Apa yang Harus Disiapkan Sebelum Mewarnai Rambut?

Sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut, coba persiapkan dulu hal-hal kecil ini. Sering dianggap sepele, tapi nyatanya penting, lho!

Januari 2019 ini, saya memutuskan untuk memperbarui penampilan saya dengan mengganti warna rambut. Kebetulan saya sudah merasa bosan dengan penampilan saya yang begini-begini saja. Tapi jujur saja, keputusan mewarnai rambut ini adalah sesuatu yang saya putuskan secara impulsive. Hari itu saya ingin, dan di hari yang sama saya langsung berangkat ke salon langganan untuk merubah warna rambut saya.

Untungnya nih, saya suka dengan hasilnya. Warna rambut saya yang baru, meskipun tidak berubah drastis dari warna rambut asli saya, membuat kulit saya terlihat lebih cerah dan penampilan juga terlihat lebih segar. Cuma masalahnya, ternyata ada hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan untuk mewarnai rambut. Karena saya memang mewarnai rambut tanpa persiapan, jadi hal-hal tersebut baru terpikirkan setelah saya mewarnai rambut. Terlambat deh :D

persiapan mewarnai rambut (3)

Apa saja sih yang harus disiapkan sebelum mewarnai rambut? Ini dia:

 

1. Produk Perawatan Khusus Untuk Rambut Diwarnai

Produk-produk perawatan rambut dengan formula khusus untuk rambut diwarnai, akan menjaga agar warna rambut kita tetap berkilau, nggak gampang memudar, dan kondisi rambut juga lebih sehat. Untuk sampo, akan lebih baik lagi bila menggunakan sampo yang bebas SLS dan SLES. Kenapa? Karena sulfat bisa melunturkan warna rambut kita. Lalu yang saya baru tahu dari hair stylist saya, sampo anti ketombe juga akan membuat warna rambut kita meluntur dengan cepat.

Tapi dalam hal ini, memang agak susah sih mencari sampo untuk rambut yang diwarnai, khususnya yang bebas sulfat. Saya harus membelinya secara online. Jadi pas awal-awal rambut saya diwarnai, saya menggunakan sampo yang biasa saya pakai di rumah. Padahal lebih baik kalau dari awal saya memakai sampo khusus untuk rambut diwarnai.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Untuk Perawatan Rambut Yang Diwarnai

 

2. Dry Shampoo

Rambut yang telah diwarnai, kondisinya akan lebih kering dari rambut yang masih virgin. Makanya memang dianjurkan untuk tidak terlalu sering dicuci. Selain itu, mencuci rambut terlalu sering juga akan membuat warna rambut cepat pudar.

Saya sebenarnya termasuk orang yang sering mencuci rambut. Hampir setiap sore atau malam, saya mencuci rambut, karena rambut saya gampang sekali lepek dan bau. Untuk mengatasi rasa risih ini, saya membutuhkan dry shampoo yang bisa bantu bikin rambut nggak gampang lepek dan tetap wangi walau belum dicuci.

 

3. Pensil Alis yang Cocok Dengan Warna Rambut

Saya baru tersadar kalau warna alis saya nggak lagi cocok dengan rambut yang baru, sesaat setelah rambut saya selesai diwarnai. Rambut asli saya warnanya hitam pekat, jadi selama ini saya menggunakan pensil alis berwarna hitam juga. Setelah diwarnai, rambut saya berwarna coklat dan lebih muda dari rambut asli saya. Alis berwarna hitam membuat keseluruhan penampilan saya terlihat aneh dan nggak nge-blend dengan tampilan rambut baru saya.

Untuk permasalahan kedua ini, sepulang dari salon saya langsung mampir dulu ke toko kosmetik dan membeli pensil alis yang warnanya cocok dengan rambut baru saya. Tapi saya nggak terbayang seandainya setelah mewarnai rambut, saya harus menghadiri suatu acara dan belum sempat mampir ke toko kosmetik :D.

4. Swimming Cap

Nah, ini khusus untuk yang suka berenang. Saya suka sekali berenang. Namun saya tahu, klorin yang terkandung dalam air di kolam renang akan merusak rambut dan membuat warna semakin cepat memudar. Klorin digunakan untuk membunuh bakteri yang tidak diinginkan, dan menjaga pengguna kolam renang agar tetap aman dari infeksi dan penyakit yang mungkin terdapat di dalam air. Namun, klorin ini menghilangkan minyak alami dari rambut (dan kulit), sehingga menyebabkannya jadi terasa kering dan kasar. Untuk itu, ada baiknya kita menggunakan swimming cap atau topi renang untuk melindungi rambut kita, agar tidak ada kontak dengan air kolam renang. Selain itu, supaya rambut kita nggak gampang kering pas bersentuhan dengan air di kolam renang, kamu bisa coba aplikasikan kondisioner dulu ke seluruh rambut, lalu baru pakai swimming cap untuk perlindungan ekstra.

Jujur karena tidak mempersiapkan dari awal, sampai sekarang saya belum sempat membeli swimming cap. Jadi selama rambut saya diwarnai ini, saya belum berenang sama sekali :D.