Kronologi Drama Jeffree Star, Manny MUA, Gabriel Zamora, Laura Lee dan Nikita Dragun

Bingung dengan alur cerita drama antara lima YouTuber besar di Amerika, Jeffree Star, Manny MUA, Laura Lee, Gabriel Zamora dan Nikita Dragun? Here’s the recap.

Lima power houses di YouTube lagi heboh banget sekarang. Heboh, bukan karena mereka baru saja launching produk baru atau mau bikin meet and greet besar-besaran, tapi karena kelima influencer ini saling backstabbing satu sama lain.

Jeffree Star, Nikita Dragun, Manny MUA, Gabriel Zamora dan Laura Lee,-5

Ada apa sih sebenarnya?

Tahun lalu 2016-2017 jadi tahun di mana nama Jeffree Star jelek di mata publik. Kenapa? Karena selama dua tahun tersebut Jeffree punya beberapa konflik dengan beauty influencer lain, serta brand besar seperti Kat Von D dan Too Faced. Di periode ini juga beberapa video yang menampilkan Jeffree Star membuat komentar yang dianggap rasis muncul ke permukaan. Walaupun hal tersebut dilakukan lebih dari sepuluh tahun yang lalu, amarah dan tuduhan racist tetap bertubi-tubi datang ke dirinya sehingga akhirnya membuat Jefrree membuat video permintaan maaf di YouTube. Masih ada drama-drama lainnya yang makin mengukuhkan Jeffree Star sebagai beauty influencer yang paling kontroversial dan penuh drama.

Nah di bulan November 2017, netizen kembali dibuat penasaran gara-gara rentetan postingan Twitter Jeffree yang agak “misterius” yang mengungkapkan sikapnya terhadap seseorang yang dia panggil “ex- best friends”. Banyak spekulasi mengenai siapa yang ia sebut sebagai mantan sahabatnya ini dan nama Manny MUA banyak disebut. Jeffree merespons dugaan ini dengan mengunggah foto berdua dengan Manny di Snapchat dengan filter bertaburan heart emoticon. Nama Laura Lee kemudian jadi salah satu yang banyak disebut karena saat seorang followers Jeffree memuji Laura Lee, Jeffree membalas tweet tersebut (yang sekarang sudah dihapus) dengan komentar “You know nothing of her personally, her soul is pure evil.” Sepertinya, drama singkat di Twitter ini lah yang menjadi cikal bakal full blown feud antara Jeffree Star dengan beauty YouTubers lainnya.

Awal bulan Agustus lalu, seorang YouTuber Shane Dawson membuat serial video dokumenter berjudul The Secret World of Jeffree Star, di mana Jeffree membuka hampir semua sisi kehidupannya, dari mulai isi rumah (bahkan isi kulkas!) sampai cerita masa lalunya. Di salah satu video tersebut Jeffree juga mengungkapkan kekecewaannya terhadap orang-orang yang tadinya ia anggap sebagai sahabat, yang akhirnya menusuknya dari belakang.

“Half of the people still think I’m the bad guy, when I only loved and cared about all these people, boosted them up, and gave them all my connections, but I’m still the f**king bad guy.”

Baca Juga: Saya Anti Brand Makeup Kontroversial

Video tersebut seperti memicu rentetan kejadian yang akhirnya menjadi salah satu drama di dunia beauty YouTuber yang paling heboh sepanjang masa. Netizen yang penasaran, sebenarnya ada apa sih dengan Jeffree Star, Manny MUA, Laura Lee, Gabriel Zamora dan Nikita Dragun akhirnya mendapat jawaban kenapa kelima orang ini bubar jalan. Karena ceritanya panjang akan saya bikin per pointer ya :)

Jeffree Star, Nikkita Draggun, Manny MUA, Gabriel Zamora dan Laura Lee,

12 Agustus 2018 : Gabriel Zamora posting sebuah foto di Twitter, di mana di foto tersebut ada Manny MUA, Laura Lee, Gabriel Zamora dan Nikita Dragun sembari mengacungkan jari tengah. Initially, foto ini dibuat oleh keempat influencer tersebut untuk re-create foto ulang tahun Kylie Jenner. Sayangnya, Gabriel Zamora menambahkan caption “B*** is bitter because without him we’re doing better”. Karena caption tersebut, netizen pun langsung tahu kalau ini langsung ditujukan ke Jeffree Star dan dianggap sebagai bullying. Yang membuat para fans Jeffree makin marah, saat mereka membela Jeffree, Gabriel Zamora membalas dengan tweet lain yang berbunyi, “Imagine stanning a racist? I could never.”

Setelah foto ini naik, Nikita Dragun, Manny MUA, Gabriel Zamora dan Laura Lee, langsung mendapatkan backlash, karena ternyata keempat orang ini juga pernah memposting tweet rasis beberapa tahun lalu.


Jeffree Star, Nikita Dragun, Manny MUA, Gabriel Zamora dan Laura Lee,-2

Keempat influencer ini pun langung meminta maaf secara publik di akun sosial media mereka. Sayangnya untuk permintaan maaf Laura Lee, dirasa kurang tulus karena dari gaya penulisannya terlihat bukan Laura yang meminta maaf, tapi terkesan seperti di-handle oleh tim PR. And to make it worse, Laura Lee seperti menyalahkan tempat ia dulu dibesarkan, yang membuatnya kurang teredukasi mengenai rasisme. Setelah kasus ini, Laura Lee pun kehilangan ratusan ribuan followers di YouTube, yang menganggap video permintaan maafnya terlihat aneh dan kurang sincere. Nggak hanya kehilangan followers, Ulta sebuah toko kosmetik besar di Amerika pun memutuskan untuk tidak jadi menjual brand Laura Lee Los Angeles di sana. Begitu juga dengan brand Morphe Cosmetics, subscription service BoxyCharm dan juga DIFF Eyewear yang langsung memutuskan hubungan kerja.

Jeffree Star, Nikita Dragun, Manny MUA, Gabriel Zamora dan Laura Lee,-3

Image Source : Gabriel Zamora Youtube Channel

Selain Laura Lee, Manny MUA dan Gabriel juga membuat video permintaan maaf untuk follower-nya. Namun, kalau ditonton satu persatu, kelihatan yang paling tulus dan direct permintaan maafnya adalah Gabriel Zamora. Di video tersebut Gabriel menjelaskan alasan di balik tweet foto pertamanya dan bagaimana ia menyadari bahwa selama ini kesan negatif tentang Jeffree yang ia dapatkan adalah hasil dari komentar dan gosip dari teman-teman sesama beauty influencer di sekitarnya. Yang juga shocking, Gabriel menjelaskan kenapa ia memutuskan untuk nggak lagi berteman dengan Manny MUA. Rupanya, setelah tweet kontroversial Gabriel, Manny MUA, membuat naratif di bahwa dia nggak salah sama sekali di sini dan seakan-akan “cuci tangan”. Contohnya, Manny MUA memberikan like di foto yang di-post oleh Gabriel pada tanggal 12 Agustus 2018, namun Manny mengaku kalau ia nggak membaca caption yang ditulis oleh Gabriel. Nggak cuma itu, Manny MUA juga memberikan like ke beberapa tweet yang menjatuhkan Gabriel.

Sebenarnya drama ini tidak berakhir di sini. Setelah video permintaan maaf Gabriel Zamora, banyak beauty YouTubers lain yang angkat bicara di YouTube channel mereka, seperti Tati dan Founder Makeup Geek Marlena Stell, dan membicarakan soal situasi beauty community saat ini termasuk bagaimana hubungan kerja para influencers dengan beauty brands. Saking ruwetnya, sepertinya topik ini bisa kami jadikan artikel sendiri.

Kalau kepala kamu mulai pusing membaca kronologis drama dunia beauty ini, kamu nggak sendirian. Banyak sekali para pencinta makeup dan skincare yang mengaku jenuh dan lelah dengan aksi backstabbing para beauty guru ini. Mengambil komentar Stephen Ko, salah satu skincare blogger yang rajin sharing di account Instagram @kindofstepen: “I just want to watch people talk about skincare and put on makeup.” We all do!

Tentunya nama-nama beauty influencer yang saya sebut ini tidak mewakili semua komunitas beauty di YouTube karena masih banyak kok beauty guru yang nggak problematik, dan rajin berbagi tentang makeup dan skincare dengan sepenuh hati tanpa embel-embel drama seperti Liah Yoo, Lisa Eldrige, Wayne Goss dan masih banyak lagi. Kalian punya rekomendasi lain?