Perawatan untuk Rambut Diwarnai yang Berketombe

Rambut diwarnai nggak boleh pakai sampo anti ketombe, karena akan membuat warnanya cepat memudar. Lalu gimana nih, solusi untuk rambut diwarnai tapi punya masalah ketombe?

Dulu saya punya masalah rambut berketombe yang nggak bisa hilang-hilang. Sudah pakai sampo anti ketombe pun, kondisi kulit kepala saya sama sekali nggak membaik. Tapi sebelum saya sempat ke dokter, saya sudah menemukan sendiri solusinya, yaitu menghindari pemakaian produk yang mengandung silicone pada kulit kepala.

Silicone ini bagus sekali untuk batang rambut. Kalau saya keramas dengan menggunakan sampo yang mengandung dimethicone, rambut saya rasanya lembut dan lemes, gampang banget diatur. Sayangnya silicone ini menumpuk pada kulit kepala, menyumbat pori-pori, dan menyebapkan ketombe dan berbagai macam masalah lainnya. Seperti gatal, gampang lepek, dan bahkan rontok.

Baca juga: Ketombe Parah Menahun, Bisa Jadi Psoriasis

 

Terbukti sih, sejak saya beralih ke sampo yang silicon-free, masalah ketombe saya teratasi. Saya nggak perlu lagi keramas setiap hari, karena rambut saya udah nggak gatal dan nggak gampang lepek. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, saya pernah menulis artikel mengenai kelebihan silicone-free sampoo.

 rambut diwarna ketombe (2)

Rambut saya sekarang diwarnai. Dan sesuai saran hair stylist saya, saya harus menggunakan sampo khusus untuk rambut diwarnai, agar warna rambut saya awet dan terjaga kilaunya. Saya tentu menurutinya karena saya nggak mau dong, sudah mahal-mahal mewarnai rambut, eh nggak pakai lama warnanya malah pudar.

Nah, masalahnya, saya belum menemukan sampo untuk rambut diwarnai yang silicone-free. Oke, memang ada. Tapi saya belum menemukan yang tersedia secara offline di supermarket/ drugstore di kota saya dan harganya juga terjangkau. Saya masih sayang kalau harus mengeluarkan uang lebih dari 200 ribu untuk satu botol sampo. Apalagi kalau belinya harus online, karena saya nggak mau kebingungan saat sampo saya habis dan harus menunggu barang dikirimkan. Saya mau sampo yang dengan mudah ditemukan kapan saja ketika saya membutuhkan, nggak pakai nunggu barang dikirim :D.

Baca juga: Apa Yang Harus Disiapkan Sebelum Mewarnai Rambut?

 

Akhirnya, saya menemukan solusinya sekarang. Caranya: saya menggunakan sampo untuk rambut diwarnai, dan sampo yang silicone-free bergiliran. Formulanya 2 atau 3 kali keramas pakai sampo untuk rambut diwarnai, lalu diseling 1 kali keramas pakai sampo yang silicone-free. Jadi rambut berwarna saya tetap terawat, namun secara rutin saya juga melakukan pembersihan menyeluruh pada kulit kepala dengan menggunakan silicone-free shampoo.

rambut diwarna ketombe (4)

Untuk cara ini, saya menggunakan L’Oreal Paris Color-Vive Protecting Shampoo untuk sampo perawatan rambut berwarnanya, dan Mylea Intensive Hair Shampoo untuk sampo yang silicone-free. Keduanya mudah ditemukan di drugstore terdekat, dan harganya juga terjangkau. Selain sampo, untuk batang rambut saya juga menggunakan conditioner, hair mask, hair oil, dan heat protector spray agar batang rambut nggak kering dan rusak.

Baca juga: Mengatasi Ketombe Bisa Pakai Mouthwash?

 

Dengan cara gonta-ganti sampo tersebut, saya merasa, dan memang terbukti, mendapatkan solusi untuk kedua permasalahan rambut saya. Warna rambut saya tetap terjaga dan nggak cepat memudar, namun kulit kepala saya juga nggak gatal dan berketombe. Saya juga nggak perlu setiap hari keramas kok. Saya keramas hanya dua sampai tiga kali dalam seminggu. Dan kulit kepala saya nggak terasa gatal dan nggak muncul ketombe.

Barangkali ada yang punya masalah serupa dengan saya, mungkin cara ini bisa dicoba. Siapa tahu cocok juga untukmu. Semoga sharing saya ini berguna ya.