banner-detik

health wellness

Rayakan World Mental Health Day, Ini 5 Cara Simpel Mengurangi Stres yang Aman di Kantong!

seo-img-article

Tanggal 10 Oktober diperingati sebagai World Mental Health Day atau Hari Kesehatan Mental Sedunia. Yuk, rayakan dengan hal-hal sederhana supaya tubuh tidak stres!

Selain kesehatan tubuh, tentu kesehatan mental penting sekali untuk dijaga. Namun, dalam keseharian, kerap ada stresor yang muncul dan mengganggu kesehatan mental kamu. Mulai dari beban pekerjaan, lingkungan, keluarga, persaingan yang tidak sehat, dan sebagainya, bisa menjadi masalah serius bila tidak ditangani dengan segera.

Banyak orang sering merasa bahwa butuh uang yang sangat banyak dalam mengatasi stres, mulai dari pergi berlibur, hingga berbelanja barang-barang kesayangan atau yang jadi wishlist. Memang itu hal yang sangat wajar, karena mengeluarkan uang bisa membuat kamu merasa punya kekuatan dan merasa lebih baik. Namun akhirnya, ini bisa membuat kamu jadi overspend, karena ingin terus merasa lebih baik dan lebih baik lagi.

Faktanya, uang dan kesehatan mental sangatlah berhubungan. Kesehatan mental yang buruk, akan membuat seseorang kesulitan bekerja dan mengatur finansialnya. Sebaliknya, khawatir tentang keuangan akan membuat kondisi kesehatan mental semakin parah. Ini bisa menjadi vicious cycle yang berbahaya ke depannya. Selain kamu harus belajar mengenali mood, mengatur anxiety, dan menata finansial, kamu juga harus menghindari overspending.

Nah, lalu gimana ya cara mengurangi stres tanpa perlu menghambur-hamburkan uang? Di bawah ini ada beberapa hal yang bisa membantu kamu mengatasi burnout atau mencegah depresi tanpa bikin kantong bolong. Sangat berguna lho, untuk sehari-hari! Simak, yuk!

Terapkan gaya hidup sehat

Kamu bisa memulai untuk menjaga kesehatan mentalmu dengan merawat diri sebaik mungkin. Jangan lupa untuk tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi, dan tidak kekurangan minum air putih. Olahraga juga bisa membantu kamu untuk lebih bugar dan fokus untuk menghadapi aktivitas lainnya. Dengan menjaga diri lebih baik, pikiranmu menjadi lebih tenang. Selain itu, tubuh kamu juga akan terasa lebih segar. Olahraga nggak selalu mahal, lho. Kamu bisa lari pagi secara rutin, atau exercise di rumah dengan menonton Youtube untuk belajar gerakannya.

Baca juga: Mengenal Fenomena Healing ala Gen Z yang Berubah Makna!

Bersosialisasi & kembangkan rasa syukur

Kamu tidak harus menghadapi dan melakukan semua hal sendirian. Bila kamu merasa beban emosimu menumpuk, atau kelelahan akibat overthinking, kamu bisa bercerita dan bersosialisasi dengan orang-orang terdekat. Bantuan dan pengertian dari orang-orang yang kamu percayai sangat berarti untuk kesehatan mentalmu. Selain itu, kamu juga bisa menumbuhkan rasa bersyukur yang lebih dalam. Dengan bersyukur, kamu bisa lebih menikmati dan menghayati hidup.

Baca juga: 4 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Hindari Depresi di Kantor!

Menerapkan mindfulness dengan journaling

Kamu bisa mulai belajar mindfulness secara perlahan. Journaling adalah salah satu yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan setiap hari. Journaling berguna untuk mendokumentasikan hal-hal yang membuat hidupmu lebih bermakna. Selain itu, journaling dapat membantu kamu meregulasi perasaan dan pikiranmu sehingga kamu bisa menghindari overthinking, salah satu faktor burnout. Journaling juga bisa membantu kamu untuk bisa menulis lebih baik.

Mengurangi stresor

Sangat penting untuk mengurangi penyebab stres dan overthinking jika kamu ingin menenangkan pikiranmu. Bila kamu merasa lelah dengan hidup, pekerjaan, dan urusan lainnya, kamu bisa beristirahat sejenak. Kamu tidak harus bekerja 24/7 dan overthinking akan banyak hal. Setelah kamu menikmati jeda dan merasa lebih baik, kamu biasanya bisa berpikir lebih jernih untuk menyelesaikan pekerjaan dan urusan-urusan lainnya.

Menikmati hal-hal yang kamu sukai

Semua orang pasti punya hobi yang mereka sukai. Dengan menikmati hobimu, kamu akan merasa lebih menikmati hidup. Jika masih bingung dengan hobimu, kamu bisa mencoba beberapa aktivitas outdoor seperti yoga atau jalan-jalan di alam terbuka. Selain itu, beberapa hobi bisa dilakukan di dalam rumah, seperti menonton film, melukis, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: 4 Cara Dapatkan Kualitas Hidup yang Lebih Baik dengan Memaksimalkan Teknologi!

Ingatlah bahwa kamu berarti dan kehidupan nggak akan selalu kelam dan sulit. Akan selalu ada harapan dan hal-hal baik yang terjadi pada dirimu. Ingat pula bahwa kamu nggak sendirian, kamu bisa berbagi cerita dan menikmati waktu dengan orang-orang di sekitarmu. Dengan menjaga kesehatan mental dan fisik dirimu, kamu bisa belajar untuk menyayangi diri sendiri dan menghargai kehidupan.

Bila kamu masih merasa sangat kewalahan meskipun kamu sudah mengikuti kiat-kiat di atas, kamu bisa cek  Stress Management Indonesia dan Instagram @stressmanagementindonesia untuk membantumu menjaga kesehatan mental melalui program dan aplikasi mereka. Selamat mencoba!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment