ic-fd

Intip Perjalanan Singkat Seunghan Sebagai Member RIIZE!

celebrity
author

diaan_acil・a day ago

detail-thumb

Setidaknya penggemar di Indonesia sempat bertemu Seunghan di beberapa kesempatan.

Salah satu member RIIZE yang sempat dikabarkan akan comeback dengan grup pada bulan November, kini memutuskan untuk mengundurkan diri dari grup setelah melihat banyaknya tekanan untuk hengkang dari K-netz. Hal ini dikonfirmasi oleh Wizard Production dan SM Entertainment. “Seunghan secara konsisten mengungkapkan keinginannya untuk keluar grup demi para member dan penggemar. Demi menghormati keputusan artis tersebut, kami mengumumkan kepergian Seunghan dari RIIZE,” ujar Wizard Production.

Hal ini kemudian memicu perdebatan antar penggemar global dan knetz yang bersikeras menyatakan Seunghan bersalah. Hingga saat ini, berbagai penggemar dari Thailand, China, Indonesia dan sebagian kecil penggemar di Korea, sedang berlomba untuk menutupi kebencian haters dengan kalimat positif untuk Seunghan, melalui truk LED.

Baca juga: Suguhkan Visual Tak Tertandingi, RIIZE Terpilih Jadi House Ambassador Louis Vuitton!

Sempat tersebar kontennya saat pre-debut

seunghan riize

Menjadi seorang idol di Korea memang bukanlah hal yang mudah. Selain mental menghadapi banyaknya tekanan dari perusahaan, ada juga tekanan dari penggemar maupun haters. Seunghan dinyatakan hiatus pada 22 November 2023, selang dua bulan dari momen debutnya. Hal ini terjadi setelah beredar video dan fotonya di masa pre-debut yang dinilai memiliki unsur skandal.

Melihat kecaman k-netz sejak video tersebut beredar, Seunghan kemudian memilih hiatus tanpa batas waktu. “Seunghan merasakan tekanan mental serta bertanggung jawab soal hal ini. Sehingga setelah merenung, ia menyampaikan niatnya untuk menghentikan aktivitas bersama grup,” ujar SM Entertainment.

10 bulan hiatus

seunghan riize

Setelah 10 bulan para penggemar menunggu kehadiran Seunghan. Bahkan para member telah mengisyaratkan jika temannya tersebut akan kembali lagi. Tepat 11 Oktober, Wizard Production yang bertanggung jawab atas kegiatan RIIZE mengumumkan, jika Seunghan akan kembali aktif pada November 2024. “Usai banyak diskusi dengan staf dan anggota mengenai arah aktivitas grup di masa depan, telah diputuskan bahwa Seunghan akan kembali ke grup,” tulisnya.

Batal comeback, memilih resign

seunghan riize

Usia 21 tahun harus berkelahi dengan 1000 karangan bunga untuk orang meninggal, yang ditulis untuknya. Ini adalah bentuk protes paling fatal yang dilakukan penggemar Korea saat ini. Kesalahan yang sebetulnya tidak perlu diperdebatkan, karena hanya menunjukkan rasa cinta ke pasangannya ketika pre-debut, tidak lantas menjadikannya sebagai manusia kayak dibenci.

Penggemar baru senang menyambut kembalinya Seunghan, namun dikejutkan dengan berita baru. “Saya tidak mau menyebabkan kerusakan untuk para member dan perusahaan. Saya tidak tahu apakah benar baik-baik saja saya bersama grup RIIZE yang seharusnya dicintai. Ketika saya memikirkannya, hanya ada kekhawatiran dan ketakutan yang muncul di pikiran saya,” ujar Seunghan.

seunghan riize

“Jadi saya pikir, keluar dari tim adalah jalan untuk semua. Saya tidak ingin menyebabkan lebih banyak kebingungan dan menyakiti penggemar, dan saya tidak mau ada kerusakan lagi baik para member dan perusahaan,” lanjutnya.

Baca juga: 3 Platform Konseling Psikologi yang Bisa Kamu Coba untuk Jaga Kesehatan Mental

Dengan begitu, RIIZE kini akan kembali menjalani aktivitasnya dengan 6 anggota. Wonbin, Sohee, Shotaro, Sungchan, Eunseok dan Anton akan terus melanjutkan perjuangannya untuk menghibur para penggemar.

Sementara Seunghan, tetap harus menjalani hidup supaya dapat melihat begitu banyak penggemar yang masih mencintainya.

 

Image: RIIZE

Edited by Rahajeng Prandiena