ic-fd

Lelah dan Tidak Bisa Berfungsi dengan Baik? Lakukan 7 Hal Ini sebagai Self Care!

lifestyle
author

Poppy_Septia・25 Jul 2024

detail-thumb

Merasa exhausted? Ini beberapa hal untuk self care yang bisa mengembalikan energimu dan bikin kamu semangat lagi!

Pernah nggak merasa kewalahan dengan segudang kegiatan dan pekerjaan, sehingga kamu merasa sangat capek dan nggak bisa berfungsi dengan baik? Rasanya bingung mau berbuat apa, atau ingin tidur saja seharian. Kalau iya dan dibiarkan terus-menerus, bisa bahaya, lho! Kamu butuh jeda sejenak dan melakukan self care untuk membuat keadaan menjadi lebih baik. Intip beberapa tips di bawah ini!

Buat prioritas

cara self care

Kamu bisa tulis sederet tugas atau to-do-list, dan lakukan yang paling penting dan urgent. Fokus untuk melakukannya satu per satu, dibandingkan langsung melakukan semuanya dalam satu waktu. Jangan terbiasa menunda-nunda pekerjaan, karena akan membuat kamu lebih stres!

Istirahat sejenak

cara self care

Sempatkan untuk beristirahat di antara kesibukanmu. Ini sangat penting untuk mengembalikan energimu dan menghindari burnout. Bahkan, relaksasi sebentar saja bisa sangat membantu kamu untuk fokus lagi, membuat pikiranmu lebih jernih lagi. Coba stretching beberapa saat, lakukan quick nap, atau ke spa untuk body massage satu jam saja, atau sekadar jalan kaki sebentar mengunjungi coffee shop kesukaanmu.

Tidur yang berkualitas

Kurang tidur nggak cuma bikin kamu sakit kepala, tapi juga bikin kamu nggak fokus. Ingat, kurang tidur di saat malam hari itu tidak bisa dibalas saat siang hari, lho. Saat kita terlelap di malam hari, ada regenerasi sel-sel tubuh yang bermanfaat bagi kesehatan, dan itu tidak terjadi di siang hari. Jadi, kamu sebaiknya tetap tidur cukup dan nyenyak di malam hari, agar bisa lebih berfungsi sehari-hari,

Jangan ragu minta bantuan

cara self care

Kalau terlalu banyak yang harus kamu handle dan kamu nggak sanggup melakukan segalanya sendirian, jangan hanya disimpan dalam hati dan menumpuk menjadi beban. Tidak ada salahnya minta bantuan teman, sahabat, atau partner kerjamu. Kalau kamu adalah seorang Ibu Rumah Tangga tanpa asisten, sudah selayaknya kamu berbagi tugas dengan suami, atau bisa juga menghubungi jasa kebersihan, berlangganan catering, atau memakai jasa antar-jemput sekolah anak, sehingga nggak semua kamu lakukan sendirian.

Baca juga: Jangan Abaikan Diri Sendiri, Ini Ide Self Care Selama Seminggu yang Bisa Kamu Contek!

Terapkan self-compassion

cara self care

Be kind to yourself, dan sadari bahwa nggak apa-apa kalau kamu nggak bisa jadi manusia super setiap hari. Kamu hanya seorang manusia biasa, ada kalanya kamu merasa letih dan mengalami bad days. Biarkan dirimu mencerna hal-hal satu per satu, melakukan yang terbaik verism, dan jangan paksakan diri untuk menguasai semua hal di saat yang sama.

Pelajari teknik relaksasi

Ada banyak cara relaksasi yang bisa kamu terapkan sehari-hari, misalnya melakukan teknik pernapasan dalam-dalam, meditasi, journaling, mendengarkan musik yang calming, olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga, hingga melakukan facial massage sendiri. Itu semua bisa bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan mental well-being.

Baca juga: Lelah Kerja Seharian? Reset Sejenak dengan 4 Produk Self-Treatment Ini!

Cari bantuan profesional

cara self care

Kalau hal-hal di atas sudah diterapkan tapi kamu merasa belum terbantu, masih merasa overwhelmed, murung, dan berat secara psikis, jangan ragu untuk konseling ke psikolog. Psikolog bisa membantu memetakan masalah, memberi arahan, dan mendukung kamu agar bisa merasa lebih nyaman secara mental.

Baca juga: 7 Rutinitas Self Care yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Stres!

Semoga hal-hal di atas bisa membantu kamu jadi kembali fokus dan recharged lagi ya. Ingat, semua orang butuh jeda, dan kamu nggak sendirian dalam melakukan apapun di dunia ini. Semua ada waktunya, jadi duka dan lelahmu juga akan reda, kalau kamu mau!

 

Image: Freepik