ic-fd

Ini Dia 5 Inspirasi Gaya dengan Batik yang Bisa Kamu Tiru!

style
author

diaan_acil・24 Oct 2023

detail-thumb

Lebih dari sekadar kain, batik adalah karya seni yang patut dijaga. Nah, ini dia beberapa inspirasi gaya berbatik yang bisa kamu contek! 

Setiap pola dan warna pada batik bisa menggambarkan kisah budaya yang mendalam. Saat ini, batik telah mengalami transformasi luar biasa, lebih dari sekadar pakaian tradisional dan menjadi simbol gaya yang tak lekang oleh waktu. Bahka, batik juga kerap memadukan elemen tradisional dan sentuhan kontemporer.

Busana batik modern juga memberikan fleksibilitas dalam gaya berbusana, baik untuk sehari-hari, maupun untuk berbagai acara spesial. Bagi kamu yang ingin bergaya dengan batik, berikut adalah beberapa inspirasi gaya yang bisa contek untuk styling batik milikmu!

Baca juga: Mengenal Kebaya Janggan, Outfit Dian Sastrowardoyo di Busan International Film Festival 2023!

Kemeja batik 

inspirasi gaya dengan kemeja batik

Pakaian yang satu ini ering menjadi salah satu pilihan jika ingin ke kantor atau undangan acara formal lainnya, karena kemeja batik punya potongan yang rapi dan pola batik yang indah. Bahkan, saat ini sudah banyak sekali pilihan kemeja batik yang memiliki model unik untuk perempuan. Jika kamu adalah orang yang nggak suka dengan style itu-itu saja, kamu juga bisa mix and match sesuai seleramu. Oh iya, desain kemeja batik juga sudah sangat beragam, dengan warna yang macam-macam.

Dress batik 

inspirasi gaya berbatik

Jika para cowok sering menggunakan kemeja batik untuk menghadiri acara formal, kalau cewek biasanya menggunakan blouse atau tunik batik, hingga dress batik untuk menghadiri berbagai acara formal. Biasanya, dress batik memiliki desain dan potongan yang elegan dengan motif cantik, sehingga bisa menyesuaikan acara yang kamu hadiri. Pilihan dress juga beragam, mulai dari dress pendek, hingga dress yang bisa digunakan oleh hijabers.

Baca juga: Meski Sering Tampil ‘Nyeleneh’, Ini Gaya Rina Nose yang Kece saat Liburan!

Sarung celana dan rok batik 

Buat kamu yang ingin eksplor gaya terbaru kamu dalam berbusana batik, sarung celana atau rok batik bisa kamu coba, lho. Meski terkesan sederhana, tapi outfit ini tetap stylish. Kamu bisa gunakan style ini untuk kegiatan sehari-hari di luar, seperti ke kantor, bahkan hangout bareng teman pun bisa! Dengan berbagai macam desain dan warna, pilihan outfit ini bisa bikin kamu jadi lebih percaya diri tampil all out dengan batik.

Obi belt batik 

Nah, sekarang ada lagi yang bikin tampilan outfit casual kamu jadi lebih modis. Obi belt adalah sabuk lebar yang bisa diikat di pinggang dan punya simpul cantik di bagian depan. Biasanya, obi belt ini akan dikenakan pada kemeja atau blouse berwarna polos. Karena memiliki varian warna yang bermacam-macam, obi belt cocok digunakan kalau kamu ingin tampilan yang chic, tapi nggak berlebihan!

Baca juga: 6 Tas Brand Lokal untuk Kondangan yang Bikin Look Kamu Makin Cantik!

Hijab batik 

Sekarang, batik bukan hanya untuk orang-orang yang nggak berhijab saja, melainkan kamu yang hijaber juga bisa banget menambahkan unsur batik pada outfit-mu! Kamu bisa memilih hijab dengan motif batik yang menarik, serta warna yang cantik untuk dipadukan dengan bajumu. Jadi, penampilanmu nggak boring karena ada motif batik yang melengkapi!

Itulah beberapa inspirasi gaya dengan menggunakan batik, sehingga menciptakan tampilan yang elegan. Semoga bermanfaat, ya!

 

Edited by Salma Nur Hanina

Image: dok. Brand