ic-fd

5 Tips Menjaga Rambut Tumbuh Sehat dan Mengurangi Kerontokan

sponsored post
author

revataas・4 days ago

detail-thumb

Punya masalah rambut rontok? Jangan khawatir karena FD punya tips supaya rambut kamu tumbuh sehat dari akar, sekaligus mengurangi kerontokan!

 

Pertama-tama, perlu diluruskan kalau rambut rontok adalah hal yang normal, lho. Faktanya, rambut kita akan rontok sekitar 50 – 100 helai setiap harinya. Terlepas dari hal yang terjadi secara alami, rambut rontok juga bisa disebabkan karena akar rambut yang kurang ternutrisi dan rambut patah karena batang rambut yang rapuh dan lemah

Nah, kalau dalam pengamatan kamu rambut yang rontok mulai berlebihan dan membuat kamu merasa kurang percaya diri, kamu bisa melakukan hal berikut untuk membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat dan kuat! Yuk, baca artikelnya sampai habis, ya!

Baca juga: Alasan Mengapa Perempuan Lebih Rentan Mengalami Kerontokan

 

Lakukan double shampooing

First thing first, kulit kepala kamu harus benar-benar bersih untuk bisa menerima nutrisi dari hair care yang kamu gunakan. Melakukan double shampoo atau keramas 2 kali bisa membantu kulit kepala kamu menjadi lebih bersih sehingga kulit kepala jadi lebih sehat dan bisa membantu pertumbuhan rambut jadi lebih maksimal, lho.

Selain kulit kepala yang lebih sehat, double shampooing juga bisa membantu rambut kamu jadi nggak gampang lepek karena kotoran dan build up dari produk yang kamu gunakan terangkat dengan maksimal.

 

Gunakan scalp massager

scalp massager untuk pertumbuhan rambut

Kalau kamu ke salon, pasti rasanya enak banget kan dipijat di bagian kepala saat rambut kamu di keramas. Nah, memijat bagian kepala setiap kamu keramas di rumah bisa membantu menstimulasi pertumbuhan rambut. Kamu bisa gunakan jemari kamu, ataupun dengan alat scalp massager.

Memijat bagian kulit kepala bisa membantu meregangkan sel-sel folikel rambut dan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit sehingga mendorong pertumbuhan rambut. Menurut penelitian dari National library of Medicine, memijat bagian kepala selama 4 menit setiap harinya bisa membantu rambut tumbuh lebih lebat dibandingkan sebelumnya. Menarik untuk dicoba, kan?

 

Gunakan hair tonic atau hair serum

hair serum untuk rambut tumbuh sehat

Sama seperti kulit wajah yang butuh bantuan skincare untuk merawat & mengatasi berbagai masalah, kulit kepala kita juga butuh nutrisi supaya rambut yang tumbuh bisa lebih sehat. Salah satu produk perawatan rambut yang bisa membantu pertumbuhan rambut jadi lebih sehat dan kuat adalah menggunakan hair tonic.

Baca juga: 6 Cara Ampuh untuk Jaga Kesehatan dan Kecantikan Saat Cuaca Panas!

Kamu bisa memilih hair tonic yang mengandung ginsing, rosemary, atau caffeine yang terbukti bisa membantu menstimulasi pertumbuhan rambut. Pastikan kamu menggunakannya di seluruh bagian kulit kepala & jangan lupa dipijat bagian kulit kepalanya supaya hair tonic menyerap lebih sempurna. Buat yang rambutnya mudah lepek, kamu bisa cari hair tonic yang konsistensinya cair & gunakan sebelum kamu styling rambut.

 

Hindari tidur dengan rambut basah

keringkan rambut untuk mencegah rambut rontok

Hayooo, siapa yang keramas malam-malam terus langsung tidur padahal rambutnya masih basah? Ini juga jadi salah satu penyebab kenapa rambut kamu gampang rontok, lho! Saat keadaan rambut basah, helaian rambut kita cenderung lebih rapuh. Ditambah dengan gesekan yang terjadi saat kamu tidur bisa membuat rambut kamu jadi mudah rontok dan patah.

Sebaiknya, sebelum tidur rambut sudah dalam keadaan kering. Jangan lupa pakai heat protector untuk melindungi rambut kamu dari hair dryer, ya!

 

Gunakan hair conditioner

kondisioner dove untuk rambut rontok

Hair conditioner nggak cuma untuk rambut kusut, lho. Menggunakan hair conditioner bisa membantu melembapkan batang rambut sehingga bagian batang rambut menjadi lebih kuat. Dengan batang rambut yang lebih kuat, maka rambut rontok kamu juga bisa berkurang.

Bingung pilih hair conditioner yang cocok? Kamu bisa coba Dove Serum Conditioner yang jadi pemenang Best Conditioner di FD BOBA 2023, nih! Conditioner pilihan FD Members ini punya kandungan Nutri Serum dan Dynazinc yang bisa bikin batang rambut kamu lebih kuat, sekaligus menutrisi akar rambut untuk mengurangi rambut rontok. Kekuatan serat rambut kamu akan kembali & terlindungi dari kerusakan.

Baca juga: Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Apa Itu Ginger Shot?

Supaya lebih efektif, kamu juga bisa pakai full range perawatan rambut rontok dari Dove mulai dari hair tonic, hair shampoo, dan hair conditioner-nya. Pastinya rangkaian Dove gampang banget kamu dapatkan di e-commerce atau supermarket terdekat.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kamu coba lakukan secara rutin untuk mengurangi kerontokan rambut & membantu rambut tumbuh lebih kuat dari akar. Kira-kira kamu ada tips lain nggak, nih? Yuk, share di kolom komentar!

 

Images: Dok. Freepik, Dok. Brand