ic-fd

Rambut Beruban? Ini Rekomendasi Hair Color yang Low Maintenance untuk Menyamarkannya!

hair care
author

ydeayu・02 Oct 2024

detail-thumb

Hair coloring bisa menjadi solusi termudah untuk menutupi rambut beruban. Tapi pemilihan warna yang salah bisa bikin pengeluaran malah membengkak karena harus sering retouch. Adakah warna yang low maintenance untuk menutupi uban?

Bagi sebagian orang, rambut beruban menjadi salah satu faktor yang bisa memengaruhi rasa percaya diri. Apalagi warnanya yang kontras dengan rambut alami orang Asia membuatnya semakin jelas. Maka nggak heran ketika uban mulai bermunculan, banyak yang berpikiran untuk menutupinya. Walau sebenarnya, uban adalah hal alami yang terjadi seiring dengan berjalannya proses penuaan, and you can freely choose to embrace it!

Namun jika memang merasa risih dengan adanya uban, kamu bisa menutupinya dengan mewarnai rambut. Tapi bukan berarti permasalahan selesai begitu aja setelah rambut diwarnai. Kamu perlu menjaga dan merawat agar rambut yang telah diwarnai tetap terlihat bagus dan nggak cepat pudar. Mewarnai rambut juga hanyalah solusi sementara karena rambut dan uban tetap akan tumbuh lagi seiring berjalannya waktu.

Apakah ada warna rambut yang low maintenance dan nggak bikin perawatan rambut sehari-hari jadi ribet? Kami bertanya kepada hair expert Diana Hadisuwarno untuk mendapatkan jawabannya!

Baca juga: Rambut Rontok Setiap Hari? Coba 5 Langkah Ini untuk Bikin Rambut Kembali Sehat!

Satu warna atau lebih?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by diana hadisuwarno (@dianaiden)

Menurutnya, beauty enthusiast yang ingin mewarnai rambut dengan satu warna aja sebaiknya menghindari warna yang terlalu gelap. Hal ini dikarenakan warna-warna gelap akan membuat uban baru tumbuh terlihat kontras. Oleh karena itu, Diana menyarankan untuk memilih warna medium tone jika ingin mewarnai rambut hanya dengan satu warna.

Apabila ingin terlihat lebih stand out dan fashionable tapi tetap low maintenance, Diana menyarankan untuk mendapatkan airtouch-highlight agar bisa mendapatkan dimensi yang lebih cantik dan lebih membaur dengan uban. Teknik ini mampu membuat pola yang halus dan seamless menggunakan hair dryer, sehingga sangat cocok untuk membaurkan dengan pertumbuhan rambut uban yang biasanya enggak teratur.

Baca juga: Ini 5 Rekomendasi Foaming Cleanser untuk Bikin Kegiatan Cuci Muka Nggak Boring!

Warna rambut yang low maintenance

 

View this post on Instagram

 

A post shared by diana hadisuwarno (@dianaiden)

Kamu bisa memilih warna cool brunette untuk pemilik warna kulit cool tone atau neutral brunette untuk pemilik warna kulit warm tone. Untuk uban yang masih berkisar 30-50%, Diana menyarankan untuk memadukan warna highlight medium atau terang dengan base berwarna gelap. Sedangkan untuk uban yang sudah berkisar 60% atau lebih, kamu bisa memadukan highlight dengan base yang medium alias nggak terlalu gelap.

Baca juga: Akhir Pekan ini Saatnya Manjakan Diri dengan 3 Spa & Reflexology di Semarang

Nah, baik mewarnai rambut dengan satu warna yang nggak terlalu gelap ataupun memanfaatkan teknik airtouch-highlight, uban yang nantinya tumbuh kembali akan terlihat lebih membaur dengan rambut yang telah diwarnai sebelumnya. Jadi, kamu nggak perlu terlalu sering melakukan retouch dan jadi lebih low maintenance. Semoga sekarang kamu enggak bingung lagi dalam menentukan warna untuk menutupi uban ya!

 

Images: Dok. Freepik, Dok. Instagram/@dianaiden