banner-detik

ancient of beauty

Ini Alasan Kenapa Bunga Melati Identik dengan Pernikahan Adat di Indonesia!

seo-img-article

Sering lihat bunga melati dijadikan aksesori untuk pengantin pernikahan adat? Ternyata, ada cerita di balik pemakaian bunga melati tersebut, lho!

Yes, penggunaan bunga melati di pernikahan memang sudah sering dijumpai. Beberapa daerah yang kerap menggunakan bunga melati yaitu Jawa, Sunda, Aceh, hingga Palembang. Biasanya, ronce melati tersebut dipakai untuk aksesori di kepala, dengan bentuk yang berbeda-beda dari setiap daerah. Ada yang bentuknya menjuntai, berbentuk bando, dirangkai untuk meng-cover konde, dan lain-lain.

Baca juga: Sudah Dilakukan sejak Dulu, Ini 3 Rahasia Kecantikan Perempuan Suku Baduy!

Bunga Melati Punya Makna yang Mendalam

bunga melati untuk pernikahan adat

Bukan cuma sebagai hiasan, ada alasan kenapa bunga melati sering dipakai untuk pernikahan adat. Itu karena ronce bunga melati punya makna berupa harapan atas penikahan yang suci, agung, dan penuh ketulusan.

Aroma wangi dari bunga melati tersebut juga melambangkan doa agar rumah tangga yang dijalankan tetap harum seperti bunga melati.

Baca juga: Batimung, Ritual Pernikahan Adat Banjar yang Bikin Pengantin Tampil Cantik!

Jadi Elemen Penting dalam Pernikahan

Dalam tradisi Jawa, melati termasuk dalam tiga bunga sritaman. Bunga dengan aroma khas ini juga terkenal dengan istilah ‘rasa melad saka jero arti’, yang artinya adalah ‘dalam berucap dan berbicara, seharusnya mengandung ketulusan dan kejernihan hati nurani yang paling dalam’.

Punya Kaitan dengan Malam Pertama

Tahu nggak sih, ternyata bunga melati berhubungan erat dengan malam pertama seorang pengantin. Dikutip dari laman Healthline, aroma bunga melati merupakan salah satu bentuk aromaterapi afrodisiak yang bisa bantu meningkatkan gairah seksual. Efek stimulasi dari aroma bunga melati juga membuat seseorang lebih sensitif terhadap isyarat seksual karena meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi.

Baca juga: Mengenal Boh Gaca, Tradisi Kecantikan Aceh untuk Pengantin Perempuan sebelum Menikah!

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa bunga melati sering dipakai di pernikahan adat. Gimana nih, apakah kamu pingin pakai adat yang menggunakan bunga melati juga sebagai aksesorinya? Comment, ya!

 

Image: iStock, Instagram @flower.weddingnya.solo @aaliyah.massaid

Slow Down

Please wait a moment to post another comment