banner-detik

uncategorized

Ingredient Populer Yang Sejak Lama Digunakan Skincare Lokal

seo-img-article

Beberapa ingredient skincare yang populer akhir-akhir ini, ternyata sudah sejak lama digunakan oleh brand lokal kita lho!

Apa sih ingredient skincare yang paling populer dan banyak digemari saat ini? Kalau yang saya lihat sih, Centella asiatica yang sedang naik daun banget. Rasanya di mana-mana ada saja skincare dengan kandungan Centella asiatica. Tapi tahu nggak sih, Centella asiatica sebenarnya sudah sejak lama digunakan oleh brand skincare lokal kita sebagai ingredient utama dalam salah satu line perawatan kulitnya?

Selain Centella asiatica, beberapa kandungan skincare yang populer saat ini, juga sebenarnya sudah banyak dimanfaatkan oleh skincare lokal, asli Indonesia. Ini dia tiga di antaranya:

lokal-skincare

1. Centela asiatica

Seperti yang sudah saya bahas sekilas di atas, Centella asiatica memang sangat populer. Kandungan ini mendadak banyak sekali ditemukan di setiap brand skincare, terutama brand Korea. Dua yang sangat populer adalah Skin1004 Madagascar Centella Asiatica dan Purito Centella Green Level. Manfaat Centella asiatica yang paling diunggulkan adalah untuk mencegah jerawat dan memudarkan bekas-bekasnya. Tapi selain fungsi tersebut, Centella asiatica juga baik untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga mempercepat proses penyembuhan dan memudarkan bekas luka, dan juga bagus sebagai anti-aging.

Asiatic Leaves Background, Green Nature Background

Tapi sebenarnya, Centella asiatica ini bisa kita temui juga dalam produk skincare lokal, yang sudah ada sejak dulu, yaitu Sariayu Acne Series. Rangkaian skincare untuk perawatan kulit berjerawat dari Sariayu ini menggunakan ingredient utama Pegagan, yang merupakan nama Indonesia dari Centella asiatica.

Wartu remaja, saya adalah pengguna Sariayu Acne Series. Dan rangkaian skincare ini menurut saya cukup bagus untuk merawat kulit remaja saya yang memang mudah berjerawat. Sampai sekarang, saya masih menggunakan Sariayu Krem Masker Jerawat saat kulit saya sedang berjerawat, terutama saat-saat periode menstruasi.

Baca juga: Beautypedia: Centella Asiatica, Jagoan Skincare Korea

lokal-skincare2

2. Rose

Ingredient ini juga cukup populer dan banyak digemari. Bunga mawar memang punya banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit, diantaranya adalah menenangkan kulit, meminimalisir kemerahan dan iritasi, mencegah jerawat, dan melembapkan. Bunga mawar juga kaya akan kandungan vitamin C, yang banyak sekali manfaatnya untuk kulit. Skincare yang mengandung ekstrak mawar biasanya juga punya aroma mawar yang enak dan membuat pikiran jadi rileks. Jadi, nggak heran kan, mengapa ingredient yang satu ini sangat digemari?

Red roses textured background

Nggak terhitung berapa banyak brand skincare luar yang menggunakan mawar sebagai ingredient utama. Yang pernah saya coba adalah Nuxe Rose Petals Gentle Cleansing lotion. Dan saya memang suka dengan kemampuannya melembapkan kulit dan juga aroma mawarnya yang menenangkan.

Mawar juga sudah lama digunakan oleh brand skincare lokal sebagai kandungan skincare. Yang paling banyak adalah dalam bentuk air mawar. Yang paling terkenal dan mudah ditemukan dimana saja adalah Mustika Ratu Sari Air Mawar, Viva Air Mawar, dan La Tulipe Rose Water. Sariayu bahkan punya satu seri skincare yang menggunakan ingredient utama mawar, yaitu Sariayu Refreshing Aromatic Mawar, yang ditujukan untuk kulit normal-kering.

Baca juga: 3 Skincare Mawar Paling Favorit

lokal-skincare3

3. Seaweed

Seaweed atau rumput laut berguna untuk perawatan kulit berjerawat, mencegah tanda penuaan, dan memudarkan noda hitam. Seaweed juga mengandung Vitamin C yang cukup tinggi yang dapat mendorong produksi kolagen pada kulit, dan juga mengandung niacin alami yang baik untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Banyak sekali brand skincare yang punya skincare series dengan kandungan seaweed, beberapa diantaranya adalah The Body Shop, dan beberapa brand korea seperti Innisfree, The Face Shop, dan Tony Moly.

SEAWEED - SKINCARE LOKAL

Brand lokal sendiri juga sudah sangat lama menggunakan seaweed untuk ingredient skincare-nya. Cukup banyak juga brand lokal yang punya seri skincare dengan kandungan seaweed, dua di antaranya adalah Biokos Age Renew dan Wardah Nature Daily Seaweed. Tapi yang paling legendaris menurut saya adalah Gizi Super Cream.

Gizi Super Cream ini adalah krim pelembap wajah dengan kandungan rumput laut, yang sudah ada sejak tahun 1972. Gizi ini pertama kali diperkenalkan sebagai skincare herbal dengan resep ramuan alami dari dalam keraton Solo. Saat ini, brand ini sudah mengalami banyak perkembangan dan reformulasi produk, namun tetap mempertahankan rumput laut sebagai salah satu ingredient utamanya.

 

Gimana menurut kamu? Skincare lokal ternyata nggak kalah canggih kan dalam memilih ingredient? Dan, semua produk yang saya sebutkan di atas, sudah terkenal puluhan tahun lho, di Indonesia!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment