banner-detik

fitnfab

Cara Menjaga Kesehatan Payudara dan Meminimalisir Risiko Kanker Payudara!

seo-img-article

Merayakan breast cancer awareness, berikut hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan payudara dan minimalisir risiko kanker payudara!

Risiko kanker payudara memang sulit dihindari, apalagi kalau kamu memiliki turunan dari keluarga. Tapi jangan khawatir, karena kita masih bisa melakukan upaya untuk menjaga kesehatan payudara dan meminimalisir risiko terjadinya kanker payudara. Yuk, simak cara apa saja yang bisa kamu lakukan!

Baca juga: Ritual Kecantikan yang Bantu Cegah Kanker Payudara

 

Aktif berolahraga

kesehatan payudara terjaga dengan rajin berolahraga

Aktif berolahraga menjadi salah satu cara yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Dengan rutin bergerak, kamu bisa menjaga berat badan kamu tetap ideal dan membantu menurunkan kadar estrogen darah sehingga meminimalisir risiko terjadinya kanker payudara. Oh iya, dengan melakukan olahraga rutin, kamu bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh untuk membantu memperlambat perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Kamu bisa mulai dengan melakukan olahraga ringan selama 15-30 menit setiap harinya, sesimpel jalan kaki keliling komplek. Selain itu, kamu juga bisa mencari altenattif lain yang bikin kamu lebih banyak bergerak dari biasanya, misalnya naik tangga dibandingkan naik lift, jalan kaki ke halte terdekat, atau minum air pakai gelas kecil di kantor sehingga kamu harus bolak balik berjalan untuk mengisi air minum!

 

Perbanyak asupan buah dan sayuran

perbanyak asupan buah dan sayuran untuk menjaga kesehatan payudara

Istilah ‘you are what you eat’ tuh benar adanya, lho! Antioksidan yang terkandung dalam sayuran hijau seperti karoten, lutein, dan zeaxanthin, bisa mengurangi risiko kanker payudara. Selain itu, buah-buahan yang kaya akan antioksidan dan vitamin pun bisa bantu meminimalisir terjadinya kanker payudara. Nah, kalau kamu belum terbiasa makan sayuran mentah seperti salad atau nggak terlalu suka sayur, kamu bisa mengonsumsi jus sayur yang sudah dicampur buah supaya rasanya masih bisa diterima dengan baik dan pastinya nggak effort!

 

Gunakan bra yang sesuai

menggunakan bra yang sesuai membantu menjaga kesehatan payudara

Menggunakan bra dengan ukuran yang pas bisa membantu mendopang payudara kamu dengan baik selama melakukan aktivitas sepanjang hari. Bra yang pas juga bisa membantu mencegah ligamen payudara kamu menjadi kendur atau merengang dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, penting juga nih untuk kamu pakai sports bra yang pas saat kamu berolahraga, apalagi kalau intensitasnya tinggi. Selain itu, kamu juga bisa menghindari pemakaian bra kawat terlalu sering, karena bisa menekan payudara dan mengganggu sirkulasi.

Baca juga: Bikin Payudara Terasa Nyaman, Intip 5 Jenis Bra yang Bisa Kamu Pilih!

 

Lakukan SADARI

lakukan sadari untuk menjaga kesehatan payudara

Melakukan SADARI (perikSA payuDAra sendiRI) bisa membantu kamu untuk lebih mengenali bentuk payudaramu dan mengetahui jika ada perubahan yang tidak normal. Dilansir dari Indonesia Cancer Care Community, SADARI bisa dilakukan 7-10 hari setelah siklus menstruasi dimulai, setelah kamu tidak lagi merasakan payudaramu nyeri atau bengkak. Kalau kamu sudah menopause, SADARI bisa dilakukan setiap bulan di tanggal yang sama. Lalu, bagaimana sih cara melakukan SADARI?

  1. Deteksi adanya perubahan payudara di depan cermin
  2. Rasakan perubahan payudara ketika berbaring
  3. Deteksi perubahan payudara ketika sedang mandi

Saat melakukan SADARI, kamu bisa menilai apakah ada benjolan keras dan menetap, perubahan bentuk atau ukuran pada salah satu payudara, adanya kerutan atau rasa kasar bersisik pada kulit, puting payudara yang masuk ke dalam, serta adanya cairan bening atau darah yang keluar dari puting payudara. Jika hal-hal tersebut kamu alami saat melakukan SADARI, sebaiknya kamu berkonsultasi pada dokter supaya bisa dicek lebih lanjut.

Baca juga: Gejala Awal Kanker Payudara yang Perlu Kamu Ketahui. Jangan Ragu untuk Konsultasi ke Dokter!

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan secara mandiri dan rutin setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan payudara dan meminimalisir risiko kanker payudara. Kamu sudah rutin melakukan yang mana, nih? Yuk, komen di bawah!

 

Edited by Salma Nur Hanina

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment