banner-detik

lifestyle

5 Fakta Menarik 'Lovely Runner', Drakor yang Lagi Jadi Hot Topic!

seo-img-article

Meski awalnya dipandang sebelah mata, drama ‘Lovely Runner’ berhasil membuat K-drama lovers Korea maupun internasional jatuh hati! 

Nggak terasa, penayangan drakor timeslip ‘Lovely Runner’ hanya sisa empat episode lagi. Sekitar sebulan terakhir ini, kita dibuat jatuh hati dengan alur ceritanya, akting para pemain, dan selipan humor yang nggak disangka-sangka. Nggak hanya itu, deretan OST yang mengiringi kisah Ryu Sun Jae dan Im Sol pun juga begitu adiktif. Setuju kan?

Layak disebut dark horse, awalnya sepi penonton, kini ‘Lovely Runner’ justru jadi drama paling dibicarakan netizen di Korea (berdasarkan GoodData) dan nggak terkecuali di Indonesia juga. Rating-nya 4.8%, banyak meme bermunculan, bahkan seluruh lagu di OST albumnya pun berhasil bertengger di chart Melon, yang diketahui sebagai chart musik paling sulit ditembus di Korea Selatan.

Sambil nunggu episode 13 tayang Senin depan, cek fakta menarik lainnya dari drakor tvN ini, yuk!

Baca juga: Lebih dari Seorang Aktor, Cek 5 Fakta Menarik Byeon Woo Seok

Tayang di momen Solar Eclipse 2024

lovely runner eclipse

Kalau kita flashback ke episode pilot ‘Lovely Runner’ ada dua kejadian yang jadi fokusnya, yaitu momen band ECLIPSE debut di radio dan gerhana matahari total yang diberitakan terjadi pertama kali dalam 61 tahun terakhir di tanggal 22 Juli 2009. Just with a simple Google search, kamu bisa menemukan kalau gerhana matahari total beneran terjadi lho di hari itu. Menariknya lagi, penayangan episode pertama dari drama ini juga sengaja bertepatan dengan gerhana matahari total yang terjadi di tanggal 8 April 2024 silam.

Dan seperti yang kita tahu, dalam bahasa Inggris kata ‘eclipse‘ juga berarti gerhana! Patut diacungi jempol deh attention to detail dari sang sutradara.

Kesulitan cari aktor pemeran Ryu Sun Jae

Nggak berjalan mulus di awal, proses produksi ‘Lovely Runner’ tertunda selama tiga tahun. Mulai dari PD-nim (produser) yang sempat ganti, hingga kesulitan mencari aktor yang mau memerankan Ryu Sun Jae. Banyak yang bilang, alasannya karena alur cerita drama ini yang dianggap terlalu simpel dan klise.

Ada beberapa nama aktor ternama yang disebut-sebut menolak tawaran ini, sampai akhirnya datang lah Byeon Woo Seok yang bersedia menjadi Sun Jae. Meski memakan waktu lama, kehadiran Byeon Woo Seok di ‘Lovely Runner’ justru jadi salah satu aspek yang membawa kesuksesan besar! Selain rating drama yang tiba-tiba melejit, Brand Reputation sang aktor pun melesat ke urutan pertama mengalahkan nama-nama besar.

Wah, sekarang rasanya nggak kebayang deh kalau Ryu Sun Jae nggak diperankan sama Byeon Woo Seok!

Nggak ada product placement

lovely runner sunjae

Buat penonton setia drakor pasti sudah peka banget kan sama product placement atau iklan produk yang sering muncul di drama kesayangan? Yup, mulai dari skincare, perhiasan, makanan, sampai suplemen kesehatan pun sudah biasa dipromosikan di tengan sebuah adegan.

Nah, berhubung ‘Lovely Runner’ ini sempat dipandang sebelah mata sejak awal, sampai episode 12 tayang pun nggak terdeteksi adanya product placement! Padahal kalau dilihat, ada banyak banget peluangnya, lho. Salah satu yang terbaru ada di scene ketika Sun Jae pakai sheet mask. Setuju, nggak?

Baca juga: 5 Fakta Kim Hye Yoon, Si Chemistry Fairy Pemeran Im Sol di ‘Lovely Runner’

Cinematic parallels

lovely runner cinematic parallels

Setuju kan kalau ‘Lovely Runner’ jadi sebuah drama yang seru untuk di-rewatch berkali-kali? Selain karena dibikin jatuh cinta dengan kisah Sol dan Sun Jae, banyak banget cinematic parallels, simbol-simbol, dan easter eggs yang hanya bisa kamu temukan ketika menonton setiap episode-nya dengan jeli. Mulai dari warna biru yang identik dengan Sun Jae dan kuning untuk Sol, scene dengan payung di semua timeline, serta masih banyak lagi.

Sudah banyak fans yang merangkum cinematic parallels-nya di X, salah satunya dari akun @missmamel ini.

Nobar bersama para cast dan pop-up store

Berkat dukungan para subeomdeul (sebutan untuk fans ‘Lovely Runer’) yang membuat “drama UMKM” ini sukses besar, hari ini tvN mengumumkan dua special event yang akan diadakan sebagai bentuk terima kasih. Pertama, akan ada official pop-up store yang dibuka di The Hyundai Seoul pada tanggal 23-29 Mei mendatang. Subeomdeul bisa merasakan jadi bagian dari drama ini dan belanja merch eksklusif. Siapa tahu, kalau kamu beruntung, para cast juga berkunjung ke sana, kan? Hehehe.

Nah, event yang kedua adalah nobar penayangan episode terakhir di bioskop. Untuk acara yang satu ini, sudah dikonfirmasi kalau para cast akan hadir, lho! Duh, rasanya jadi ingin teleport ke Seoul deh minggu depan!

Baca juga: Penasaran sama Wanginya Byeon Woo Seok? Ini Dia Parfum yang Dipakai!

Apakah kamu tahu fakta menarik lainnya? Kira-kira plot twist apa lagi ya yang akan mengejutkan kita di episode 13 mendatang?

Images: dok. tvN, Viu

Slow Down

Please wait a moment to post another comment