ic-fd

4 Tips Olahraga Seimbang untuk Hasil yang Maksimal!

lifestyle
author

revataas・17 Sep 2024

detail-thumb

Selamat, kamu berhasil memulai perjalanan menjadi lebih sehat dengan berolahraga! Eits, tapi jangan sampai lupa kalau tubuh kamu juga perlu keseimbangan, ya. Simak tips olahraga berikut supaya kamu jauh dari overtraining dan mendapat hasil yang maksimal!

Pasti sudah tahu kan, kalau berolahraga bisa membawa banyak manfaat bagi tubuh dan mood kita? Nggak cuma perubahan fisik yang tampak, seperti turun berat badan atau otot yang lebih terlihat, tapi berolahraga juga bisa meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup kita. Nggak perlu olahraga seperti atlet, sesimpel jalan kaki di pagi hari selama 15 menit secara rutin pun bisa membawa dampak positif untuk kita.

Nah, tapi ketika kita sudah merasakan banyak perubahan positif dari olahraga, biasanya mulai masuk ke tahap overtraining. Pinginnya nggak melewatkan jadwal olahraga sama sekali karena takut usaha dah hasil yang selama ini sudah dilakukan hilang begitu saja. Di tahap ini, kamu harus lebih berhati-hati karena akan ada kemungkinan kamu mengalami cedera otot karena badan tidak mendapat waktu yang cukup untuk melakukan recovery. Yuk, simak tips olahraga berikut supaya rutinitas baru kamu jadi lebih seimbang dan hasilnya maksimal!

Baca juga: 8 Rekomendasi Tumbler Gemas yang Tahan Dingin untuk Sehari-hari!

Atur frekuensi dan intensitas olahraga

tips olahraga sesuaikan itensitas dan frekuensi

Seringkali, kita salah kaprah kalau rutin berolahraga artinya harus dilakukan setiap hari. Tips olahraga yang pertama adalah menyesuaikan frekuensi dan itensitas berolahraga sesuai dengan kemampuan kamu. Kalau saat ini baru bisa melakukan 2-3 kali seminggu pun nggak papa, karena itu sudah termasuk rutin berolahraga. Pokoknya, jangan sampai berolahraga justru menjadi beban. Kamu juga perlu memperhatikan itensitasnya, nih.

Salah satu tips yang bisa diikuti yaitu bisa mulai dengan olahraga yang memiliki intensitas rendah seperti jalan kaki, yoga, pilates, barre, atau berenang. Kalau kamu melakukan weight training, sebaiknya mulai dari beban yang paling ringan terlebih dahulu dan menambahnya secara bertahap, supaya badan kamu bisa menyesuaikan dan nggak kaget. Ingat ya, kalau kita semua punya progress masing-masing. Jadi, jangan terlalu sering membandingkan progress olahraga kamu dengan orang lain!

Konsumsi makanan sehat dan minum cukup air putih

Fun fact, makanan memengaruhi tubuh kita sebanyak 80% dan berolahraga hanya 20%. Jadi, penting nih untuk lebih memerhatikan asupan kamu sehari-hari supaya hasil olahraga kamu lebih maksimal. Kamu nggak perlu harus tiba-tiba mengganti menu makanmu mejadi salad sayur setiap hari atau langsung menjauhi makan-makanan yang digoreng. Nah, kamu bisa mulai secara berkala, seperti menambah asupan setidaknya semangkok sayur dan buah setiap hari dan menambah asupan protein.

Ngomongin soal protein, kamu bisa mengonsumsi suplemen fitness yang akan membantu memenuhi asupan protein harian kamu dan membantu pemulihan otot, salah satunya adalah Pro Isolate dari Muscle First. Oh iya, jangan lupa juga untuk penuhi asupan air putih yang cukup, minimal mengonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya. Tapi, kalau kamu banyak beraktivitas di outdoor atau banyak bergerak, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhanmu. Tipsnya, kamu bisa siapkan 1 botol ukuran 1 liter atau lebih, kemudian letakkan di dekat meja kerja supaya kamu bisa mengukur dengan lebih akurat.

Baca juga: Mengenal Olahraga Padel Tennis yang Mulai Digemari Public Figure

Istirahat yang cukup

tips olahraga tidur yang cukup

Tips olahraga lainnya adalah istirahat yang cukup. Pastikan kamu tidur setidaknya 6-8 jam setiap hari dan pada jam yang tepat. Nah, kamu bisa tidur antara jam 9-12 malam karena pada waktu tersebut, hormon melatonin diproduksi dengan baik dan tubuh kamu bisa recovery sepanjang malam. Selain tidur yang cukup, penting juga untuk menentukan rest day selama 1 hari penuh dan nggak melakukan olahraga apapun supaya tubuh kamu kembali pulih dan berenergi.

Ganti Jenis Olahraga Secara Berkala

tips olahraga, ganti jenis olahraga berkala

Ketika kamu melakukan olahraga yang sama, ada banget kok rasa jenuhnya. Daripada kamu benar-benar nggak olahraga sama sekali, kamu bisa coba untuk mengganti jenis olahraga supaya merasa lebih refreshed dan mencoba hal yang baru. Ini juga bisa menjadi kesempatan kamu untuk mengenal orang-orang baru, lho!

Baca juga: Ingin Bawa Matras Sendiri ke Kelas Yoga? Ini 5 Rekomendasi Matras Yoga yang Bisa Dicoba!

Itulah beberapa tips olahraga yang bisa kamu lakukan supaya rutinitas olahraga kamu lebih seimbang dan hasilnya lebih maksimal. Kalau kamu sendiri, lagi sering olahraga apa, nih akhir-akhir ini? Yuk, komen di bawah!

 

Image: Freepik