Drama Tati Westbrook dan James Charles

Ada apa sih dengan Tati Westbrook dan James Charles? Kenapa selama empat hari ini, nama kedua orang ini trending? Bocoran sedikit, ini drama Youtuber besar asal AS terbesar kedua!

Kalau tahun lalu ada drama antara Jeffree Star, Manny MUA, Gabriel Zamora, Laura Lee dan Nikita Dragun, tahun ini kita punya drama baru, yaitu Tati Westbrook dan James Charles. Kalau kalian pengikut major Youtuber asal AS, pasti tahu deh salah satu trigger yang membuat hubungan Tati dan James pecah.

Buat kalian yang nggak tahu karir James Charles, let me tell you a little bit story of him. James Charles pertamakali booming karena dirinya berani untuk menggunakan makeup saat pemotretan buku tahunannya. Nggak cuma karena menggunakan makeup, tapi James sampai niat membawa ringlight supaya highlighter dan makeup yang dipakai terlihat lebih tegas. Sejak post tersebut viral, James pun langsung menjadi instant famous influencer, sampai dirinya menjadi spoke person cowok pertama untuk brand Covergirl.

Drama Tati Westbrook dan James Charles -4

Di awal karir James Charles, Tati Westbrook adalah orang yang memposisikan dirinya sebagai mentor James Charles. Kedekatan keduanya pun sudah seperti keluarga sendiri. Saking sayangnya Tati dengan James, saat pernikahannya beberapa tahun lalu, Tati menunjuk James sebagai MUA-nya. Keduanya selalu menggambarkan hubungannya sebagai keluarga, di mana James selalu menybut Tati adalah “mother“.

Okei, now let’s get into the tea:

So long story short, pada tanggal 22 April 2019, James Charles meng-upload satu Instagram story mempromosikan brand vitamin rambut Sugar Bear Hair. Seems innocent? Nggak juga. Ini menjadi masalah karena, Tati Westbrook, juga memiliki brand vitamin rambut dan kulit, yangi dikenal sebagai Halo Beauty. So what’s the problem here?

Drama Tati Westbrook dan James Charles

Permasalahannya bukan hanya sekadar James Charles mempromosikan brand saingannya Tati. Tapi banyak hal-hal pendukung yang membuat Tati akhirnya memutuskan hubungan dengan James Charles. Announcement bubar jalannya hubungan mereka ini sudah di bahas oleh Tati, di video-nya yang berjudul “Bye Sisters..“. Alasan bubar mereka bukan hanya karena James mempromosikan brand kompetitior, tapi perilaku James selama dua tahun yang mengecewakan dan nggak berubah.

Apa saja permasalahannya :

Drama Tati Westbrook dan James Charles -5

Feeling entitled

James Charles pernah protes ketika Marlena (owner Makeup Geek), diajak kerjasama dengan Netflix untuk membuat documenters seputar dunia beauty guru. Menurut James, Marlena bukanlah orang yang cocok menjadi narasumber, here’s what he said:

“This woman knows nothing about the industry other than blaming her bad business decisions and personal issues on influencers. @Netflix This is absurd & I’d love to get in a room together to show you the non-bias outline I’ve already made on this subject that documents all sides,” 

Kalau mau dibandingkan pengalaman, tentu Marlena Stell salah satu orang yang tepat untuk diajak kerjasama. Mengingat Marlena sudah menjadi beauty guru kurang lebih 10 tahun dan Marlena bisa memberikan insight dari sisi beauty guru dan juga dari segi bisnis makeup di AS. Sedang kan James baru saja menginjak tiga tahun di dunia beauty guru.

Seducing people

Seperti yang dikatakan Tati dalam video-nya, James Charles ternyata sering merayu dan flirting dengan beberapa orang. Ketika ditegur dan diberitahu kalau mereka nggak tertarik dengan dirinya, James mengatakan “aku selebriti, jadi bisa melakukan apa saja”. Sayangnya ketika orang-orang ini menolak untuk berteman dengan James, James malah memutar balikan fakta dan merasa dirinya adalah victim dan hanya dimanfaatkan saja.

Lie about the sponsorship

Alur cerita sponsorship Sugar Bear Hair yang nggak masuk akal. James mengatakan ia dibantu oleh tim SBH untuk mendapatkan extra security saat menghadiri Coachella. Katanya, James merasa terancam dengan crowd fans-nya di sana. Karena itu, James setuju untuk bekerja sama dengan SBH dan sebagai balasannya, James akan memberikan satu Instagram story. Sayangnya begitu melihat story-story Snapchat James Charles, cerita kalau dia merasa nggak nyaman dan terancam dengan keramaian di Coachella hanyalah stage belaka.

Yang membuat Tati sakit hati dengan kasus ini adalah, James sebelumnya nggak meminta maaf atau menginfokan Tati mengenai deal-nya dengan SBH ini. Kedua, secara off the record James pernah mengatakan ke Tati, kalau dirinya nggak akan pernah men-support SBH dengan alasan SBH adalah kompetitior Tati dan James sendiri nggak suka dengan produk tersebut. Bahkan, saat influencer lain mempromosikan produk SBH, James mengatakan hal-hal yang negatif tentang influencer tersebut.

Sejak video Tati “Bye Sister..” di upload, Jumat 10 May 2019, James sudah kehilangan kurang lebih 3 juta subscribers di YT channel-nya. Selain itu banyak juga yang mengembalikan palette eyeshadow kolaborasi atara James Charles dan Morphe, dan menuntut Morphe untuk memutuskan kerja sama dengan James Charles.

Sampai detik artikel ini di publish, Tati mendapatkan total 4 juta subscriber, sedangkan James masih kehilangan jumlah subscriber yang significant.

Jadi itulah kurang lebih garis besar drama antara James dan Tati.