banner-detik

beauty school

10 Tren Skincare yang Diprediksi Akan Populer Tahun 2024!

seo-img-article

 

Setiap pergantian tahun, pasti banyak tren baru yang diprediksi akan menjadi populer dan diminati sepanjang tahun. Nah, kira-kira tren skincare di 2024 seperti apa ya? Baca sampai selesai, yuk!

 

Perkembangan dunia kecantikan yang sangat cepat, membuat industri ini selalu menarik untuk diikuti dan diamati. Skincare yang menjadi amat populer sejak pandemi COVID-19 menyerang, tahun ini akan tetap bertahan menjadi sesuatu yang disukai banyak orang.

Dengan semakin banyaknya orang yang sadar akan pentingnya kesehatan kulit, penggunaan skincare bukan lagi hal yang istimewa, tapi menjadi kebutuhan mendasar sehari-hari. Hal ini tentu juga memengaruhi tren skincare yang tumbuh atau berganti setiap tahunnya. Penasaran apa aja tren skincare yang bakal populer tahun 2024 ini? Simak di bawah ini!

Baca juga: Peach Makeup Look Sambil Disetrum, Berhasil Nggak, Ya?

 

Retinol yang lebih canggih

Retinol merupakan kandungan skincare yang sangat populer dan ditawarkan dari beragam brand di seluruh dunia. Kemampuannya memang sangat banyak, mulai dari menstimulasi kolagen dan mengencangkan kulit, mengurangi jerawat, hingga meminimalkan hiperpigmentasi. Tahun 2024 ini, kita akan melihat retinol hadir dalam formula yang aksinya lebih cepat, namun memiliki efek samping lebih minim.

Retinol “generasi baru” ini bernama hydroxypinacolone retinoate (HCP), yang lebih potent namun lebih nggak harsh di kulit dibandingkan dengan varian retinoid lainnya. Menggunakan HCP dalam skincare routine dan memadukannya dengan bahan-bahan lain seperti vitamin C dan E, akan membuat kulit lebih halus, cerah, sehat, juga tetap lembap!

 

Clean dan sustainable

tren skincare 2024

Sebenarnya ini bukan tren yang baru, mengingat banyak orang sudah mulai memahami pentingnya menjaga lingkungan dan kampanye tentang produk eco-friendly sudah berjalan tahunan. Tahun 2024 ini pun masih terus berlangsung, karena banyak yang lebih memikirkan fast beauty dan dampak lingkungan dari penggunaan produk perawatan kulit. Produk dengan packaging yang eco-friendly, bahan-bahan yang nggak merusak lingkungan serta diperoleh secara etis akan punya banyak peminat dan lebih dilirik tahun ini.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Bedanya Label Organik, Natural, dan Vegan pada Produk Kosmetik!

 

Produk yang dipersonalisasi

Kamu pasti tahu kan, kalau produk yang ada di pasaran adalah produk yang diciptakan untuk umum atau general? Jadi, tentu saja nggak bisa beraksi sama di semua kulit orang di seluruh dunia. Makanya, kita mengenal istilah “skincare itu cocok-cocokan”. Untuk mengatasi masalah ini, banyak brand menawarkan produk-produk yang personalized atau dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan setiap individu yang memerlukan, supaya hasilnya bisa lebih efektif.

 

Bukan sekadar body care

tren skincare 2024

Body care seperti sabun mandi, lotion, hand wash, hand cream, body serum dan lain sebagainya, kini bukan sekadar harum atau membersihkan saja. Akan semakin banyak produk body care yang lebih canggih atau mengandung bahan-bahan yang biasanya hadir dalam produk perawatan wajah, misalnya retinol, Glutahione, Niacinamide, Ceramide, AHA maupun BHA. Tujuannya adalah untuk membuat kulit tubuh juga dimanjakan dan ditangani dengan baik, karena bukan hanya kulit wajah yang perlu dibikin glowing!

 

Barrier repair

Banyak brand akan menawarkan solusi atau perbaikan untuk kulit yang diperlakukan secara “berlebihan”. Penggunaan skincare yang berlapis-lapis, pemakaian bahan aktif yang terus-menerus atau tanpa jeda, bisa membuat kulit jadi iritasi atau “ngamuk”! Makanya, sejak tahun 2023 lalu, tren skin minimalism mulai terdengar, sebuah tren perawatan kulit yang minimalis, fokus pada produk-produk skincare yang basic atau yang diperlukan saja.

Nah, di tahun 2024 ini, banyak brand akan menawarkan produk-produk yang bisa menenangkan kulit dan memperkuat skin barrier, untuk menjaga kekuatan kulit dan keseimbangan microbiome, akibat penggunaan skincare yang excessive. Produk-produk yang lebih melembapkan seperti hydrating serum, milky toner, dan facial mist akan terus disukai.

Baca juga: Kulit Tetap Lembap Selama Liburan Musim Dingin dengan 5 Barrier Cream Ini!

 

Scalp care juga penting

tren skincare 2024

Siapa yang sudah mulai peduli dengan kondisi kulit kepala? Kulit kepala adalah area penting yang sering terlupakan, nih! Padahal, lokasinya masih berhubungan dengan kulit wajah, yang artinya krusial juga untuk kita perhatikan. Tahun 2024 ini, produk-produk yang bisa merawat kulit kepala akan semakin mendapat ruang atau jadi spotlight. Misalnya, shampoo yang gentle untuk kulit kepala, scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati di kepala, hingga scalp serum untuk menangani ketombe dan rambut rontok.

 

Transparansi tentang kandungan skincare

Kamu nggak mau dong pakai skincare yang asal-usulnya nggak jelas? Yup, konsumen dan para beauty enthusiast akan semakin pintar dan mengenali beragam fungsi ingredients serta memantau terus perkembangan skincare, yang membuat mereka semakin menginginkan transparansi yang lebih dari para brand. Brand kecantikan yang terbuka tentang komposisi bahan, teknologi yang mendukungnya, memakai kandungan yang clean dan natural, akan lebih disukai oleh pencinta skincare.

 

AI-powered

Kecanggihan teknologi yang kian mengagumkan setiap harinya, akan lebih terintegrasi dengan dunia skincare. Jadi, kamu jangan heran ketika ke depannya akan ada banyak aplikasi untuk mengenali kebutuhan kulit personal, beragam device canggih yang bisa dipakai untuk memperbaiki kondisi kulit, hadirnya solusi-solusi berbasis kekuatan AI (artificial inteligence) untuk menganalisa atau mendeteksi permasalahan kulit, sampai merevolusi online shopping agar jadi lebih memudahkan dan menjawab kebutuhan konsumen.

 

Niche brands

Brand skincare yang lebih niche justru diprediksi mendapat perhatian di tahun 2024 ini. Contohnya, brand kecil yang produk-produknya fokus untuk mengatasi kulit sensitif dan iritasi, brand skincare yang khusus untuk merawat kulit gelap, brand yang menghadirkan perawatan kulit untuk area kewanitaan, dan sebagainya. Apakah kamu tertarik dengan brand yang lebih spesifik seperti ini? Atau justru sudah mulai menggunakannya?

 

Wellness-infused skincare

tren skincare 2024

Dengan semakin banyaknya individu yang aware terhadap kesehatan mental dan wellness secara keseluruhan, produk-produk skincare yang berfungsi meningkatkan kenyamanan hidup dan ketenangan batin juga jadi semakin disukai dan dibutuhkan. Contohnya adalah body care dengan aroma yang menenangkan atau mengurangi stres, atau produk-produk yang membantu tidur lebih nyenyak. Bahan seperti CBD (cannabidiol) oil yang bisa membantu mengurangi anxiety dan inflamasi juga akan lebih diminati.

Baca juga: Beautypedia: Adaptogen. Baik untuk Kelola Stres, Bermanfaat untuk Kulit!

Jadi, itulah sederet tren skincare 2024 yang diprediksi akan semakin diminati atau populer. Apakah kamu sudah menyelami atau menggunakan salah satunya? Selamat mencoba dan mempelajari lebih lanjut ya!

 

Image: Dok. brand, Freepik.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment