banner-detik

beauty school

Ingin Makeup Sendiri untuk Wisuda? Ini Tipsnya Agar Terlihat Flawless dan Anti Longsor!

seo-img-article

Makeup sendiri untuk wisuda? Tentu saja bisa! Yuk, intip tipsnya berikut ini!

Wisuda merupakan momen yang ditunggu oleh banyak orang. Biasanya, hari spesial ini membuat banyak orang menginginkan yang terbaik, salah satunya adalah makeup. Banyak yang memprcayai MUA untuk memoles wajah mereka dan membuat tampilan yang terlihat ‘manglingi’ dan flawless.

Tapi, percaya nggak sih, kamu juga bisa lho makeup sendiri dan menggunakan banyak produk lokal dan drugstore yang affordable untuk mendapatkan tampilan makeup wisuda yang terlihat flawless dan glowing, baik dilihat secara langsung maupun saat difoto. Plus, hasilnya juga anti longsor! Hal ini juga bisa jadi salah satu cara kamu untuk ‘saving‘ karena makeup yang kamu beli tentu saja bisa dipakai lagi, bukan? Penasaran bagaimana caranya? Keep on reading, ya!

Baca juga: Ini 5 Sunscreen dengan SPF 35 yang Layak Dicoba!

Skin preparation

Yup, hal utama yang perlu kamu perhatikan untuk mendapatkan tampilan makeup yang flawless dan anti crack adalah skin preparation yang baik. Nah, untuk melakukan skin prep yang sesuai dengan kebutuhan kulit, kamu harus mengetahui dulu kondisi kulitmu, ya. Kalau kondisi kulit saya termasuk cukup kering, sehingga skin prep yang saya lakukan berfokus pada memberikan kelembapan yang ekstra. Untuk mendapatkannya, saya mulai skin prep dengan menggunakan sheet mask selama 15 menit. Salah satu sheet mask yang bisa memberikan kelembapan adalah Mediheal The I.P.I Brightening Ampoule Mask! Selain bisa memberikan kelembapan, sheet mask ini juga bisa membuat kulit tampak lebih cerah.

makeup

Usai menggunakan sheet mask dan memastikan essence-nya sudah menyerap dengan sempurna, saya beralih menuju langkah selanjutnya yaitu menggunakan moisturizer. Nah, pilihan saya jatuh pada Clinique Moisture Surge 100H. Produk ini merupakan salah satu best purchase tahun ini karena formulasi terbarunya bisa memberikan kelembapan sampai 100 jam! Menarik, kan?

Sedikit tips, dalam pemakaian setiap produk untuk skin preparation ini saya beri waktu dengan jarak 1-2 menit dan pastinya menggunakan timer agar akurat. Hal ini saya lakukan agar setiap produk yang saya pakai punya waktu untuk menyerap ke dalam kulit. Menuju langkah terakhir dalam skin preparation, saya menggunakan sunscreen dari Biore yang Watery Gel Aqua Rich dan step terakhir saya menggunakan Flawless Priming Water dari Studio Tropik yang bisa memberikan efek dewy dan glow dan membuat kulit jauh lebih ‘siap’ lagi untuk menggunakan produk makeup.

Eye makeup

Karena produk skin preparation saya cukup banyak, saya memilih untuk mulai melakukan makeup dari bagian mata. Hal ini bisa memberikan waktu pada seluruh produk di tahap skin prep untuk menyerap lebih sempurna lagi. Nah, pada makeup mata, saya mulai dengan menggambar alis menggunakan Somethinc Brow Wiz dengan shade Dark Brown. Di sini saya nggak berusaha merapikan bagian alis dengan concealer, karena saya berusaha untuk memberikan tampilan alis yang terlihat natural dengan mengikuti bentuk asli dari alis saya. Kemudian, untuk membuatnya stay in place, saya memakai Brow Freeze milik ESQA, karena berperan besar untuk membuat alis tetap on point dan tahan lama.

Baca juga: Terlihat Flawless dan Fresh, Intip Makeup Rania Yamin Saat Menghadiri Istana Berbatik!

Next, beralih menuju makeup mata. Saya menggunakan Unconditional Eyeshadow Palette milik Somethinc. Di sini, saya pakai 3 shades paling bawah, yaitu shades Affection, Years, dan Heart. Lalu, untuk menghasilkan eye makeup yang sesuai dengan yang saya inginkan yaitu eye look yang fresh, saya mengikuti tutorial video di YouTube milik Angela Bright, pada salah satu videonya yang berjudul ‘My Go-To Everyday Eyeshadow Look Using Only 1 Brush!’.

Dalam video tutorial, ia memberikan tips agar eyeshadow tampak terbagi menjadi dua sisi tapi tetap ter-blend dengan baik. Biasanya, glitter akan diaplikasikan di tengah mata, tapi dalam tutorial ini, glitter yang memberikan efek shimmer diaplikasikan di bagian depan mata dan warna yang terang pada bagian luar mata. Tutorial ini juga mudah diikuti, kok. Kamu hanya membutuhkan satu brush yang bisa digunakan untuk achieve look sesuai dengan tutorial!

makeup

Setelah selesai bermain warna dengan eyeshadow palette, kita beralih menuju step selanjutnya yaitu menggunakan eyeliner. Nah, pada tahap ini saya memilih untuk membuat garis secara tipis dan membentuk bagian akhir dengan wing liner dengan menggunakan eyeliner dari ESQA. Selanjutnya, saya menggunakan Thunder Lash Mascara milik Rose All Day yang Volumizing untuk memberikan tampilan yang lebih tebal pada bulu mata saya yang sudah lentik. Nah, untuk mendapatkan tampilan yang tampak seperti fake lashes, saya mengaplikasikan mascara sebanyak 3 layer.

makeup

Kalau kamu penasaran bagaimana eye look saya, pada hasil kamera profesional ini terlihat sesuai dengan yang saya inginkan dan tetap menampakkan kesegaran mata saya.

makeup wisuda

Kunci complexion yang tampak flawless dan glowing

Nah, ini dia step yang menjadi kunci dari makeup saya yang tampak flawless dan glowing. Kalau lihat foto di atas, kamu bisa tebak nggak, saya pakai base makeupnya apa? Yup, saya hanya menggunakan Maybelline Fresh Tint! Pasti kamu bertanya-tanya, kenapa untuk makeup wisuda saya memilih skin tint, bukan foundation? Alasannya, saya sudah melakukan beberapa makeup trial sebelum wisuda, menggunakan foundation dan cushion. Entah kenapa, saya selalu merasa terlalu berat, apalagi saya akan menggunakan makeup selama satu hari penuh.

Akhirnya, saya memutuskan untuk pakai skin tint dan memilih Maybelline Fresh Tint yang mudah untuk di-build! Oh iya, saya pakai shade 01 dan mengaplikasikannya dengan spatula, lho. Yes, mengikuti salah satu tren makeup dengan spatula, surprisingly teknik ini membuat complexion lebih terlihat seperti skin like! Kemudian, untuk menutup beberapa kemerahan di kulit wajah, saya menggunakan concealer dari ESQA. Nah, untuk pengaplikasian concealer ini saya ada satu tips yaitu blend setelah 30 detik. Yup, mendiamkan selama 30 detik sampai concelear-nya agak sedikit kering dan nggak terlalu basah ini membuatnya lebih mudah di-blend dan nggak menggeser complexion awal. Selanjutnya, saya set semuanya dengan loose powder dari BLP Beauty. Tapi, saat nge-set semuanya ini, saya pakai powder brush dan mengaplikasikannya dengan cara di-tap, agar nggak menggeser complexion.

Lalu, setelah set complexion dengan loose powder, saya semprotkan kembali Flawless Priming Water sampai wajah basah. Kenapa bukan setting spray? Nah, ini adalah salah satu teknik yang saya adopsi setelah menonton tutorial dari YouTube Clara Clarisa, pada video ‘tips makeup MULUS tanpa tekstur (makeup viral tiktok)‘. Usai, priming water sudah sedikit kering, saya basahkan beauty blender dan tapping it to the loose powder. Saya mengambil banyak produk dari loose powder dan mengaplikasikannya pada bagian wajah yang mudah crack. Kalau untuk saya, bagian yang mudah crack dan bertekstur adalah bawah mata, smile lines, dan bagian hidung. Teknik ini berhasil membuat bagian wajah yang bertekstur tercover dengan sempurna, seperti pakai efek paris yang ada di Instagram.

Final Touch

Kemudian, memasuki tahapan terakhir, saya menggunakan blush, highlighter, dan lipstik. Untuk pemakaian blush, saya usahakan untuk pakai dari pipi bagian luar dan menyapunya perlahan ke bagian dalam pipi. Teknik ini membantu untuk membuat pipi saya nggak terlihat terlalu chubby dan sedikit lifted. Lalu, untuk highlighter, saya hanya pakai di ujung hidung dan bagian atas bibir, sehingga saat difoto oleh kamera profesional akan terlihat glowing, tetapi nggak berlebihan. Oh iya, untuk blush dan highlighter saya pakai dari ESQA Face Palette yang seri Aphrodite! Nah, memasuki dua tahap terakhir yaitu penggunaan lipstik, saya memilih Shiseido Technosatin Lipstick yang shade Data Stream dan mengombre dengan Lip and Cheek Duo milik Rose All Day dalam shade Boujee. Last but not least, saya menggunakan setting spray DreamSetter dari Studio Tropik!

Baca juga: Selain Retinol, Ini 5 Kandungan Skincare yang Bikin Kulit Awet Muda!

Yup, itu dia produk makeup dan teknik yang saya gunakan untuk makeup wisuda beberapa waktu lalu. Dari foto di atas, kamu bisa lihat perbandingannya saat difoto di dalam ruangan dan luar ruangan, serta perbandingan menggunakan ponsel dan kamera profesional. Apakah kamu tertarik untuk makeup sendiri saat wisuda nanti? Semoga rekomendasi produk dan teknik ini membantu kamu, ya!

 

Edited by Salma Nur Hanina

Images: Dok. Female Daily/armeliafarah, Dok. Brands

Slow Down

Please wait a moment to post another comment