ic-fd

Segera Konser di Indonesia, Kenalan dengan Grup K-pop ZEROBASEONE Yuk!

entertainment
author

ydeayu・11 May 2024

detail-thumb

Masih belum kenal grup K-Pop ZEROBASEONE? Kamu bakal kaget dengan betapa banyak penghargaan yang mereka terima meskipun masih belum berumur satu tahun!

Penggemar K-Pop yang gemar menonton acara survival show pasti sudah nggak asing lagi dengan grup ZEROBASEONE. Grup ini pun akhirnya akan melaksanakan konser pertama di Indonesia pada Oktober mendatang! Buat kamu yang belum tahu siapa mereka dan kenapa konser ini mungkin akan menjadi konser mereka satu-satunya di Indonesia, baca terus untuk mengetahui beberapa fakta seputar ZEROBASEONE dan mengenal mereka lebih lanjut, yuk!

Baca juga: Bertabur Bintang, Ini 8 Best Looks dari Baeksang Arts Awards 2024 versi FD!

Grup jebolan Boys Planet

Yup, grup ini merupakan hasil dari survival show ‘Boys Planet’ yang disiarkan pada tahun lalu. Dari 93 peserta yang mengikuti acara tersebut, terpilihlah sembilan peserta dengan peringkat teratas untuk debut menjadi grup yang dinamai ZEROBASEONE (ZB1). Mereka adalah Sung Han Bin, Kim Ji Woong, Zhang Hao, Seok Matthew, Kim Tae Rae, Ricky, Kim Gyu Vin, Park Gun Wook, dan Han Yu Jin. Grup ini pun hanya bersifat sementara dan bukanlah grup permanen. Hal ini dikarenakan karena mereka hanya akan aktif selama dua tahun enam bulan saja.

Anggota tertua dan termuda beda sembilan tahun

Rata-rata grup memiliki jarak umur yang nggak terlalu jauh antara setiap anggotanya. Namun, anggota tertua dan maknae (sebutan untuk anggota termuda) di ZEROBASEONE terpaut usia yang cukup jauh, yaitu 9 tahun. Anggota tertua adalah Kim Ji Woong yang merupakan kelahiran 1998, sedangkan anggota termuda adalah Han Yu Jin yang lahir pada 2007.

Sudah debut di Jepang

Meskipun hanya grup sementara dan belum satu tahun sejak resmi debut di Korea Selatan, ZEROBASEONE juga sudah debut di Jepang juga, lho! ZB1 debut di Jepang pada 7 Maret 2024 dengan single berjudul Yura Yura (Unmei no Hana). Penjualan single debut ini pun berhasil mencetak rekor baru karena penjualannya pada hari pertama mencapai lebih dari 187.000 keping. Mereka juga berhasil menduduki puncak Oricon Weekly Singles Chart dan menjadi musisi asing pertama yang menjual lebih dari 300.000 keping pada minggu pertama penjualan single debutnya.

Empat hari setelah debut mereka di Jepang, ZB1 juga berhasil menjual habis seluruh tiket Fan-Con mereka yang diselenggarakan selama dua hari di K-Arena Yokohama! Powerful rookies, indeed!

Baca juga: Gemas! Capybara Hiasi Kolaborasi Terbaru Jennie Blackpink x Gentle Monster

Sapu bersih penghargaan Rookie of The Year

ZEROBASEONE berhasil meraih sejumlah penghargaan dalam waktu kurang dari satu tahun. Beberapa di antaranya yaitu kategori Best Musician Award dan Rookie of the Year – Music di Asia Artist Award. Mereka juga memenangan kategori Album Bonsang dan Rookie of the Year di Golden Disc Award maupun Artist of the Year (Bonsang) dan Rookie of the Year – Male di Hanteo Music Awards. Selain itu, ZB1 pun memenangkan tiga kategori di MAMA Awards, yaitu Best New Male Artist, Favorite New Artist, dan Worldwide Fans’ Choice Top 10.

Untuk sebuah grup K-Pop, penghargaan Rookie of The Year atau Best New Artist adalah salah satu yang paling bermakna karena hanya bisa didapatkan sekali seumur hidup. Berkat keberhasilannya dalam menyapu bersih penghargaan ini, ZEROBASEONE mendapatkan predikat Rookie Grandslam.

Segera tur di tujuh negara di Asia

ZEROBASEONE telah mengumumkan tur pertamanya di Asia! Tur akan diawali di Korea Selatan, kemudian berlanjut ke Singapura, Thailand, Filipina, Indonesia, Cina, dan Jepang. Di Indonesia, konser mereka akan diadakan di ICE BSD City Hall 5-6 pada 26 Oktober 2024 dan dipromotori oleh Mecimapro. Namun, belum ada detail lebih lanjut mengenai harga tiket maupun kategori yang tersedia. Memang belum diketahui apakah mereka akan mengadakan tur lagi tahun depan sebelum masa aktif mereka selesai. Oleh karena itu, bisa jadi ini satu-satunya konser mereka di Indonesia kecuali ada acara festival musik yang mengundangnya kembali sebelum masa aktif grup ini selesai.

Baca juga: PANDORA Gandeng Red Velvet untuk Menginspirasi Semua Perempuan!

Itulah lima fakta seputar ZEROBASEONE yang bakalan konser di Indonesia beberapa bulan lagi. Apakah kamu akan nonton konsernya? Tuliskan di comment, ya!

Images: Dok. Instagram/@zb1official, Twitter/@ZB1_official, @mecimapro

Edited by Rahajeng Prandiena