VT X BTS L’atelier des Subtils Eau d’Ocean | Friday Fragrance

Setelah menanti hampir dua bulan, akhirnya saya mencoba VT X BTS L’atelier des Subtils Eau d’Ocean. Penasaran reviewnya?

Sebelumnya, saya sudah pernah kasih sneak peak tentang hasil kolaborasi fragrance pertama VT X BTS dengan niche perfumer Frederic Burtin, yaitu L’atelier des Subtils. Dalam koleksi ini ada tujuh varian berbeda yang masing-masing merepresentasikan personality dan interests dari ketujuh member BTS, yaitu Eau de Bois (RM), Eau de Coton (Jin), Eau de Vert (Suga), Eau de Citrus (J-Hope), Eau de Poudre (Jimin), Eau de Musk (V), dan Eau d’Ocean (Jungkook).

As an ARMY and fragrance enthusiast, tentunya saya nggak ingin kelewatan untuk mencoba juga. Koleksi ini sebenarnya rilis akhir Mei lalu dan penjualannya hanya ada di pop up store VT Cosmetics di Lotte World Seoul. Due to (extremely) high demand, setelah sekitar dua minggu akhirnya VT X BTS L’atelier des Subtils dijual secara online juga di website resmi VT. Saya sendiri belinya di jastip yang memang biasa menjual merchandise BTS dan BT21.

Baca jugaBTS Luncurkan Koleksi Skincare “Born Natural Season 2″ bersama VT Cosmetics

Okay, setelah penantian yang hampir dua bulan lamanya, akhirnya saya bisa mencoba langsung. Dari ketujuh fragrance, yang saya pilih adalah Eau d’Ocean. Alasannya karena saat deskripsi notes-nya pertama kali dirilis VT, Eau d’Ocean lah yang menurut saya aromanya paling nggak offensive, nggak terlalu strong. Di video teaser-nya, Jungkook cerita I’m very sensitive when it comes to scent, but I like this perfume because it’s so fresh. It smells like the ocean in the distance.” Selain aromanya, nama Eau d’Ocean juga on-brand banget sama Jungkook yang berasal dari Busan, kota di Korea Selatan yang terkenal dengan pantainya.

Tanpa berlama-lama lagi, kita langsung masuk review-nya, ya. Sudah penasaran kan?

1

Packaging

Setiap varian L’atelier des Subtils dikemas dalam hardbox putih karena selain dapat fragrance, kamu juga akan dapat 15 photocards. Di dalamnya, baru ada kotak lagi yang membungkus botol. Eau d’Ocean sendiri dibalut kotak berwarna ungu pastel. Now let’s talk about the bottle, botolnya ini sangat mengingatkan saya sama botol Maison Christian Dior. Kaca bening berbentuk silinder dengan label putih yang super minimalis dan terlihat gender-neutral. Isi dari fragrance ini 50ml.

Aroma

Saat memegang kotak kemasannya, sudah ada aroma subtle yang tercium. Menurut Ochell, Senior Editor FD, mirip aroma laundry hahaha. Karena hidung saya juga nggak kuat mencium aroma yang strong, saya tadinya sih sudah ikhlas saja kalau memang wanginya seperti itu LOL. Sebelumnya, Jungkook juga pernah bocorin kalau dia suka banget sama W. Dressroom Eau de Cologne 97 April Cotton yang saya akui memang aromanya beneran kayak clean laundry. Tapi ternyata saat pertama dicium dari tutup botolnya dan di-spray, wanginya sama sekali nggak kayak detergen. It gives off a quite typical fresh male cologne scent. Top notes-nya Aquatic dengan sedikit Citrus dan cukup Spicy. Menurut saya aroma ini mirip dengan Dior Sauvage, tapi versi lebih subtle. Melalui Eau d’Ocean, Frederic Burtin memang ingin menghadirkan suasana musim panas di pantai yang fresh.

3

 

Heart notes-nya saya suka banget! Citrusnya mulai berkurang dan muncul aroma White Florals lembut yang biasanya saya deskripsikan sebagai ‘soapy’. It’s that “I just took a shower” freshness. Dry down atau base notes Eau d’Ocean ini Spicy dan Woody banget sih, dengan sedikit hint manis yang baru akan tercium kalau benar-benar menempelkan hidung ke area kulit yang terkena fragrance. Layer fresh dan spicy yang bertolak belakang ini menurut saya membuat Eau d’Ocean menjadi fragrance yang versatile untuk dipakai di siang maupun malam hari. Namun, untuk sebuah unisex fragrance, saya rasa aromanya lebih dominan ke arah maskulinnya.

Silage & Longevity

Untuk sebuah eau de toilette, Eau d’Ocean bisa bertahan sekitar delapan jam kalau saya menyemprotkannya ke baju. Namun kalau langsung ke kulit tangan, hanya tercium seenggaknya empat jam saja. Silage-nya yang moderate membuat aroma Eau d’Ocean masih tercium tanpa membuat saya merasa suffocated dan pusing.

Baca juga: innisfree BT21 Limited Edition Rilis di Indonesia!

The big question: akan kah saya beli fragrance ini kalau bukan karena kolaborasi dengan BTS? Kemungkinan besar sih iya. Selama ini saya memang selalu tertarik sama aroma unisex yang clean dibandingkan dengan wewangian manis dan floral. This will probably be on my scent radar.

Meski sempat habis, VT sudah melakukan restock beberapa kali dan koleksi L’atelier des Subtils dikabarkan akan dijual online dan offline secara global juga, salah satunya di Sephora Paris. Setiap variannya dibanderol seharga KRW 58000 atau sekitar Rp700.000, namun kebanyakan jastip menjualnya di sekitaran Rp100.0000. Menurut saya sih dapat dimaklumi ya karena belinya perlu effort hehehe. 

Kamu ada yang sudah coba juga? Share di komen ya :).