banner-detik

female daily network

Kenali Dirimu Lebih Baik! Yuk, Temukan Personal Identity dengan Cara Berikut Ini!

seo-img-article

Ekspektasi dan tekanan sosial memang menjadi salah satu penghambat untuk bisa menemukan siapa dirimu. Meski demikian, kamu juga bisa menerapkan cara-cara jitu berikut ini untuk lebih mengenal diri dan menemukan apa yang kamu inginkan di hidupmu!

Untuk kamu mahasiswa dan mahasiswi Gen Z, pasti ada masanya ketika mulai dihantui pertanyaan “Sehabis kuliah aku harus apa?”, “Apa yang sebenarnya diriku inginkan?”, dan “Apakah aku sudah mengambil jalan yang benar untuk menunjang karier di masa depan?”. Sebenarnya, pertanyaan-pertanyaan di atas adalah sebuah hal yang normal terjadi saat kamu mengalami masa peralihan dari remaja menuju dewasa, lho. Walaupun, terkadang kamu jadi lebih overthinking dengan jawaban yang harus segera kamu miliki dan ditambah dengan tekanan sosial dan ekspektasi orang terdekat kepadamu.

Baca juga: Mengenal Dukun Manten dan Ritual Sakralnya pada Pernikahan Adat Jawa!

Untuk bisa menemukan jawaban atas banyaknya pertanyaan yang menghantui di umur peralihan menuju dewasa ini, kamu bisa mulai dengan temukan personal identity-mu. Yup, personal identity adalah mengenal diri sendiri, terutama dalam memahami dan menerima keunikan, peran, keinginan, dan tujuan hidup yang kamu miliki. Mungkin, terdengar mudah ya untuk bisa memahami dan menerima seluruh aspek dalam hidup? Namun, semua itu nggak semudah itu, karena menemukan personal identity itu membutuhkan perjalanan yang panjang!

mengenal diri

Kalau kamu ingin tahu cara mudah untuk mulai mengetahui personal identity, yuk simak artikel ini yang berisikan tips dari Arinda Kristie selaku Editor in Chief Female Daily, Vanny Sevilla Beladara selaku Head of Brand Erha Truwhite, dan Sherina Munaf selaku Brand Ambassador Erha Truwhite yang mereka bagikan pada acara FDGTC X Erha Truwhite yang bertajuk ‘Acknowledge Your Worth by Finding Your Personal Identity’ di Universitas Bina Nusantara Alam Sutera!

Temukan hal yang membuatmu termotivasi

mengenal diri

Yup, Vanny membagikan bahwa salah satu cara agar kamu bisa menemukan personal identity dengan mudah adalah menemukan sebuah hal yang bisa memotivasi. Dengan adanya hal yang membuat kamu termotivasi, kamu jadi lebih mudah untuk menghadirkan semangat untuk bisa terus berusaha untuk mengenal keunikan dan kekurangan pada diri kita yang bisa diperbaiki.

Nah, anak muda zaman sekarang biasanya menjadikan seseorang yang mereka idolakan sebagai salah satu role model yang memberikan motivasi untuk dapat menjadi seperti mereka. Sebenarnya, nggak ada salahnya, tetapi jangan sampai salah membedakan ya antara rasa motivasi dan terobsesi untuk bisa menjadi seperti seseorang yang kamu idolakan. Hal ini juga disampaikan oleh Sherina, ia mengatakan bahwa apa yang kamu lihat di media sosial nggak seratus persen dari kehidupan seseorang dan jangan jadikan kesuksesan mereka sebagai benchmark kamu, karena kamu pun memiliki jalan kehidupanmu sendiri!

Baca juga: Jadi Opening Act Konser Coldplay, Ini 6 Fakta Menarik Rahmania Astrini!

Coba untuk berkomitmen dengan setiap pilihan yang kamu ambil

Biasanya, setelah kamu berhasil mendapatkan motivasi dari hal atau orang yang kamu suka, kamu mulai menekuni kegiatan yang mungkin selama ini sudah menjadi mimpimu sejak lama. Seperti contohnya, Vanny Sevilla yang saat ini bekerja sebagai Head of Brand Erha Truwhite. Saat kuliah, ia menekuni jurusan Farmasi. Namun di tengah jalan saat ia menjalani masa studinya, ia merasa bahwa berinteraksi dengan chemical ingredients dan alat laboratorium bukanlah dirinya, karena ia kerap merasa kesepian saat masuk ke dalam laboratorium dan merasa bahwa apa yang ia lakukan bukanlah dirinya.

mengenal diri

Oleh karena itu, ia mulai melakukan observasi pada dirinya sendiri dengan melakukan banyak kegiatan dan mencoba hal-hal baru usai lulus dari studinya. Menurutnya, pada saat inilah ia mulai menerima banyak sekali pertanyaan yang menggoyahkan tekadnya untuk pelan-pelan mengetahui apa yang sebenarnya ia inginkan dan satu hal yang ia terapkan untuk nggak menggoyahkan niatnya, yaitu coba untuk berkomitmen dengan seluruh keputusan yang sudah diambil. Dengan berkomitmen dengan setiap keputusan yang kamu ambil, kamu memiliki kesempatan untuk bisa observasi kemampuan dirimu melalui hal-hal yang kamu lakukan. Nah, sudahkah kamu memiliki komitmen untuk nggak gampang menyerah dengan apa yang kamu hadapi saat ini?

Jangan biarkan tekanan dari luar menghalangimu

Setelah kamu berhasil berkomitmen dengan pilihan yang kamu ambil, bisa sana muncul sebuah tekanan yang biasanya berasal dari orang-orang terdekatmu atau mungkin tekanan sosial yang terbentuk karena kamu selalu menjadikan media sosial sebagai tolak ukur. Nah, jangan sampai tekanan dari luar ini malah mengganggu tujuan awalmu untuk bisa mengenali dirimu, lho. Menurut Arinda Kristie, tekanan dari luar dapat berpengaruh besar pada perjalanan menemukan personal identity, karena dampaknya bisa membuat kamu jadi merasa ragu dalam melakukan sesuatu dan berusaha untuk fit in di sebuah lingkungan yang mungkin nggak kamu suka.

mengenal diri

Lalu, bagaimana caranya untuk menghalangi diri terpengaruh dengan tekanan dari luar? Set goal! Yup, setelah melalui perjalanan mulai dari temukan motivasi dan berkomitmen, kamu bisa mulai set goal yang bisa jadi fokusmu, sehingga seluruh tekanan dan ekspekatasi eksternal nggak akan mempengaruhimu. Nah, Sherina Munaf berbagi bagaimana ia set goal yang biasanya ia mulai dengan set goal pada kesehatan kulit. Nah, kenapa mulai dari kulit? Menurutnya, kesehatan dari kulit bisa jadi cerminan bagaimana keadaan dirinya.

Baca juga: Intip Penampilan Para Bintang di Red Carpet Festival Film Indonesia!

Maka dari itu, Sherina selalu berusaha untuk menjaga kesehatan kulitnya sebagai goal utamanya, untuk mencapai skin goal-nya Sherina biasanya memilih skincare yang memang sudah teruji dan ia memilih Erha Truwhite sebagai sahabat untuk mencapainya. Salah satu produk andalan Sherina dalam menjaga kesehatan kulitnya adalah Erha Truwhite Vit C & Peptides Brightening Serum yang diperkaya dengan 10% vitamin c, peptides, dan bisabolol sebagai brightening agent.

Serum all-in-one ini akan secara optimal mengurangi kulit kusam, menyamarkan flek hitam, menjaga tampilan pori-pori agar nggak membesar, dan tentu saja membantu kulit tampak lebih glowing! Oh iya, untuk kamu yang memiliki tipe kulit acne-prone, kamu juga bisa lho menggunakan serum ini karena ada kandungan salicylic acid-nya juga!

Itu dia tips yang bisa kamu ikuti agar kamu bisa mengenal diri lebih baik dan menghalau segala tekanan eksternal yang bisa saja jadi penghalangmu untuk menemukan personal identity di era saat ini! Mulai dari hal kecil dengan menemukan motivasi, berkomitmen, dan rawat kulitmu agar kamu bisa lebih percaya diri dalam menunjukan siapa kamu saat sudah menemukan personal identitymu!

 

Edited by Salma Nur Hanina

Images: Dok. Female Daily, Dok, iStock

Slow Down

Please wait a moment to post another comment