ic-fd

Rutin Pakai Softlens? Ini 5 Tips Merawat Mata Agar Tetap Sehat!

beauty school
author

Poppy_Septia・31 Oct 2023

detail-thumb

Buat kamu pengguna softlens, ada beberapa hal yang harus selalu diperhatikan agar kesehatan dan kenyamanan mata tetap terjaga.

Selain bisa sebagai pengganti kacamata untuk membantu penglihatan agar lebih jelas, softlens juga membuatmu lebih bebas bergaya dengan eye makeup. Selain itu, warna kontak lens yang beraneka ragam bisa memberikan efek mata lebih cerah dan tampak lebih menarik.

Namun, kamu nggak bisa sembarangan lho dalam memilih dan menggunakan softlens. Sebab, kesehatan mata adalah taruhannya! Jadi, supaya mata tetap nyaman dan sehat meski sering menggunakan softlens, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan. Simak di bawah ini!

Baca juga: Ini 2 Moisturizer Pemenang Female Daily Best of Beauty Awards yang Bikin Kulit Lebih Lembap!

Pilih softlens yang aman dan tepat

pilih softlens yang aman

Jangan asal membeli softlens ya, apalagi hanya tergiur harga murah. Hindari produk yang terlalu murah, nggak jelas izin edarnya, dan nggak terdaftar di Kementerian Kesehatan. Kamu bisa cek izin edar alat kesehatan, AKD untuk barang yang dibuat di dalam negeri, dan AKL untuk barang yang dibuat di luar negeri.

Untuk diameter harus disesuaikan dengan ukuran bola mata. Kalau kamu punya mata bulat dan besar, boleh coba softlens di atas 14.5 mm, sementara pemilik mata kecil bisa pakai ukuran di bawah 14.5 mm. Softlens yang kebesaran atau kekecilan bisa bikin kamu jadi nggak nyaman, misalnya terasa mengganjal, penglihatan buram, bahkan kontak lens bergeser.

Perhatikan juga base curve (lengkungan softlens yang mengikuti kurva atau bola mata. Ini sebaiknya disesuaikan dengan ukuran mata kita. Semakin kecil base curve, maka softlens terasa semakin ketat digunakan. Sebaliknya, semakin besar maka akan longgar dan susah menempel, jadi harus tetap cari yang sesuai. Umumnya base curve berkisar antara 8.6 mm – 9.00 mm.

Kadar air juga penting, nih! Jika mata kamu tipe yang mudah kering, gunakan kontak lens dengan kadar air di bawah 50%, jika matanya normal boleh gunakan softlens dengan kadar air di atas 50%. Sering ada misinformasi yang bilang kalau mata kering cocok dengan kadar air tinggi, padahal sebaliknya.

Pilih juga material softlens yang bikin mata kamu tetap ‘bernapas’, karena mata itu juga butuh oksigen dan mata mengambil oksigen dari atmosfer.

Coba deh pakai X2 Chi Vol.2 yang memiliki teknologi Hydroloc dan material PC-SiHy, sebuah inovasi terkini yang memberikan tingkat kenyamanan yang lebih baik saat memakai softlens. Dirancang khusus untuk mata yang sensitif, X2 Chi Vol.2 ini memiliki daya serap kelembapan yang tinggi, dan mampu meminimalkan terjadinya iritasi pada mata.

softlens x2

PC (Phosphorylcholine) adalah bahan yang umum digunakan untuk implant medis dan prastetik. Lapisan ini meminimalkan penguapan air dari permukaan mata, sehingga mata tetap terhidrasi dan terasa nyaman. Sementara, SiHy (Silicone Hydrogel) adalah gold standard dalam dunia softlens, karena bahan ini mampu menjaga kelembapan dan kadar oksigen pada mata.

Dilengkapi dengan teknologi Hydroloc, softlens X2 Chi Vol.2 ini jadi semakin nyaman untuk dipakai, karena bisa mempertahankan hingga 97% kadar air asli di lensa kontak, hingga 12 jam. X2 Ch’i juga sudah punya UV Blocking, lho!

rekomendasi softlens

Baca juga: Yuk, Terapkan Slogan ‘CEKLIK’ untuk Memilih Kosmetik yang Aman Digunakan!

X2 Chi Vol.2 ini punya beberapa pilihan warna, yaitu Lake, Lunar, Storm, Dawn, dan Aura. Lake adalah biru muda yang tenang dan memikat, sementara Lunar adalah abu-abu dengan ring cokelat yang tampak bersinar. Kalau kamu suka warna hitam, bisa pilih Storm yang memberikan kesan alami dan tegas. Kalau kamu mencari warna cokelat, bisa pilih Dawn yang tampak natural dan mirip sekali dengan warna mata asli, atau Aura yang punya nuansa cokelat kemerahan yang lebih unik dan memesona. Kalau kamu nggak suka dengan softlens berwarna, X2 Chi Vol. 2 ini juga punya varian Clear, lho!

softlens x2 chi

Selalu gunakan dan lepas softlens dengan tangan yang bersih

Jangan lupa, selalu cuci tangan hingga bersih dan keringkan tanganmu, sebelum memakai softlens dan melepas softlens. Kalau tangan atau jari-jarimu kotor, kuman atau kotoran pada jari akan menempel pada softlens, sehingga akan ikut menempel pada mata dan bisa membuat mata menjadi perih atau kemerahan.

Lepas softlens saat membersihkan wajah, mandi, tidur, berenang

Sebelum memulai rutinitas membersihkan wajah, wajib lepas dulu softlens kamu ya! Apalagi, kalau kamu menggunakan makeup mata yang berat dan akan membersihkannya dengan cleansing oil atau cleansing balm. Begitu pula sebelum mandi, tidur, dan berenang, sebaiknya lepas dulu kontak lens agar mata tetap comfortable dan terjaga kesehatannya.

Baca juga: Mau Makeup Halloween On Point? Coba 3 Palet Eyeshadow yang Pigmented Ini!

Makan makanan yang tinggi vitamin A

Jaga juga kesehatan matamu dari dalam dengan rutin mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin A seperti wortel, salmon, telur, udang, susu, labu kuning, butternut pumpkin, tomat, hati sapi, paprika merah, hingga melon.

Konsumsi vitamin mata

Sebagai tambahan, kamu bisa juga minum suplemen yang mengandung vitamin yang baik untuk menunjang kesehatan mata dan penglihatan kamu. Selain vitamin A, ada pula vitamin E, Lutein, Zeaxanthin, Zinc, dan Vitamin C, yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar kesehatan mata kamu tetap terjaga.

Nah, jadi itulah poin-poin penting yang bisa kamu terapkan sebagai pengguna softlens. Jadi, harus lebih higienis saat melakukan kegiatan sehari-hari, dan lebih cermat lagi dalam memilih softlens, bukan sekadar bagus warnanya apalagi asal pilih yang murah. Selamat mencoba!

 

Image: Dok. Female Daily, Dok. X2, Freepik