banner-detik

haircare

Membiarkan Rambut Kering Alami VS Pakai Hair Dryer, Mana yang Lebih Baik?

seo-img-article

 

Sebenarnya, lebih baik membiarkan rambut kering alami setelah keramas, atau menggunakan hair dryer? Simak pendapat hair expert Diana Hadisuwarno!

 

Kalian termasuk team yang membiarkan rambut kering dengan sendirinya, atau menggunakan hair dryer setelah keramas? Biasanya perempuan, terutama yang rambutnya panjang dan aktivitasnya padat, akan memilih menggunakan hair dryer. Yup, hair dryer memang sangat membantu ketika kita sedang terburu-buru, atau untuk yang punya masalah rambut ngembang jika dibiarkan kering alami.

Baca juga: Dyson Airwrap dan Super Sonic, Mana yang Lebih Bagus?

Tapi ada juga yang memilih membiarkan rambut kering dengan sendirinya demi menghindari suhu panas yang nggak baik untuk rambut. Namun, nyatanya ada sumber yang mengatakan bahwa rambut justru akan lebih gampang rusak kalau dibiarkan kering sendiri. Lalu cara apa yang sebenarnya lebih baik untuk mengeringkan rambut?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by diana hadisuwarno (@dianaiden)

Kami bertanya langsung kepada hair stylist Diana Hadisuwarno agar beauty enthusiast bisa mendapatkan jawaban yang pasti!

 

Perbedaan kondisi rambut basah vs rambut kering

rambut kering

Menurut Diana, memang benar rambut yang masih basah itu lebih fragile. Apalagi jika habis melakukan bleaching, di mana kutikula yang masih terbuka sangat rentan tergesek atau rusak jika kita nggak memperlakukan rambut dengan lembut. Sedangkan rambut yang sudah kering akan lebih kuat karena kutikulanya sudah mulai tertutup. Oleh karena itu, ia nggak menyarankan untuk menyisir rambut terlalu intense ketika kondisinya masih basah.

Sementara itu, panas berlebih dari alat pengering rambut juga nggak baik untuk rambut. Ia menyarankan untuk mengurangi frekuensi blow yang terlalu “matang”, karena rambut akan terpapar temperatur panas yang terlalu tinggi dalam jarak yang dekat. Hal ini bisa menyebabkan bagian ujung rambut menjadi rusak dan bercabang.

 

Cara terbaik mengeringkan rambut menurut Diana Hadisuwarno

Jadi, mengeringkan rambut dengan hair dryer yang suhunya stabil dan tingkat kekencangan angin sedang adalah cara yang terbaik menurut Diana. Jaraknya pun sebaiknya nggak terlalu dekat dengan rambut. Cara menggunakan hair dryer-nya juga harus diperhatikan, yaitu dari arah atas ke bawah agar kutikula dapat tertutup sembari rambut dikeringkan. Cara ini akan membantu rambut terlihat jadi lebih berkilau, lembut, dan frizzy-nya berkurang.

Baca juga: Contek 4 Gaya Rambut Berponi yang Bikin Tampilanmu Makin Fresh!

Selain itu, menggunakan hair dryer dengan suhu dan angin yang tepat sangat baik untuk menjaga kondisi kulit kepala. Teknik ini bisa membantu menghindari potensi kulit kepala jadi berminyak atau timbulnya ketombe basah. Diana pun menekankan sangatlah penting bagi beauty enthusiast pengguna hijab untuk mengeringkan rambutnya secara menyeluruh terlebih dulu sebelum memakai kerudung agar terhindar dari masalah-masalah tersebut.

Nah, itulah cara terbaik mengeringkan rambut menurut Diana Hadisuwarno. Jadi, jangan lupa untuk mengatur hair dryer dengan suhu rendah, angin sedang, dan gunakan dalam jarak serta arah sorot yang tepat ya!

Images: Dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment