banner-detik

sponsored post

Kenali 3 Hal Penyebab Rambut Rontok

seo-img-article

Rambut kamu berisiko patah dan rontok? Dua hal tersebut bisa saja dipicu oleh hal-hal kecil, tapi ada tiga faktor utama yang menyebabkan masalah tersebut. Apa saja itu?

Untuk bisa memberikan perawatan lebih untuk rambut rontok, tentu kita harus tahu dulu seberapa parah level kerontokanmu. Kalau sudah tahu batas kerontokan rambut kamu masih di level normal atau sudah agak parah, saatnya untuk reflect ke lifestyle, kira-kira ada nggak hal yang membuat kerontokan kamu semakin parah. Rambut yang rontok dengan normal akan rontok dengan sendirinya dari akar, tetapi rambut yang lemah dan mudah patah akan rontok di bawah akar. Karena itu, penting banget untuk mengetahui seberapa besar dampak dari hal-hal seperti proses kimia atau heat styling pada rambutmu.

Mewarnai rambut

Gonta-ganti warna rambut memang seru, tapi kalau salah-salah urus, rambut jadi rentan patah dan rontok. Ini karena bahan cat rambut yang diaplikasikan akan meresap ke dalam batang rambut dan melepaskan ikatan disulfida, ikatan kuat yang menjaga protein rambut agar menyatu.

Dengan melepaskan ikatan ini, bahan kimia yang diaplikasikan tadi bisa mengubah tekstur dan bentuk rambut. Efek sampingnya? Rambut jadi lebih prone to breakage. Kerusakan rambut yang muncul nggak cuma kering atau rapuh, tetapi juga masalah yang lebih serius seperti kerontokan.

Heat Styling

Nah, ini juga termasuk dosa saya pada rambut setiap pagi. Meskipun catok-mencatok memang bisa membuat rambut lebih rapi, tapi suhu panas dan gesekan dari alat catok bisa menimbulkan kerusakan permanen pada struktur rambut. Apalagi kalau alat catok kamu bukan dari bahan keramik atau titanium.

Salah satu tips untuk meminimalisir kerusakan adalah menyesuaikan temperatur alat catok dengan jenis rambut kamu. Kalau kamu punya rambut yang tipis dan cenderung baby hair, gunakan temperatur sekitar 200 °F; sementara suhu 300 °C untuk rambut lebih tebal, tapi jangan pernah mencatok rambut dengan suhu di atas 400 °F.

Salah Perawatan

Kunci kekuatan rambut ada pada akar, karena itu rambut yang gampang patah dan rontok harus dirawat dengan shampoo yang bisa menutrisi dari akar. Selain memberi nutrisi, shampoo yang tepat juga harus bisa melembapkan rambut dan memberi lapisan perlindungan supaya batang rambut nggak rentan patah.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Nah, kalau kamu menggunakan shampoo yang nggak bisa mengatasi masalah ini, kini saatnya untuk #BeraniCobaLagi dengan produk yang lebih tepat, salah satunya adalah Dove Hair Fall Treatment dengan kandungan Trichazole yang menutrisi rambutmu dan membuatkan lebih kuat. Kamu bisa daftar di sini untuk mencoba produk Dove Hair Fall Treatment dengan gratis dan dapatkan solusi rambut rontok, once and for all.

Selamat mencoba! 🙂

Slow Down

Please wait a moment to post another comment