banner-detik

style

Rekomendasi Tabi Shoes, Alas Kaki Asal Jepang Sejak Abad Ke-15

seo-img-article

Siluet sepatu yang unik satu ini, banyak digemari tapi juga seringkali dibenci. Yup, it’s Tabi Shoes! Alas kaki asal Jepang ini punya desain yang khas, di mana bagian ibu jarinya terbelah.

Kalau kamu mengikuti fashion content creator di TikTok, pasti kamu sudah nggak asing dengan Tabi Shoes, sepatu yang terbelah di bagian ibu jari. Jenis sepatu yang satu ini mungkin lebih populer karena menjadi khas dari brand fashion asal Prancis, Maison Margiela. Tapi ternyata, siluet dari Tabi Shoes sudah ada sejak abad ke-15 di Jepang, lho! Yuk, simak artikel ini untuk cari tahu asal mulanya & rekomendasi brand lokalnya!

Baca juga: 4 Pump Shoes Brand Lokal yang Membuat Penampilan Semakin Cantik!

 

Sejarah Tabi Shoes

undefined

Fun fact, Tabi sebenarnya adalah kaos kaki tradisional yang digunakan bersamaan dengan Geta – alas kaki tradisional Jepang yang terbuat dari kayu. Geta sendiri biasanya digunakan dengan Yukata atau Kimono. Supaya penggunanya nyaman, maka bentuk kaos kakinya dibuat terpisah antara ibu jari (jempol kaki) dengan jari lainnya.

Seiring berkembangnya zaman, akhirnya di tahun 1922 siluet dari Tabi dibuat menjadi sepatu yang bisa digunakan beraktivitas outdoor untuk para petani, pekerja bangunan, tukang kebun, penarik becak atau buruh lainnya. Sebab, Tabi shoes saat itu menggunakan bahan yang keras dan sol-nya terbuat dari karet. Material ini digemari karena selain aman saat digunakan, sol karetnya mendukung fleksibilitas penggunanya, serta grip-nya yang kuat mendukung pekerja agar tidak mudah tergelincir. Menarik ya, sejarah dari Tabi Shoes ini?

 

Dipopulerkan oleh Maison Margiela

tabi shoes maison margiela

Nah, di tahun 1989, brand asal Perancis – Maison Margiela membawa siluet Tabi Shoes ke koleksi spring/summer-nya. Terinspirasi dari perjalanannya ke Tokyo, desainer Martin Margiela membuat Tabi Shoes dan memodifikasinya dengan menambahkan high heel dan mejadi Tabi Boots ala brand Maison Margiela yang dikenal hingga sekarang.

Karena bentuknya yang nggak biasa, Tabi Shoes mendapat respon yang berbeda-beda. Ada yang suka banget, atau malah ada yang membenci dan menganggap siluet sepatunya jelek. Bahkan, di awal Tabi Boots diluncurkan, penjualannya terbilang lambat sehingga Martin harus menggunakan ulang stok yang tidak terjual dengan mengecat ulang dengan warna berbeda di season selanjutnya. Baru setelahnya, banyak pelanggan yang mulai menyukai siluet dari Tabi Boots. Maison Margiela akhirnya juga membuat model lain selain boots seperti model mary-jane, flats, dan loafers.

Another fun fact, Tabi shoes Maison Margiela juga menambah popularitas karena kreator TikTok bernama Alexis Dougé membuat video tentang Tinder date yang mencuri Tabi Mary-Janes miliknya pada September 2023 lalu. Selain dicuri, Tinder date-nya kemudian menghapus nomornya dari handphone Alexis sehingga tidak bisa dihubungi lagi.

Setelah viral, akhirnya ketahuan kalau Tinder date-nya ini mau kasih Tabi Mary-Jane ke pacarnya saat itu. Untungnya, pacarnya langsung minta sepatunya untuk dikembalikan ke Alexis. Hahaha, ada aja ya usahanya untuk mendapatkan Tabi Boots dari Maison Margiela ini!

Saya sendiri suka banget sih dengan siluet dari Tabi shoes yang unik ini, jadi bisa menambah ‘warna’ dari outfit yang sederhana. Kalau menurut kamu, gimana?

 

Rekomendasi Brand Lokal

Karena Maison Margiela termasuk luxury brand, maka nggak heran kalau koleksi Tabi Shoes-nya mulai dari harga 6 juta rupiah. Kalau kamu naksir dengan siluet Tabi yang unik, jangan khawatir, karena sudah ada alternatif brand lokalnya juga, lho! Yuk, cek rekomendasinya di bawah ini!

Ride Inc

Kalau kamu punya ukuran kaki yang besar, mulai dari 41 ke atas kamu bisa cek koleksi dari Ride Inc karena brand lokal yang satu ini memberikan opsi made by order sesuai dengan size kaki kamu. Model Tabi dari Ride Inc juga beragam, mulai dari loafers, mules, flat shoes, dan boots. Pilihan warnanya juga beragam, so your options are endless!

Cajsa

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Cajsa ( /Ky-Szha/ ) (@cajsa._)

Aoki Velvet Tabi Flats dari Cajsa juga bisa jadi pilihan kamu yang pingin cari flat shoes berbahan velvet. Cajsa juga menambah aksesoris pita di bagian depan sepatu ini untuk memberikan kesan yang lebih elegan. Ada 4 pilihan warna yang bisa kamu pilih, yaitu Navy, Maroon, Taro, dan Khaki.

Runikaki

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Runikaki – Tabi Shoes (@runikaki)

Koleksi Tabi Flats dari Runikaki juga punya pilihan sampai size 43 (27.3 cm)! Menurut saya, cuttingan Tabi Flats dari Runikaki ini juga cocok digunakan untuk kamu yang punya tipe wide feet. Kalau dari review-nya, flat shoes Runikaki punya insole yang empuk dan nyaman untuk kamu pakai sehari-hari.

Shop at Blow

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BLOW OFFICIAL SHOP (@shopatblow)

Sepatu Mary-Jane yang feminin dan klasik, diberi siluet Tabi oleh Shop at Blow dengan pilihan warna merah, hitam, dan putih. Karena modelnya klasik, sepatu yang satu ini bisa banget kamu pakai dengan jeans, dress, ataupun pleated skirts!

Baca juga: 3 Celana Jeans Brand Lokal dengan Desain Cantik dan Kekinian!

Nah, itu dia asal mula dari Tabi Shoes dan rekomendasi brand lokal-nya. Kira-kira kamu gimana nih tentang Tabi Shoes, is it your cup of tea or is it not? Komen di bawah, ya!

 

Image: Dok. Flickr, Brands

Slow Down

Please wait a moment to post another comment