banner-detik

lifestyle

3 Platform Konseling Psikologi yang Bisa Kamu Coba untuk Jaga Kesehatan Mental

seo-img-article

Rutin konseling dengan psikolog bisa bantu jaga kesehatan mentalmu.

Ketika mengalami masalah yang mengganggu pikiran, banyak yang memilih untuk cerita ke orang terdekat. Di satu sisi memang bisa sedikit membantu meringankan beban mental kita dan membuat hati lega, tapi di sisi lain ada bias juga yang membuat tanggapan dari orang terdekat itu nggak netral. Namun memang nggak bisa dipungkiri kalau memberanikan diri untuk konseling dengan psikolog merupakan ‘big step’ yang nggak mudah.

Kalau bingung harus mulai dari mana, kamu bisa coba tiga platform konseling psikologi ini untuk menjaga kesehatan mentalmu.

Baca juga: Menghadapi Depresi, Lebih Baik Pergi ke Psikolog atau Psikiater?

Bicarakan.id

konseling kesehatan mental

Menaungi 27 psikolog aktif, detail spesialisasi dari setiap psikolog bisa kamu cek terlebih dahulu di website Bicarakan.id. Mulai dari masalah kecemasan, depresi, stres akibat pekerjaan, hingga grieving dan masalah percintaan ditangani psikolog berbeda. Sebelum buat janji, kamu bisa juga nonton konten podcast dari para psikolog untuk mendapatkan gambaran dari cara approach mereka, sehingga bisa disesuaikan dengan preferensimu.

Bicarakan.id menyediakan konseling online via Whatsapp atau Google Meet dan konseling tatap muka di Rumah Bicara, Jakarta Barat.

Riliv

Gen Z kemungkinan besar sudah familiar dengan Riliv kan? Platform konseling kesehatan mental ini memang aktif di berbagai akun sosial medianya, seperti Instagram, Twitter, dan Tiktok. Jadi vibes-nya memang welcoming banget. Selain rajin membagikan konten terkait kesehatan mental, Riliv juga menyediakan Tes Kesehatan Mental, Konsultasi Psikolog, Konsultasi Keuangan, hingga Konsultasi Nutrisi.

Untuk yang lebih suka cerita lewat teks, di aplikasi Riliv, konsultasi online juga bisa dilakukan via chat.

APDC

 

View this post on Instagram

 

A post shared by APDC Indonesia (@apdcindonesia)

Apakah kamu berdomisili di Yogyakarta? Kamu bisa mendapatkan konseling psikolog di APDC. Ada lebih dari 20 psikolog yang siap membantumu menghadapi masalah dan merawat kesehatan mental. Mulai dari psikolog klinis hingga psikolog untuk pengembangan karier juga bisa kamu temukan di APDC.

Untuk yang di luar Yogyakarta, nggak perlu khawatir karena APDC juga menyediakan layanan konseling online via chat dan video call.

Baca juga: 5 Hal yang Bikin Orang Enggan ke Psikolog

Apabila saat ini kamu sedang menghadapi masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari, jangan ragu untuk coba konseling dengan psikolog, ya.

You did a great job going through another day!

Images: dok. iStock, Bicarakan.id

Slow Down

Please wait a moment to post another comment