banner-detik

health wellness

Nggak Cuma Merah, Ini Arti Warna Darah Menstruasi yang Perlu Kamu Ketahui!

seo-img-article

Sudah tahu belum, kalau warna darah menstruasi nggak cuma merah, lho. Ada berbagai warna dan arti tersendiri yang patut diketahui!

Menstruasi mungkin sudah jadi bagian rutin dari hidup perempuan, tapi tahu nggak sih kalau warna darah menstruasi ternyata bisa beragam dan punya arti tersendiri? Nggak hanya merah, tapi juga oranye, cokelat, bahkan abu-abu. Menurut American Academy of Obstetricians and Gynecologists, warna darah menstruasi bisa memberi petunjuk soal kesehatan tubuh kita. Jadi, memang penting banget untuk tahu arti dari setiap warna agar kamu juga bisa tahu kondisi tubuhmu. Kalau gitu, kuk, kenali arti dari setiap warnanya!

Baca juga: September Jadi PCOS Awareness Month! Yuk, Ketahui tentang Penyakit Ini!

Warna darah menstruasi yang wajib dikenali!

Warna darah menstruasi

Oranye

Darah berwarna oranye biasanya muncul di awal siklus karena bercampur dengan cairan serviks. Namun, kalau terus-menerus terjadi atau disertai bau nggak sedap, bisa jadi tanda adanya infeksi bakteri atau bahkan penyakit menular seksual. So, nggak boleh dianggap remeh dan harus segera kamu cek ke dokter, ya!

Pink Pucat

Darah menstruasi yang berwarna pink pucat bisa disebabkan oleh campuran cairan serviks. Tapi, kalau warna ini muncul di luar siklus menstruasi atau nggak teratur, kamu perlu waspada. Bisa jadi itu pertanda kondisi kesehatan yang perlu penanganan lebih lanjut dari dokter.

Merah Muda

Warna merah muda pada darah mens sering kali muncul karena bercampur dengan lendir vagina atau keputihan. Kalau kamu juga mengalami volume menstruasi yang sedikit, ini bisa menandakan bahwa kadar estrogen dalam tubuhmu rendah. Nah, jumlah estrogen yang rendah juga dapat memengaruhi kesehatan reproduksi.

Baca juga: Ini 4 Mitos tentang Menstruasi yang Sering Dipercaya! Seperti Apa Faktanya?

Warna darah menstruasi

Merah Terang

Kalau darah menstruasi kamu berwarna merah terang, itu pertanda baik! Ini biasanya terjadi saat menstruasi sedang deras, terutama pada hari kedua atau ketiga. Warna ini menunjukkan aliran darah yang sehat dan normal. Jadi, nggak perlu khawatir, ya!

Merah Tua

Sering lihat darah merah tua disertai gumpalan saat menstruasi? Ini bisa menunjukkan bahwa rahim nggak berkontraksi dengan baik untuk mengeluarkan darah. Gumpalan ini umum terjadi pada akhir siklus. Tapi, kalau jumlahnya banyak atau mengganggu, sebaiknya kamu periksakan cek ke dokter untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

Merah Keabuan

Kalau kamu melihat darah berwarna merah keabuan, jangan anggap sepele karena ini bisa jadi tanda infeksi bakteri atau penyakit menular seksual. Apalagi, kalau disertai bau yang nggak sedap. Jika sudah mengalami hal tersebut, segera cek ke dokter supaya kamu dapat penanganan yang tepat.

Baca juga: Ini 7 Jenis Aroma Vagina dan Penyebabnya yang Wajib Kamu Ketahui!

Cokelat

Darah berwarna cokelat sering muncul di awal atau akhir menstruasi. Ini terjadi karena darah yang sudah lama berada di rahim mengalami oksidasi, sehingga warnanya berubah jadi lebih gelap. Warna cokelat biasanya nggak perlu dikhawatirkan, kecuali disertai gejala lain seperti rasa sakit yang berlebihan.

Hitam

Sama seperti warna cokelat, darah hitam menandakan darah yang sudah lama mengendap di rahim. Meski ini cukup normal di akhir menstruasi, kamu nggak perlu ragu untuk konsultasi ke dokter jika memang mengalami gejala lain seperti demam, nyeri hebat, atau pembengkakan di area kelamin.

Apakah perubahan warna darah menstruasi merupakan hal yang normal?

Perubahan warna darah menstruasi memang bisa dipengaruhi banyak faktor, mulai dari hormon, usia, hingga kondisi kesehatan tertentu. Menurut Dr. Arjeme Denise Cavens, seorang ginekolog dari Northwestern Medicine, perubahan warna yang diakibatkan oleh oksidasi darah adalah hal yang wajar, kok, begitu pula fluktuasi hormon yang terjadi seiring bertambahnya usia.

Namun, selama perubahan warna tersebut nggak disertai dengan gejala yang mengganggu aktivitas atau kesehatan, kamu nggak perlu terlalu khawatir. Kalau ada gejala yang mencurigakan seperti bau nggak sedap, rasa sakit berlebih, atau warna darah yang nggak biasa, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Yes, itulah berbagai warna darah menstruasi beserta artinya. Gimana nih, apakah selama ini darah menstruasimu memiliki warna yang normal atau ada gejala lain yang dialami?

 

Image: iStock, Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment