ic-fd

Kenalan dengan Salicylic Acid, Ingredient yang Jago untuk Atasi Jerawat!

skincare
author

salmanrh・23 Jul 2024

detail-thumb

Digadang-gadang sebagai salah satu ingredient yang bagus untuk bantu meredakan jerawat, skincare yang mengandung salicylic acid bisa jadi andalanmu, lho!

Kamu sudah tahu kan, kalau ingredients ada banyak banget? Mulai dari ingredients untuk melembapkan kulit, hingga meredakan jerawat, semua ada. Nah, ingredients untuk bantu mengatasi jerawat pun ada banyak pilihannya, salah satunya salicylic acid. Kandungan skincare yang satu ini sudah cukup populer karena punya manfaat yang baik untuk kulit, khususnya acne prone skin. Supaya kamu lebih mengenal salicylic acid, yuk intip manfaat dan rekomendasi produknya!

Baca juga: Menjaga Kelembapan Kulit Tangan, Ini 5 Hand Mask yang Layak Dipunya!

Apa itu salicylic acid?

Salicylic acid adalah senyawa yang masuk ke dalam kategori BHA (Beta Hydroxycarboxylic Acid) yang merupakan jenis asam eksfoliasi. Nah, salicylic acid sendiri berasal dari kulit pohon willow yang diproduksi secara sintetis dan memiliki sifat anti bakteri. Salicylic acid juga punya ciri khas yaitu bisa larut di dalam minyak alami, sehingga bisa masuk ke pori-pori lebih dalam dan memecah ikatan minyak. Jadi, kandungan salicylic acid akan cocok buat kamu yang punya kulit berminyak dan berjerawat!

Ini dia manfaatnya!

skincare jerawat

Mengurangi minyak berlebih

Seperti yang sudah saya katakan tadi, kandungan salicylic acid memang cocok untuk pemilik oily skin karena ia dapat mengurangi produksi sebum yang berlebih. Hal itu terjadi karena salicylic acid bekerja dengan cara memecah ikatan sebum yang ada di bagian pori-pori terdalam.

Meredakan jerawat

Yup, salicylic acid bisa jadi andalan kamu kalau punya tipe kulit acne prone atau memang tiba-tiba lagi muncul jerawat di kulit. Jerawat yang muncul di kulit juga bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti pori-pori tersumbat, produksi minyak berlebih, penumpukan komedo dan sel kulit mati, atau infeksi bakteri Propionibacterium acnes. Nah, karena salicylic acid bekerja untuk mengurangi sebum yang berlebih dan menembus pori-pori terdalam untuk mengatasi pori-pori tersumbat, maka ia juga bisa mengatasi timbulnya jerawat atau bahkan meredakan jerawat yang sudah terlanjur muncul di kulit.

Baca juga: Pilihan Warnanya Fresh! Ini 6 Blush Baru untuk Bikin Pipi Bersemu-semu!

Rekomendasi produk yang mengandung salicylic acid

skincare salicylic acid untuk jerawat

Karena sudah tahu manfaatnya secara detail, kamu pasti penasaran kan dengan skincare yang mengandung salicylic acid? Salah satu skincare yang bisa kamu coba yaitu Minimalist Salicylic Acid 02% Face Serum! Di dalamnya terdapat salicylic acid sebesar 2% yang bisa bantu meredakan jerawat, tanpa bikin kulit iritasi karena formulanya gentle. Selain itu, ada juga kandungan lain yang oke banget untuk acne prone skin, mulai dari oligopeptide-10 untuk melawan bakteri penyebab jerawat, white horehound extract untuk mengurangi komedo, dan epigallocatechin gallate untuk menenangkan kulit serta berfungsi sebagai anti-aging agent.

skincare untuk jerawat

Menurut saya, teksturnya nyaman banget di kulit! Teksturnya cair, terasa ringan, gampang menyerap, dan nggak lengket. Plus, nggak ada efek tingling atau cekit-cekit juga ketika dipakai. Nah, saya pakai serum ini pada malam hari saja, dengan frekuensi 2 kali seminggu. Tapi, kalau kulitmu sudah terbiasa, boleh juga lho untuk memakainya setiap hari dan nggak boleh dipakai pada pagi hari!

Baca juga: 5 Face Wash ini Bikin Kulit Usia 40-an Tetap Lembap Setelah Cuci Muka

Gimana, menarik banget kan serum salicylic acid dari Minimalist? Kamu bisa membelinya di official store Minimalist Indonesia di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, dan Lazada, ya!

 

Image: Dok. Brand