banner-detik

sponsored post

Mitos dan Fakta Menarik Tentang Shea Butter, Ungkap Manfaatnya untuk Kulit!

seo-img-article

Shea butter telah lama dikenal sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat untuk perawatan kulit. Tapi, sebenarnya apa saja sih nutrisi dan kegunaan dari ingredient ini? Yuk kenalan lebih jauh dengan shea butter!

 

Shea butter merupakan lemak alami yang diambil dari biji pohon karité (Vitellaria paradoxa) asal Afrika. Sudah berabad-abad shea butter digunakan sebagai bahan dasar kosmetik karena kaya akan vitamin A, E, dan F, serta asam lemak esensial. Kandungan-kandungan ini sangat membantu untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit, juga memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar matahari serta radikal bebas. 

Nggak hanya itu aja, shea butter juga mengandung triterpene yang membantu meredakan peradangan dan merangsang produksi kolagen. Di dunia skin dan body care, shea butter memang paling terkenal akan manfaatnya untuk merawat kulit kering. Tapi, bener nggak sih kalau ingredient ini cuma cocok untuk kulit kering aja?

Baca juga: Beautypedia: Buah Merah, Rahasia Awet Muda Perempuan Papua

Mitos dan Fakta Tentang Shea Butter

shea butter from shea nuts

Walaupun sudah terkenal kebaikannya untuk kulit, banyak mitos yang beredar seputar kandungan alami ini. Di antaranya adalah:

 

Mitos: Hanya cocok untuk kulit kering

Fakta: Meski sangat efektif untuk mengatasi permasalahan kulit kering, bukan berarti kulit normal dan berminyak nggak bisa mendapatkan manfaatnya. Berbeda dari produk turunan kacang lainnya, shea memiliki kadar protein yang sangat rendah sehingga tidak memicu alergi.  

kulit kering

Kandungan linoleic acid dan oleic acid di dalamnya saling menyeimbangkan satu sama lain, membuatnya mudah diserap oleh kulit, juga nggak bikin berminyak atau menyumbat pori-pori. So, sifat non-iritan dan non-komedogenik ini menjadikan shea butter pilihan yang baik untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit berminyak atau berjerawat sekalipun.

Tips: Kalau kamu masih ragu menggunakan pelembap berbahan dasar shea di wajah yang berjerawat, kamu bisa mencobanya dalam bentuk cleansing balm, lip balm, atau body lotion!

 

Mitos: Hanya bisa digunakan sebagai pelembap

manfaat shea butter untuk rambut

Fakta: Shea butter memang paling terkenal manfaatnya sebagai pelembap alami, namun kegunaannya tidak berhenti di situ. Selain melembapkan, bahan ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit. Kandungan ini juga sering digunakan untuk meredakan luka kecil, membantu mencegah stretch marks, bahkan sebagai masker rambut.

 

Mitos: Sulit menemukan produk berbahan shea butter yang berkualitas tinggi 

manfaat shea butter untuk kulit

Fakta: Memang benar bahwa kualitas shea butter itu bervariasi, namun saat ini sudah banyak kok produk berkualitas tinggi yang mudah ditemukan di pasaran. Salah satu rekomendasi yang bisa kamu coba adalah Jergens Enriching Shea Butter. Pasti sudah nggak asing lagi kan dengan brand yang satu ini? Yup, Jergens adalah merek body lotion yang sudah dikenal spesialisasinya dalam merawat kulit kering. Jadi, dari segi kualitas tentunya terpercaya. Dan yang bikin lebih nyaman, Jergens bisa kamu temuin di toko-toko terdekat di Indonesia!

Jergens Enriching Shea Butter

Jergens Enriching Shea Butter sendiri diperkaya dengan pure African shea butter dan shea oil untuk membantu merawat kulit badan yang kering dan kusam, sekaligus menjaga kelembapannya sepanjang hari. Yang saya suka dari body lotion ini adalah teksturnya lembut, mudah dibaurkan, dan cepat menyerap, nggak bikin kulit terasa lengket atau berminyak. Aromanya juga lembut banget, jadi fleksibel untuk di-layer dengan parfum apa pun. 

Jergens Body Lotion

Nah, Jergens Enriching Shea Butter ini sebenarnya merupakan salah satu varian dari Jergens Oil-Infused Series. Rangkaian body lotion dari Jergens yang diperkaya ekstrak minyak alami ini memang punya kemampuan melembapkan yang optimal, dan bisa meresap hingga lapisan kulit kelima! Nggak heran kelembapannya long lasting. Menemani Enriching Shea Butter, varian lainnya dari series ini adalah Jergens Deep Restoring Argan yang diperkaya argan oil dan vitamin E, cocok untuk dry to extra dry skin

Baca juga: Menjaga Kelembapan Kulit Tangan, Ini 5 Hand Mask yang Layak Dipunya!

Demikian mitos dan fakta seputar shea butter yang perlu kamu ketahui. Ternyata, ingredient ini versatile banget, ya?! Jadi, nggak perlu ragu lagi untuk mencoba skincare atau body care dengan kandungan ini. Semoga kamu nemuin produk yang paling cocok ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment