banner-detik

sponsored post

5 Cara Mudah untuk Merawat Rambut Agar Tetap Sehat dan Berkilau!

seo-img-article

Ingin menjaga rambut agar terus sehat dan tampak berkilau? Yuk, simak cara mudah untuk merawat rambut berikut ini!

 

Sudah bukan rahasia lagi kalau rambut yang tampak berkilau adalah salah satu tanda dari rambut sehat. Selain itu, tanda lainnya adalah rambut yang mudah untuk disisir, nggak mudah rontok, dan memiliki tekstur yang lembut. Itu artinya rambutmu sudah berada dalam keadaan sehat! Namun, apabila rambutmu nggak memiliki ciri-ciri di atas dan kamu mulai merasa butuh untuk memberikan perawatan ekstra, kamu bisa mulai lakukan dengan perawatan sederhana di rumah. Apa saja sih yang perlu kamu lakukan di rumah dan dapat memberikan dampak baik untuk kesehatan rambut? Dengan itu, simak terus artikel ini untuk tahu cara mudah merawat rambut ya!

Baca juga: Ini 5 Makeup Lokal di Bawah 150 Ribu yang Layak Kamu Coba!

Pilih produk perawatan rambut yang tepat

merawat rambut

Yup, tentu saja yang pertama perlu kamu lakukan adalah memilih produk untuk rambut yang tepat. Itu karena pemilihan produk yang tepat untuk rambutmu akan memberikan pondasi yang kuat pada akar dan helai rambut. Cara mudah untuk memilih produk yang tepat adalah ketahui terlebih dahulu jenis dan masalah rambut yang kamu alami, dengan demikian akan lebih mudah untuk mengkurasi produk yang akan digunakan.

Tentu saja, shampoo menjadi produk pertama yang perlu kamu kurasi sebagai pondasi awal dari memberikan kekuatan pada akar rambut. Nah, jika permasalahan rambutmu adalah kasar, rontok, dan berketombe, kamu bisa nih lirik shampoo terbaru dari Oriflame yang memiliki julukan Duologi Series. Kira-kira ada apa saja, ya?

Pertama ada Duologi Intense Repair Shampoo diperkaya dengan keratin dan oat lipids yang bisa menjaga kelembapan rambut serta membantu mengurangi kerusakan rambut yang kering. Lalu, untuk Duologi Anti-Flake Purifying Shampoo, cocok untuk digunakan kamu yang memiliki permasalahan ketombe karena mengandung salicylic acid dan dandzi complex yang bisa membersihkan kulit kepala secara merata, dan terakhir ada Duologi Fall Resist Shampoo untuk kamu yang merasakan rambut mulai menipis dan rapuh. Oh iya, shampoo ini juga diperkaya pro-vitamin B5, vitamin B3, dan rice peptides yang bisa mengurangi kerontokan, lho!

merawat rambut

Setelah memilih shampoo yang sesuai dengan kebutuhan rambut, saatnya beralih menuju perawatan ekstra pada helai rambut dengan conditioner! Yup, selain menghadirkan shampoo sesuai kebutuhan rambut, ada juga Duologi Light Creme Conditioner yang diperuntukan untuk kamu yang memiliki rambut tipis, kandungan pro-vitamin B5 di dalamnya bisa membantu membuat rambut lebih lembut dan mengurangi kelepekan.

merawat rambut

Bagi pemilik rambut tebal yang sulit untuk diatur, kamu bisa gunakan Duologi Rich Creme Conditioner yang memiliki kandungan keratin dan mango butter, keduanya akan membantu rambut tebalmu lebih mudah diatur, terasa lebih halus, dan mengatasi keadaan ujung rambut yang bercabang! Menarik, ya?

Pilih sisir yang sesuai dengan tipe rambut

merawat rambut

Jika kamu sudah menggunakan produk perawatan rambut yang tepat, saatnya untuk memperhatikan juga sisir yang kamu gunakan. Itu karena sisir yang kamu pilih itu berpengaruh lho dengan kesehatan rambut dan penampilan rambut secara keseluruhan. Kalau kamu menggunakan sisir yang sesuai dengan tipe rambut, kamu akan menghindari rambut tertarik dan menyebabkan kerontokan dan juga sisir yang tepat akan memudahkan penataan rambut, mengurai rambut dengan baik, dan menghindari kekusutan.

Untuk kamu pemilik rambut bergelombang yang mudah kusut, kamu bisa gunakan detangling brush dan gunakan usai keramas agar mengurai rambut yang kusut. Bagi pemilik rambut lurus dan panjang, kamu bisa gunakan round cushion brush yang bisa dengan efektif memisahkan helai rambut panjangmu. Namun, sesungguhnya pemilihan sisir ini juga bisa berdasarkan bagaimana keadaan rambutmu, lho. Jadi perhatikan dengan baik ya keadaan rambut sebelum menggunakan sisir, agar kesehatannya lebih terjaga.

Baca juga: 5 Pensil Alis Warna Cokelat untuk Dapatkan Tampilan Lebih Natural!

Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Sudah bukan rahasia lagi, kalau mengikat rambut terlalu kencang bisa memberikan efek nggak baik kepada rambut. Coba kamu ingat-ingat bila kamu terlalu kencang mengikat rambutmu, apa yang kamu rasakan? Pasti, rasa kepala seperti ditarik dan memberikan efek samping pusing dan selain itu, kamu juga akan membuat rambut jadi rapuh dan mudah patah, rambut lebih mudah kusut, dan berisiko untuk membuat kamu mengalami kebotakan di beberapa titik rambut. Seperti bagian depan kepala yang disebabkan oleh tarikan berlebih jika kamu mengikat rambut sangat kencang. Jadi, pastikan ikatan rambutmu nggak terlalu kencang ya untuk menjaga kesehatan rambut.

Lakukan perawatan ala salon di rumah

Kalau kamu ingin menghabiskan weekend di rumah saja usai melewati weekday yang panjang, kamu bisa mulai dengan melakukan perawatan ala salon di rumah saja, lho! Saat ini sudah ada banyak produk perawatan yang sama seperti di salon yang bisa kamu beli dengan mudah. Salah satunya adalah Duologi Intense Repair Hair Mask yang diperkaya dengan keratin dan oat lipids untuk membantu merawat kekuatan rambut. Memiliki tekstur yang creamy, hair mask satu ini memiliki beberapa keunggulan seperti menutrisi rambut, memberikan kekuatan rambut, dan menangani keadaan rambut yang bercabang.

Lalu, ada nih produk yang bisa kamu gunakan sebelum styling rambutmu yaitu Duologi CC Hair Beautifier Leave-in Spray. Sebuah hair cream multifungsi yang mengandung hyaluronic acid yang bisa memberikan efek rambut tampak berkilau, menutrisi rambut, dan memberikan perlindungan pada rambut dari panas yang hadir dari alat styling rambut. Tampak menggoda untuk dimiliki, ya?

Kurangi intensitas dari penggunaan alat styling rambut

Last but not least, untuk kamu yang suka untuk styling rambut seperti menggunakan catokan. Usahakan untuk nggak terlalu sering ya menggunakannya! Tentu saja, penampilan rambut itu adalah hal utama yang perlu kamu perhatikan. Namun, jika efek sampingnya membuat rambutmu lebih rapuh dan mudah rusak, pasti kamu nggak mau kan? So, coba berikan rambutmu waktu istirahat dari paparan panas alat styling yang berlebih dan embrace your natural hair!

Baca juga: Parfum Apa Sih yang Sesuai dengan Warna Auramu? Cari Tahu di Sini

Itu dia cara mudah untuk merawat rambut yang bisa kamu lakukan di rumah dan terapkan pada kebiasaan sehari-harimu. Gimana, sudahkah kamu memilih produk perawatan rambut sesuai dengan kebutuhanmu dan memberikan perawatan sederhana yang berdampak baik? Share di kolom komentar, ya!

Images: Dok. iStock, Dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment