banner-detik

entertainment

Terinspirasi dari Bisnis Keluarga, Serial ‘Gadis Kretek’ Sudah Bisa Ditonton di Netflix Hari Ini!

seo-img-article

Dian Sastrowardoyo is back! Waktunya menyelami cerita yang terinspirasi dari kisah nyata dalam serial ‘Gadis Kretek’!

Salah satu serial Indonesia yang paling ditunggu akhirnya tayang juga di Netflix. Yup, itu adalah serial ‘Gadis Kretek’ yang juga sudah lebih dulu diputar di Busan International Film Festival. Serial ini diadaptasi dari novel fiksi sejarah berjudul serupa karya Ratih Kumala, serta disutradarai oleh Kamila Andini dan Ifa Isfansyah.

Baca juga: Super Stunning! Ini Gaya Dian Sastrowardoyo sebagai Pemeran ‘Gadis Kretek’ di Busan Film Festival!

Serial bertabur bintang dan visual ini memiliki latar waktu yang berbeda. ‘Gadis Kretek’ sendiri memperkenalkan Lebas (Arya Saloka) yang setia menemani ayahnya yang dirawat di rumah sakit. Ayah Lebas, Soeraja (Ario Bayu) dan keluarga besarnya memiliki bisnis kretek Djagad Raja sejak zaman pasca penjajahan Belanda.

Soeraja, di tengah kondisi berbaring lemas tiba-tiba meneriakkan nama Jeng Yah berulang kali hingga membuat Lebas bingung. Sebagai anak terakhir, ia melakukan pencarian sosok Jeng Yah yang misterius. Momen tersebut, membawanya kembali ke masa lalu, saat industri kretek di Kota M dikuasai oleh perusahaan milik juragan bernama Idrus Muria (Rukman Rosadi).

Idrus sendiri memiliki dua anak yaitu Dasiyah (Dian Sastrowardoyo) dan Rukayah (Tissa Biani). Dasiyah kemudian menjadi salah satu kunci sukses bisnis kretek sang ayah. Dasiyah yang dikenal juga sebagai Jeng Yah menjadi sosok di balik saus kretek yang dibuatnya.

Baca juga: Bikin Bangga, Serial Netflix ‘Gadis Kretek’ Akan Diputar 2 Kali di Busan International Film Festival!

Suatu hari, Idrus membawa Soeraja ke perusahaannya. Saat itu, ia diperkenalkan dengan saus kretek racikan Dasiyah dan mendapat apresiasi penuh dari Soeraja. Hingga suatu saat, orangnya Dasiyah menjodohkan ia dengan salah satu anak dari Seoraja, namun hati Dasiyah nggak bisa berpaling dari Soeraja.

Sementara itu di masa kini, Lebas masih mencari Jeng Yah, yang kemudian mendapat petunjuk dari dokter Arum (Putri Marino). Keduanya pun saling bekerja sama untuk mencari Jeng Yah sebelum Seoraja mengembuskan napas terakhirnya.

film gadis kretek

‘Gadis Kretek’ sendiri bukan hanya sekadar cerita, melainkan mengembalikan kenangan masa lalu seorang Ratih Kumala. Ia mengaku novelnya terinspirasi dari kisah nyata keluarga besarnya yang merupakan pengusaha kretek lokal di Jawa Tengah.

Baca juga: Mengenal Kebaya Janggan, Outfit Dian Sastrowardoyo di Busan International Film Festival 2023!

Bagi kamu yang penasaran dengan aksi comeback-nya Dian Sastrowardoyo, bisa langsung saksikan ‘Gadis Kretek’ secara penuh di Netflix!

 

Edited by Salma Nur Hanina

Image: Netflix

Slow Down

Please wait a moment to post another comment