banner-detik

lifestyle

Manfaat Penerapan Teknologi AI pada Industri Kecantikan yang Wajib Kamu Tahu!

seo-img-article

Semakin besar dampak dan cakupannya, kini teknologi AI sudah semakin berkembang di industri kecantikan. Apa saja manfaat dan implementasinya?

 

Selama lima tahun terakhir, AI telah membawa pertumbuhan yang signifikasi di industri kecantikan, terutama ketika pandemi berlangsung di seluruh dunia. Penerapan teknologi AI dan AR (augmented reality) menjadi kunci yang memperkaya pengalaman belanja konsumen secara online, sekaligus meningkatkan interaksi antara konsumen dengan brand kecantikan.

Data dari The Bussiness Research Company, pasar AI global dalam bidang kecantikan dan kosmetik sendiri diproyeksikan mencapai US$3,97 miliar pada tahun ini, dengan tingkat pertumbuhan yang relatif tinggi yaitu sebesar 19,5 persen sampai tahun 2028.

Hal ini menunjukkan bahwa di masa depan, minat untuk menerapkan AI di industri kecantikan masih sangat besar. Selain itu, potensi pengembangan AI juga masih terbuka sangat luas untuk memenuhi kebutuhan industri ini. Tentunya hal ini berkaitan dengan manfaat yang bisa diberikan oleh teknologi AI pada industri kecantikan itu sendiri.

Baca juga: Pengguna Apple Bisa Saksikan Olimpiade Paris 2024 dalam Genggaman! Gimana Caranya?

Perfect Corp, penyedia solusi teknologi kecantikan dan fashion dengan AI dan AR serta pengembang “Beautiful AI”, baru-baru ini juga telah memperkenalkan inovasi-inovasi terbarunya yang dapat memberi manfaat pada industri, berbarengan dengan pelaksanaan Perfect Corp Global Beauty dan Fashion AI Forum yang dilaksanakan di Amerika.

 

Inovasi baru seputar AI Beauty

Adapun beberapa inovasinya meliputi PerfectGPT Beauty AI Assistant, yang menguatkan personalisasi dengan penggunaan AI lebih canggih. Kemudian adanya HD AI Skin Tech, yang ditujukan untuk klinik kecantikan dan medical spa untuk memberi akurasi lebih dalam menganalisis kulit. Lalu ada Generative AI dan AI Makeup Transfer, yang membantu ‘mentransfer’ riasan dari sebuah foto referensi ke wajah konsumen dengan bantuan teknologi AR. Hingga Jewelry and Watch Virtual Try Ons, yang memberi hasil foto sangat realistis walau beberapa perhiasan dikenakan sekaligus atau ditumpuk.

Founder dan CEO Perfect Corp, Alice Chang berbagi pandangannya. “Teknologi AI memiliki peran penting, terutama dalam menawarkan solusi yang dipersonalisasi untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus berkembang, dan mendorong kesuksesan bisnis. Menerapkan teknologi AI sangat penting bagi brand untuk tetap kompetitif dalam lanskap yang semakin digital, di mana pendekatan yang dipersonalisasi dan berbasis data menentukan masa depan ritel,” ujarnya mengutip dari siaran pers.

Baca juga: Rekomendasi 4 Film Seru di Netflix untuk Tontonan Weekend Ini!

Kini, teknologi AI nggak cuma mempermudah kita dalam bekerja, tapi juga akan semakin mempermudah kita dalam merias dan merawat diri. Kalau kamu, lebih tertarik dengan implementasi AI yang seperti apa untuk dunia kecantikan?

 

Image : Perfect Corp

Slow Down

Please wait a moment to post another comment