banner-detik

beauty school

3 Kesalahan Penggunaan Face Oil yang Bikin Timbul Jerawat di Wajah!

seo-img-article

Menjadi salah satu skincare yang populer, sebenarnya face oil bisa menjadi pemicu munculnya jerawat, nggak ya?

Beberapa tahun terakhir, face oil merupakan salah satu produk skincare yang cukup populer dan digunakan oleh banyak orang. Terlebih lagi, face oil memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit wajah seperti membantu meredakan kemerahan, anti-aging agent, dan melembapkan. Walaupun demikian, sebenarnya face oil juga bisa jadi penyebab dari munculnya jerawat di wajah, lho. Hal itu bisa terjadi karena kesalahan penggunaannya. Nah, kalau kamu baru ingin mulai menggunakan face oil, artikel ini cocok buat kamu agar nggak salah langkah dalam penggunaannya. So, simak terus untuk tahu lebih lanjut!

Baca juga: Jaga Kekuatan Skin Barrier dengan Rangkaian Skincare dari L’Occitane!

Menggunakan face oil karena tren

penggunaan face oil

Yup, banyak pengguna face oil berawal dari rasa ingin tahu karena tren yang sedang berlangsung dan termakan oleh testimoni beauty influencer karena dampak baik yang mereka rasakan setelah menggunakan face oil. Walaupun hal ini nggak salah, tapi kamu sebaiknya menggunakan face oil karena memang membutuhkannya, bukan karena ingin hopping into the trend!

Langkah awal agar kamu nggak menggunakan face oil karena tren adalah kenali jenis kulitmu! Ini sangat penting untuk kamu bisa memutuskan menggunakan face oil atau nggak, karena ada beberapa jenis kulit yang nggak bisa menggunakan face oil dan malah akan membuat breakout. Dilansir dari Cleveland Clinic, beberapa kondisi seperti acne prone skin, pemilik dermatitis seboroik, dan rosacea, disarankan untuk nggak menggunakan face oil, lho. Oleh karena itu, mengenali jenis dan kebutuhan kulit sangat penting ya sebelum kamu memutuskan menggunakan face oil.

Baca juga: Mau Tampil Glowing saat Lebaran? Ini 4 Treatment di Klinik yang Bisa Kamu Coba!

Pemilihan face oil yang salah

penggunaan face oil

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan face oil karena kulitmu memang nggak memiliki sebuah permasalahan yang serius, kamu juga perlu memerhatikan kandungan minyak yang ada pada face oil ya. Itu karena beberapa kandungan minyak yang bisa menyumbat pori-pori, misalnya coconut oil, olive oil, dan soybean oil!

Lalu, kandungan minyak apa yang ringan dan aman untuk kulit? Nah, deretan face oil yang lebih ringan teksturnya adalah plant based oil dan yang cukup terkenal untuk skincare yaitu argan oil, jojoba oil, dan sunflower oil. Tetapi sebelum menggunakannya, kamu tetap harus melakukan patch test terlebih dahulu ya.

Penggunaan yang terlalu berlebih

penggunaan face oil

Nah, kalau kamu memutuskan untuk mulai pakai face oil, kamu juga harus perhatikan seberapa banyak yang akan digunakan di wajah. Itu karena penggunaan dari face oil yang terlalu banyak di wajah akan membuat kulit terasa berat, berminyak, dan akhirnya pori-porimu jadi tersumbat dan bisa timbul jerawat di wajah. Maka dari itu, pastikan untuk gunakan seperlunya dan hanya beberapa tetes saja dan jangan terlalu banyak!

Baca juga: Mewah dan Menyegarkan, Ini 5 Rekomendasi Parfum Fruity Floral untuk Lebaran!

Yup, tiga kesalahan dari penggunaan face oil di atas bisa jadi penyebab muncul jerawat di wajah dan pastikan kamu untuk menghindari tiga kesalahan di atas, ya. So, apakah kamu tetap akan menyertakan face oil dalam rangkaian skincare? Komen di bawah, ya!

 

Images: Dok. iStock

Slow Down

Please wait a moment to post another comment