banner-detik

industry news

Mooryati Soedibyo Pendiri Mustika Ratu Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

seo-img-article

Tokoh yang sangat berpengaruh dalam dunia kecantikan dan politik Indonesia, Mooryati Soedibyo tutup usia.

Hari ini industri kecantikan menerima kabar duka dari pendiri Mustika Ratu yaitu Mooryati Soedibyo yang meninggal dunia apda usia 96 Tahun. Kabarnya, ia berpulang pada Rabu, 24 April 2024 jam 01.00 WIB dini hari di kediamannya. Ia merupakan sosok yang sangat berpengaruh pada perkembangan dunia kecantikan pada masanya, mendirikan salah satu brand kecantikan legendaris dan menciptakan Yayasan Puteri Indonesia yang bertujuan untuk pemberdayaan perempuan Indonesia.

Baca juga: Lebih dari Seorang Aktor, Cek 5 Fakta Menarik Byeon Woo Seok

Mooryati Soedibyo yang memiliki nama panjang Hj. BRA. Mooryati Soedibyo, S.S., M. Hum lahir di Solo pada 5 Januari 1928. Ia merupakan cucu dari Raja Sri Susuhunan Pakubuwana X. Awal mula kariernya dalam dunia kecantikan adalah saat ia memulai bisnis jamu dan Mustika Ratu pada tahun 1970-an.

Selain menciptakan brand kecantikan, ia juga seorang yang berhasil mendirikan Yayasan Puteri Indonesia di tahun 1992, acara bergengsi yang menaungi kontes kecantikan Indonesia sampai hari ini. Dengan jejaknya yang sangat inspiratif dalam memberdayakan perempuan dan membangun dunia kecantikan, Mooryati juga memiliki peran yang penting dalam dunia politik tanah air.

mooryati soedibyo

Pada tahun 2004, saat periode Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ia menduduki kursi Wakil Ketua MPR untuk periode 2004 – 2009. Dengan ini, dirinya menunjukkan bahwa perempuan Indonesia bisa menjadi segalanya, menjadi seseorang ibu, terjun dalam dunia bisnis, dan berkarier dalam dunia politik untuk menghadirkan sebuah perubahan.

Baca juga: Intip Skincare Routine Hailey Bieber dalam Merawat Dermatitis Perioral!

Prestasi bergengsi lainnya adalah Mooryati Seodibyo tercatat sebagai salah satu peraih gelar doktor tertua di Indonesia oleh MURI dan ia juga masuk ke dalam urutan ke tujuh pada daftar 99 perempuan paling berpengaruh di Indonesia pada tahun 2007 di majalah Globe Asia.

Baca juga: Inspiring! Make Over Perkenalkan 4 Muse Terbarunya lewat Campaign “Discover The Unseen Power”

Melalui kabar duka hari ini dan melihat kembali presatasi dan legasi yang sudah ia tinggalkan, menunjukkan bahwa ia adalah tokoh inspiratif yang akan selalu dikenang dalam dunia kecantikan Indonesia dan menjadi inspirasi bagi perempuan Indonesia sepanjang masa. Semoga dirinya sudah berada di tempat yang tenang dan semua yang ditinggalkan diberi kekuatan.

 

Images: Dok. Instagram/@officialputeriindonesia

Slow Down

Please wait a moment to post another comment