banner-detik

beauty

Apa Hubungan Kondisi Pencernaan dengan Kesehatan Mental dan Kulit? Kenali di Sini!

seo-img-article

Ternyata, kesehatan pencernaan itu punya kaitan erat dengan kesehatan mental dan juga kesehatan kulit, lho! Apa sih hubungannya? Simak selengkapnya!

 

 

Kondisi pencernaan tubuh kita bukanlah hanya tentang makanan yang baik dan tidak baik, atau seputar buang air besar (BAB) yang lancar atau tidak lancar, namun jauh lebih kompleks dari itu. Kesehatan pencernaan, kulit, dan mental saling berhubungan erat melalui apa yang dikenal sebagai “gut-brain-skin axis”, sebuah konsep yang menggambarkan hubungan saling terkait antara kesehatan usus, fungsi otak, dan kondisi kulit. Ketiga sistem ini saling berinteraksi melalui berbagai mekanisme, seperti mikrobiota usus, sistem saraf, dan respons imun, sehingga perubahan dalam salah satu dari mereka dapat memengaruhi yang lain.

Hubungan kesehatan pencernaan dengan kesehatan mental

Tahu nggak kamu kalau usus sering disebut sebagai “otak kedua”? Itu karena adanya hubungan kuat antara sistem pencernaan dan otak, yang dikenal sebagai gut-brain axis. Mikroba usus bisa memengaruhi produksi neurotransmitter seperti serotonin, yang punya penting dalam pengaturan suasana hati atau mood kita! Gangguan keseimbangan mikroba usus sangat berkaitan dengan kondisi seperti depresi, kecemasan, dan stres. Kalau kamu punya permasalahan anxiety atau sering stres, yuk coba perbaiki pola makan kamu juga!

Baca juga: Rayakan World Mental Health Day, FD Berbincang tentang Kesehatan Mental dengan dr. Jiemi Ardian, SpKJ

Hubungan kesehatan pencernaan dengan kesehatan kulit

Pencernaan yang sehat membantu penyerapan nutrisi penting dalam tubuh kita, seperti vitamin, mineral, dan asam lemak, yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit juga. Ketidakseimbangan dalam mikrobiota usus, seperti dysbiosis (ketidakseimbangan bakteri baik dan jahat), bisa membuat inflamasi di tubuh, yang tentu saja akan berpengaruh denganmasalah kulit, contohnya jerawat, eksim, dan psoriasis. Jadi, kalau kamu punya jerawat yang nggak kunjung reda padahal sudah coba beragam obat jerawat dan skincare, bisa jadi alasan utamanya adalah kondisi pencernaan kamu yang buruk!

Baca juga: 3 Platform untuk Konseling Psikologi yang Bisa Kamu Coba untuk Menjaga Kesehatan Mental

Hubungan kesehatan kulit dengan kesehatan mental

Kondisi mental seperti stres atau anxiety bisa memancing peradangan dalam tubuh, yang akan memperparah kondisi kulit seperti jerawat, psoriasis, atau eksim. Hormon stres (seperti kortisol) dapat meningkatkan produksi minyak di kulit kita, menyumbat pori-pori, dan memicu jerawat. Nah, yang memang punya jenis kulit oily dan sensitif, yuk mulai perhatikan kondisi mental kamu lebih baik lagi!

Baca juga: Apakah Perempuan Lebih Mudah Marah Dibandingkan dengan Laki-Laki?

Cara menjaga pencernaan tetap sehat dan prima

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu terapkan sehari-hari untuk menjaga pencernaan agar tetap sehat.

Konsumsi serat yang cukup

  • Makan makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Serat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Tidak kurang minum air putih

  • Air membantu memudahkan pergerakan di saluran pencernaan sehingga BAB jadi lebih lancar. Coba untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari ya!

Konsumsi makanan fermentasi

  • Makanan seperti yogurt, kefir, kimchi, dan tempe mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan usus, membantu menjaga keseimbangan bakteri baik. Sekarang kamu tahu kan, kenapa orang Korea kulitnya bagus? Mereka rutin mengonsumsi kimchi yang bagus untuk pencernaan!

Batasi makanan yang bisa mengganggu pencernaan

  • Kurangi makanan yang tinggi lemak, terlalu pedas, atau goreng-gorengan, karena bisa memperlambat pencernaan atau menyebabkan iritasi pada lambung.

Hindari makan terlalu cepat

  • Mengunyah makanan dengan baik dan makan perlahan bisa membantu pencernaan lho, karena memberi waktu tubuh kita untuk memproduksi enzim pencernaan.

Olahraga secara rutin

  • Aktivitas fisik seperti berjalan, yoga, atau bersepeda akan membantu merangsang pergerakan usus, yang penting untuk mengurangi risiko sembelit.

Kontrol level tres

  • Seperti yang sudah disebutkan di atas, stres dapat mempengaruhi pencernaan dan sebaliknya. Latihan relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Cukup tidur

  • Tidur yang cukup akan menciptakan proses pemulihan tubuh dan pencernaan yang lebih baik. Jadi, usahakan tidur 7-9 jam per malam ya!

Batasi konsumsi kafein dan alkohol

  • Terlalu banyak kafein dan alkohol bisa bikin iritasi pada lambung dan memperburuk masalah pencernaan.

Konsultasikan dengan dokter bila perlu

  • Kalau memiliki gejala gangguan pencernaan yang terus-menerus seperti sakit perut, diare, atau sembelit, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Ini 5 Alasan Seks Bikin Kulit Glowing dan Sehat!

 

Nah, sekarang kamu jadi tahu kan kalau kesehatan pencernaan itu sangatlah penting bagi kesehatan mental, kulit, dan kebaikan tubuh secara keseluruhan? Dengan melakukan langkah-langkah di atas setiap hari, kamu sama saja berusaha menjaga 3 kesehatan sekaligus: pencernaan, mental, dan kulit!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment