banner-detik

skin care

Beautypedia: Adaptogen. Baik untuk Kelola Stres, Bermanfaat untuk Kulit!

seo-img-article

 

Adapto-what? Sempat trending di TikTok, kandungan herbal ini juga banyak dipromosikan oleh A-list celebrity. Apa sebenarnya adaptogen?

 

Kalau rajin ngikutin perkembangan dunia wellness dan clean beauty, mungkin istilah ini sudah nggak asing lagi buat kamu. Dilansir dari WebMD, adaptogen adalah zat alami dari tanaman herbal atau jamur yang memiliki manfaat kesehatan. Dinamakan “adaptogen” karena zat ini bisa membantu tubuh untuk beradaptasi dengan stres yang terjadi secara fisik, kimia, maupun biologis. Biasanya ia dikemas dalam bentuk kapsul, bubuk, atau teh.

Jenis adaptogen yang paling populer saat ini adalah ashwagandha. Lemme, brand suplemen milik Kourtney Kardashian pun meluncurkan ashwagandha gummies. Bahkan J.Lo juga menjadi bintang iklan Goli Ashwagandha Gummies! Namun adaptogen juga bisa ditemukan di lebih dari 70 tanaman herbal lainnya, termasuk panax ginseng. Menariknya, selain baik untuk wellbeing dan stress relief, ternyata zat alami ini juga punya manfaat untuk kulit.

Baca juga: Jangan Abaikan Diri Sendiri, Ini Ide Self Care Selama Seminggu yang Bisa Kamu Contek!

 

Mengurangi skin problems akibat stres

manfaat adaptogen

Pasti sudah aware juga kan kalau stres itu bisa bikin kulit breakout? Yup, saat kita stres, produksi hormon kortisol pada tubuh akan meningkat. Efek samping dari peningkatan produksi hormon ini adalah kulit jadi semakin berminyak. Akhirnya pori-pori jadi lebih gampang tersumbat dan kulit makin rentan jerawat. Jika diminum sebagai suplemen, adaptogen bisa bantu menyeimbangkan hormon kortisol. Jadi setidaknya, breakout akibat stres bisa dicegah.

 

Melindungi dari agesor harianmanfaat antioksidan

Mirip dengan efeknya untuk tubuh ketika diminum, adaptogen juga memberikan perlindungan terhadap stressor jika digunakan secara topikal pada kulit. Sampai saat ini memang belum terlalu banyak bukti ilmiah yang bisa diungkap, tapi salah satu benefit adaptogen untuk kulit yang paling dikenal adalah kaya akan antioksidan. Patut dicoba nih terutama buat kamu para metropolitan, karena bisa jadi alternatif alami dari kandungan antioksidan lainnya untuk bantu melindungi kulit dari polutan.

 

Produk skincare dengan kandungan adaptogen

Dalam beauty scene Indonesia belum terlalu banyak yang menggadang produknya sebagai adaptogen based skincare. Namun sebenarnya kalau diperhatikan ingredients-nya lebih detail, produk-produk yang sudah kamu kenal ini juga mengandung adaptogen lho!

 

Sulwhasoo Concentrated Ginseng Renewing Serum EX

serum sulwhasoo

Star ingredient dari rangkaian anti-aging ikonis ini adalah panax ginseng root extract yang juga merupakan adaptogen. Bicara tentang Sulwhasoo memang nggak bisa jauh-jauh dari ginseng. Bahkan mereka menciptakan formula paten berbasis ginseng yang bernama Ginsenomics™. Bahan aktif ini bekerja di bawah lapisan permukaan kulit untuk menjadikan kulit terasa lebih kencang, kenyal, dan halus. Di dalam satu botol Concentrated Ginseng Renewing Serum EX sendiri, terdapat 100.000 encapsulated Ginsenomics™ yang bisa diserap lebih cepat oleh kulit!

 

Elemis Rehydrating Ginseng Toner

Toner yang cocok untuk kulit kering ini juga mengandung panax ginseng root extract. Formulanya yang hydrating dengan infusi quillaja wood dan sweet betty flower, bantu menyeimbangkan level pH pada kulit tanpa tambahan alkohol atau harsh detergents. Sebagai lapisan hidrasi pertama setelah membersihkan wajah, produk ini juga memaksimalkan penyerapan rangkaian skincare selanjutnya.

 

Deon Libra 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by DEON LIBRA (@deonlibra_)

Salah satu findings yang menarik banget buat saya baru-baru ini. Brand ini baru launched akhir tahun lalu dan mengklaim dirinya sebagai adaptogenic stress care brand. Ternyata back story-nya memang “dalem” banget. Jadi Deon Libra ini lahir di tengah duka sang co-founder sekaligus CEO-nya yang bernama Devin McGhee. Ayahnya meninggal akibat serangan jantung yang dipicu oleh stres. Sebagai coping mechanism-nya, ia terjun ke dunia wellness dan menggali tentang penyebab kematian ayahnya: stres. Di situlah ia menemukan the wonder of adaptogens.

Sejak itu ia punya misi untuk menyebarkan pengetahuan tentang adaptogenic beauty ini seluas mungkin. Menariknya lagi, Deon Libra juga merupakan salah satu brand yang berhasil diluncurkan berkat bantuan Grant Program for Black-Owned Beauty Businesses dari Glossier. Saat ini produknya terdiri dari Big Up Body Glaze dan Unbothered Elixir.

adaptogen skincare

Big Up Body Glaze mengandung holy basil, reishi, ashwagandha, dan astragalus yang semuanya merupakan adaptogen. Selain melindungi dari efek buruk lingkungan, body oil-serum ini juga memberi efek glowy yang instan! Sedangkan Unbothered Elixir merupakan adaptogenic powder yang bisa dikonsumsi dengan sendirinya atau dicampur dengan minuman bahkan makanan kesukaanmu.

Baca juga: Kupas Tuntas Soal Menopause dengan Ahlinya! Apa yang Harus Dipersiapkan?

Jujur, jadi penasaran banget sama suplemen adaptogen. Semoga semakin banyak penelitannya ya di Indonesia. Kalau bisa mengelola stres dengan cara yang aman dan alami, why not? Ada yang punya rekomendasi atau knowledge tentang produk adaptogen lainnya? Share yuk di comment!

 

Images: Dok. Freepik, Dok. Pexels, Dok. Sulwhasoo, Dok. Elemis, Dok. Deon Libra, Dok. Instagram/@lemme, @devinkielle

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment