banner-detik

lifestyle

Kenapa Beauty Guru Tidak Pakai Makeup Saat Apology Video?

seo-img-article

Dari Laura Lee, James Charles, hingga baru-baru ini kasus yang paling hangat, Jaclyn Hill, semua gak pake makeup waktu bikin Apology Video. Wonder why? Here are some of the theories!

Kayaknya gak akan pernah bosen bahas drama para beauty guru di beauty community.  Belum lagi dengan berbagai macam Apology Video yang seringkali dibuat parody bahkan subtitle dubs untuk bahan tertawaan. Misal video yang dibuat oleh Laura Lee bulan Agustus 2018 lalu, akibat tuduhan rasisme terhadap tweets yang dibuatnya. Video aslinya sudah dihapus sih, tapi sepertinya parody apology videonya yang penuh dengan hujatan masih tetap menjamur. Poor, Laura Lee!

Kemudian ada lagi yang baru-baru ini adalah drama Tati Westbrook dan James Charlesknown as drama Youtuber AS ke 2 terbesar.  James Charles juga membuat apology video yang (again) sudah dihapus, ditujukan kepada Tati Westbrook.  Walau akhirnya permintaan maaf yang dilakukannya didn’t do him justice, malah (again) jadi bahan cemoohan.

Jaclyn Hill Cosmetics

Baca juga: Kronologi Drama Jeffree Star, Manny MUA, Gabriel Zamora, Laura Lee dan Nikita Dragun

And last but not least, yang masih betul-betul recent, adalah video Jaclyn Hill, yang mengklarifikasi kontroversi Jaclyn Hill Cosmetics akibat banyaknya kecacatan pada produk yang baru saja diluncurkannya. Dalam video yang berdurasi 14 menit itu, tempo bicara Jaclyn super ngebut, trying to explain things and making things right, receiving both negative and positive feedbacks. 

Baca juga: Peluncuran Jaclyn Hill Cosmetics Gagal Total!

Let’s cut to the chase, hari ini kita ga akan bahas lagi mengenai masalahnya. Tapi dari ketiga apology video tersebut, ada 1 kesamaan yang paling noticeable : They’re all not wearing makeup! Well, at least they look like they’re not wearing makeup. (Walaupun bisa jadi no makeup-makeup, sih..) BUT, kalo dibandingin dengan how on-point their makeup usually are, there must be something! 

I learned from E!’s Keeping Up With the Kardashians, kalo setiap public figure pasti hire PR, atau public relation nya sendiri. Tugasnya, ya tentu buat melindungi image sang celeb/influencer, terutama ketika mereka harus melakukan damage controls seperti kasus-kasus di atas. So, coincidence or not, ketika mereka ga pakai makeup di apology video, they’re trying to imply a non-verbal message to viewers. Here are some of the messages: 

1. Menunjukkan rasa penyesalan 

Youtuber & influencer represents their own brand,  mereka perlu berhati-hati dalamm mewakili diri mereka, including what they wear on their face.  In an apology video,  mereka diharapkan untuk show their remorse atau penyesalan mereka yang sedalam-dalamnya. Beberapa beauty guru merasa menggunakan makeup saat meminta maaf dinilai unprofessional dan tidak tulus. Tapi, gak sedikit juga yang bilang kalo itu cuma PR stunt supaya kita kasihan sama mereka.  Sebagai contohnya, James Charles ketika pertama kali terlihat di public setelah beef nya dengan Tati, banyak yang bilang kalo itu taktik supaya kita kasihan dengan James yang masih 19 tahun, dibully sama Tati, “nenek-nenek” berusia 37 tahun.

ccelebritiesfoto13510612-0-image-a-19_1557892280477

Baca juga: FD Poll: Pilih Makeup Natural atau No Makeup-Makeup?

2. Akan lebih sulit mengekspresikan diri saat pakai makeup

Pernah denger slogan “the eyes are the windows to the soul“? Well, some part of it is true.  Mereka berniat mencurahkan pikiran dan perasaan mereka lewat video tersebut. They don’t want to risk adanya pesan yang tidak tersampaikan dalam ekspresi mereka, kalo mereka pakai terlalu banyak makeup. But in my opinion, mungkin beberapa karena nggak sempet makeup aja kali ya. Buru-buru bikin apology video, karena panik dengan skandal yang ada.

3. You don’t want to smear your makeup when crying (or not crying)

Nggak sedikit yang emosional atau bahkan nangis kalo lagi bikin apology video.  Jadi mungkin mereka antisipasi makeup mereka luntur kemana-mana kalo lagi nangis.  Laura Lee yang nangis (atau pura-pura nangis) aja udah dicemooh habis-habisan! Bayangin Laura Lee nangis dengan maskara yang luntur kemana-mana.  Walau ada juga sih yang bilang.. mereka nggak pake makeup supaya nggak keliatan kalo NGGAK nangis.

maxresdefault

So, here are some of the theories! Berat juga ya ternyata jadi public figure seperti para beauty guru.. Gimana menurut kalian? Ada opini lain kenapa mereka nggak pake makeup? Tell us!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment