banner-detik

fitnfab

4 Makanan Fermentasi yang Baik untuk Kesehatan Pencernaan!

seo-img-article

Makanan fermentasi terkenal punya manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Yuk, intip ada makanan apa saja!

Sudah bukan rahasia lagi kalau makanan yang difermentasi memiliki banyak khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan, terutama kesehatan pencernaan. Buat kamu yang sedang diet, konsumsi makanan fermentasi bisa membantu untuk mengatasi masalah perut kembung, sembelit. Selain itu, fermented foods juga bisa berdampak baik juga lho untuk kesehatan kulit kamu.

Namun, memang cukup sulit untuk menemukan makanan fermentasi yang bisa kamu suka dan nikmati. Nah, FD punya nih beberapa rekomendasi makanan fermentasi yang cukup populer dan lezat untuk disantap. Simak artikel ini ya untuk tahu ada apa saja!

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Perut Buncit dan Pipi Bengkak!

Greek yoghurt

makanan untuk kesehatan pencernaan

Untuk pemula yang ingin mulai konsumsi makanan fermentasi, kamu bisa mulai dari greek yoghurt. Itu karena, greek yoghurt bisa kamu makan bersama dengan macam-macam toping seperti buah-buahan dan kacang-kacangan, sehingga kamu bisa merasakan kenikmatan saat menyantapnya. Walaupun demikian, kamu juga perlu untuk memilih greek yoghurt yang nggak ada tambahan gula ya agar sumber protein yang kamu dapatkan lebih baik.

Kimchi

makanan untuk kesehatan pencernaan

Kalau kamu K-Lovers, sudah pasti nggak asing kan sama kimchi? Yup, salah satu makanan terkenal asal Korea Selatan ini juga masuk dalam makanan fermentasi yang baik untuk kesehatan pencernaan. Itu karena, kimchi adalah makanan fermentasi yang terbuat dari kubis, lobak, dan sayuran lainnya. Nah, makanan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh juga, kalau kamu rajin konsumsi kimchi tekanan darahmu bisa lebih sehat dan cocok untuk dikonsumsi saat kamu sedang diet.

Baca juga: Seberapa Efektif Kandungan Bengkoang untuk Mencerahkan Kulit?

Tempe

makanan untuk kesehatan pencernaan

Yes, tempe masuk ke dalam salah satu makanan fermentasi yang baik lho untuk menjaga kesehatan pencernaan. Itu karena, tempe merupakan sumber protein dan vitamin B12 yang baik dengan kandungan glikemik yang rendah, tempe sangat cocok untuk dikonsumsi bagi kamu yang ingin mengatur kadar gula darah. Menarik, kan?

Miso

Memiliki rasa yang sedap, miso merupakan fermentasi kedelai, garan, dan jamur koji. Dengan itu, probiotik yang terdapat di miso memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengurangi risiko dari penyakit radang usus. Walaupun kamu sering menemukan miso dalam bentuk sup, kamu juga bisa lho menemukannya dalam bentuk pasta dan mencampurkannya ke dalam berbagai macam makanan yang ingin kamu konsumsi.

Baca juga: Victoria Beckham Bocorkan Morning Routinenya untuk Menjaga Tubuh Tetap Fit!

Nah, itu dia deretan makanan fermentasi yang bisa kamu pilih dan konsumsi untuk bisa menjaga kesehatan pencernaanmu. Pasti banyak dari kamu yang suka dengan greek yoghurt, kan? Karena saya juga sama, karena bisa memadukannya dengan berbagai makanan pendamping seperti buah dan granola. Nah, selain greek yoghurt apakah kamu juga suka beberapa makanan fermentasi di atas? Comment, di bawah ya!

Images: Dok. iStock

Slow Down

Please wait a moment to post another comment