banner-detik

hair care

Cuaca Panas Bikin Kulit Kepala Gatal? Ini Tips Mengatasinya!

seo-img-article

Garuk kepala memang rasanya nikmat banget, apalagi kalau lagi pusing, sambil dipijat di salon, ditemani segelas es kopi dan lagu kesukaan. Tapi lain cerita kalau garuk-garuknya karena gatal. Sudah pasti nggak enak dan meresahkan!

Banyak yang nggak tahu, kalau kulit kepala gatal itu bisa terjadi karena kondisi kulit atau pemakaian suatu produk yang nggak cocok, atau bisa juga karena perubahan cuaca. Tapi jangan sedih, karena kamu bisa segera mencegahnya dengan beberapa tips berikut!

Baca juga: 5 Produk dengan Cooling Sensation Ini Bisa Menyegarkan Kamu di Cuaca Panas!

Rutin membersihkan rambut

kulit kepala gatal

Seberapa rutin kamu keramas? Di cuaca yang panas seperti akhir-akhir ini, sepertinya perlu dikurangi deh keramas hanya sekali-dua kali dalam seminggu, terlebih lagi kalau kamu memiliki gaya hidup aktif. Akibat panas, kulit kepala kita jadi mudah berkeringat dan jadi rumah yang nyaman untuk bakteri tumbuh. Hasilnya jadi gampang gatal. Tentunya, ini juga berlaku bagi para pengguna hijab.

Kurangi penggunaan dry shampoo terlalu sering, apa lagi langsung menyemprotkannya ke kulit kepala yang masih lembap akibat keringat. Selain bisa bikin gatal, product build-up juga bisa bikin kondisi kulit kepala dan akar rambut kita jadi nggak sehat.

Ganti hair care sesuai kebutuhan 

hair care kulit kepala gatal

Sama seperti kulit wajah, kulit kepala dan rambut juga perlu produk perawatan yang menyesuaikan dengan kondisi kulit. Jadi, kamu bisa memiliki beberapa jenis shampoo, yang pemakaiannya disesuaikan dengan kondisi terkini kulit kepala dan rambutmu. Saat rambutmu terasa lebih kering, kamu bisa gunakan shampoo yang lebih melembapkan, ditambah dengan conditioner setelahnya dan hair serum di ujung-ujung rambut. Kalau ketombenya sedang kambuh, pilih shampoo anti-ketombe dan pastikan untuk mengurangi stress, serta nggak menutup kepalamu dengan topi atau hijab ketika rambut masih basah.

Pastikan juga untuk menjaga kulit kepala tetap sehat. Kalau kulit kepalamu kering, pasti akan lebih mudah gatal. Jadi, kamu bisa melirik scalp serum untuk digunakan setiap kali selesai keramas, misalnya The Body Shop Ginger Scalp Serum, L’Occitane Body & Strength Scalp Essence, atau Matrix Biolage Scalppure Serum, untuk melembapkan dan menenangkan kulit kepala, tanpa membuat rambut terasa lepek.

Baca juga: Keramas Tanpa Sampo Bikin Rambut Nggak Gampang Lepek? Ini Penjelasan Dokter

Gunakan rinsing vinegar setelah keramas

hair care vinegar kulit kepala gatal

Banyak orang nggak nyaman dengan aroma apple cider vinegar, namun sifat antibakteri dan anti-inflamasi dari cuka apel bisa membantu mengatasi kulit kepala gatal, lho. Tapi dari pada DIY, kamu bisa pakai produk yang lebih praktis dan telah teruji, Yves Rocher Purity Rinsing Vinegar adalah salah satu produk yang terinspirasi dari apple cider vineghar rinse. Produk ini mengandung Nettle dan Agave untuk mengurangi minyak berlebih di kulit kepala, menyehatkan dan menyegarkan kulit kepala, bahkan membantu mengatasi seboroik dan ketombe. Aromanya pun bikin wangi rambut jadi lebih tahan lama. Kamu sudah pernah coba?

Baca juga: Ini 5 Hair Mist Lokal yang Bikin Rambut Wangi!

Itulah beberapa tips untuk mengatasi kulit kepala gatal. Kalau sudah dilakukan tapi kamu masih mengalami gatal-gatal, sebaiknya konsultasi ke dokter kulit ya supaya dapat penanganan yang lebih baik dan memuaskan.

Foto : Freepik.com & Dok. Female Daily

Edited by Rahajeng Prandiena

Slow Down

Please wait a moment to post another comment