance. Buat saya, ketika menggunakan parfum itu bisa banget menaikan mood saya seharian dan mem-boosting rasa PD. Makanya parfum sudah menjadi satu produk wajib pakai setiap hari.

Namun, hal yang bikin kesal ketika menggunakan parfum atau wewangian tubuh ini adalah wanginya yang nggak awet. Sehingga saya harus membawa satu botol parfum kecil di tas untuk touch up through out the day. Yang bikin saya malas membawa satu botol parfum di tas adalah menambah beban berat di tas saya, ya walau pun botolnya tergolong kecil tapi kan terbuat dari botol kaca, sehingga lumayan berat.

Nah, kalau kalian seperti saya yang anti touch up-touch up club, perhatikan hal-hal ini saat memiliH wewangian untuk tubuh:

Jo-Malone-Indonesia-21

Jenis parfum yang digunakan

Seperti yang pernah dibahas di artikel Panduan Mengenal Jenis Parfum Untuk Pemula, jenis parfum itu dibagi menjadi tiga, yaitu Eau de parfum (EDP) yang memilki kandungan essential oil 10-20%, Eau de toilette (EDT) dengan kandungan essential oil sebanyak 5-15%, dan Eau de Cologne dengan kandungan essential oil sebanyak 3-8%. Semakin besar kandungan essential oil di dalam parfum, maka semakin wangi dan awet parfum tersebut ketika dipakai. Maka dari itu, jangan heran ketika kamu menggunakan body mist wanginya akan cepat hilang, karena kandungan essential oil di dalam produk ini sangat sedikit.

Baca juga: 3 Cara Agar Parfum Awet Aromanya

Alasan Parfum Kamu nggak Awet Wanginya-

Perhatikan note pada parfum

Pada sebuat parfum atau wewangian tubuh, biasanya memiliki tiga notes yang berbeda. Dikenal sebagai top, middle dan base note. Top note adalah wangi yang pertama kali akan tercium ketika parfum tersebut disemprotkan dan biasanya wangi top note akan hilang atau berkurang wanginya setelah lima menit diaplikasikan pada tubuh.

Middle note adalah wangi utama sebuah parfum, biasanya wangi middle note wanginya lebih lembut dibandingkan top note yang freshWangi middle note akan mulai memudar wanginya setelah penggunaan 20 menit hingga satu jam setelah pemakaian.

Terakhir adalah base note, sama seperti middle sebenarnya base juga menjadi salah satu wangi utama dalam sebuah parfum, dan wangi base note ini lah yang mentukan apakah sebuah parfum akan awet atau nggak. Kalau ingin parfum yang awet, cari deh parfum-parfum yang memiliki base atau wangi seperti musky, woody, amber, dan leather.

Tempat penyimpanan

Siapa yang sukanya menaruh parfum di dalam mobil? Nah, kebiasaan inilah ini menjadi salah satu alasan kenapa parfum kamu jadi berkurang kualitas dan keawetannya. Bila parfum sering terpapar sinar matahari atau cahaya yang intens, maka kualitas parfum akan jadi cepat rusak. Maka, sebaiknya simpan parfum di dalam ruangan tertutup dan dengan suhu udara normal ya!

 

Kamu suka aroma parfum yang seperti apa sih? Semoga tips di atas membantu ya!