banner-detik

beauty school

Flawless & Glowing, ini Tips Makeup untuk Kulit Acne Prone dari Gelangelicca!

seo-img-article

Bincang-bincang santai dengan beauty influencer Gelangelicca, banyak tips dandan untuk kaum acne prone yang patut dicoba!

Kalau mau tahu gimana caranya mendapatkan tampilan makeup yang flawless untuk menutupi kemerahan dan scars pada kulit acne prone, memang sebaiknya tanya ke ahlinya. Lebih akurat lagi kalau konsultasi ke seorang makeup pro yang punya jenis kulit serupa. Untuk mendapatkan hasil makeup yang flawless, pemilihan produk bukan satu-satunya yang penting. Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah skin preparation. Yup, ini adalah fondasi penting untuk membuat tampilan makeup kamu terlihat halus dan glowing.

Baca juga: Bikin Bibir Terlihat Sehat dan Juicy, Intip 3 Lip Product Terbaru dari Brand Lokal!

Nah, untuk mengetahui triknya, FD berkesempatan untuk berbincang dengan beauty influencer Gelangelicca yang memiliki jenis kulit acne prone. Ia membagikan apa saja yang perlu dilakukan agar kulit kamu tetap tampak cantik, baik saat menggunakan ataupun tidak menggunakan makeup. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk, kita simak bersama!

Dengan jenis kulit kamu yang acne prone ini, gimana sih kamu bisa mendapatkan makeup yang tampak flawless?

“Agar kulit tampak flawless saat menggunakan makeup, hal pertama yang diperhatikan adalah skin preparation-nya. Saya berusaha untuk perhatiin setiap bagian di wajah yang nggak boleh masih kering saat ingin pakai makeup. Nah, untuk menghindari dry patches di bagian wajah, kamu harus benar-benar perhatikan skincare karena itu kunci utamanya juga,” ujarnya.

“Lalu, saya berusaha menggunakan makeup setipis mungkin. Karena semakin tipis makeup, maka akan semakin terlihat seperti kulit, tampak flawless dan nggak dempul. Biasanya, produk yang dihindari itu produk-produk yang mengandung shimmer, karena itu akan sangat-sangat emphasize our skin texture. Saya lebih memilih yang produk matte, supaya bisa memberikan efek blur.” lanjutnya, menambahkan bagaimana ia memilih produk yang bisa memberikan efek ‘my skin but better.’

Ada tips tentang teknik pemakaian makeup-nya nggak?

“Untuk tips makeup, seperti teknik blending gitu ya? Bisa banget untuk mampir ke video-video tutorial yang saya unggah di YouTube. Kamu bisa mempraktikkan langsung saat menonton videonya supaya mengaplikasikannya juga lebih mudah.”

Saat ini apakah ada produk makeup yang jadi favorit Gelangelicca?

tips makeup gelangelicca

“Produk favorit, mungkin dari complexion dulu kali ya. Kalau untuk yang selalu ada di makeup pouch itu biasanya concealer yang full coverage terus finish-nya matte, karena ini yang bisa nge-cover jerawat aktif dan memberikan efek blur. Terus, saya juga selalu bawa compact powder . Ini salah satu kunci makeup flawless saya sih walaupun saat lagi breakout parah, compact powder ini bisa nge-cover dengan baik.”

Baca juga: Menjadi Idola, Beet Beauty Meluncurkan Warna Baru untuk Koleksi Lip Blanket!

“Balik lagi ke skin preparation ya, pokoknya sebisa mungkin saya akan memastikan skin prep-nya sudah maksimal. Sampai kulit terasa lembap dan sedikit tacky lengket gitu, baru deh saya pakai makeup, karena itu kunci utamanya sih. Kunci selanjutnya adalah set semuanya pakai setting spray, makeup kamu dijamin akan awet dan tampak flawless.”

Apa sih yang harus dihindari agar hasil makeup bisa flawless?

tips makeup gelangelicca

Treatment yang bisa membuat kulit mengelupas. Saat ada special occasion, yang saya hindari adalah melakukan treatment yang bisa buat kulit mengelupas, seperti laser dan treatment yang lebih advanced gitu. Karena biasanya saat perawatan seperti laser, pasti kan ada down time-nya dan saya nggak mau ambil risiko. Takutnya ada penyesuaian dengan kulit dan hal-hal lain yang ternyata nggak cocok untuk kulit.”

“Saat ada acara penting, saya juga berusaha untuk nggak coba-coba skincare. Itu karena tipe kulit acne prone itu sangat sensitif saat nggak cocok dengan satu produk. Biasanya, saya akan fokus untuk menghidrasi kulit, ekstra dalam menggunakan masker yang bisa menghaluskan atau mencerahkan kulit, sehingga membantu meratakan warna kulit juga. Saat tiba waktu untuk makeup di hari spesial, nggak perlu terlalu banyak menggunakan produk lagi karena terbantu dengan hasil penggunaan masker.”

Kamu pernah nggak mendedikasikan satu hari untuk ‘makeup free day’?

“Saya melakukannya dan nggak hanya satu hari dalam seminggu, bisa dua hari. Karena pekerjaan saya banyak membuat konten beauty, jadi setiap Senin sampai Jumat saya dedikasikan sebagai hari kerja dan sudah pasti pakai makeup. Dua hari di weekend saya dedikasikan sebagai makeup free days, biasanya saat hari libur atau di hari saya editing konten.”

Angelicca juga kasih tips tampil percaya diri nih, “Saat makeup free day ini saya nggak pakai makeup sama sekali karena sudah bisa mulai menerima kondisi kulit. Kalau ada satu dua jerawat dan bekas jerawat yang nggak terlalu mengganggu, ya nggak perlu makeup. Terus kalau di waktu libur nggak ada acara, sebisa mungkin nggak usah pakai makeup.”

Baca juga: Merayakan Hari Batik, Berikut Tampilan Berbatik Sederet Artis di Istana Merdeka!

Saat lagi ‘makeup free day’, ada tips nggak untuk menjaga kulit tetap terlihat fresh dan nggak pucat?

tips makeup gelangelicca

“Pastikan kulit sudah well hydrated. Saat kulit terhidrasi dengan baik, maka natural glow dari kulit juga akan keluar. Walaupun nggak makeup, saya tetap pakai lip product, tapi itu juga bukan yang heavy. Hanya lip tint atau lip balm saja, karena secara natural bibir saya pucat, dan pakai lip tint atau lip balm yang warnanya lebih cerah bisa bikin tampilan lebih fresh. Saya juga suka pakai penjepit bulu mata atau rutin lash lift yang supaya wajah lebih terlihat “awake”. Untuk alis, biasanya saya sisir pakai browcara yang punya sedikit tint warna supaya terlihat lebih rapi.”

Wah, ternyata banyak banget ya insights yang didapatkan dari Gelangelicca. Untuk kamu pejuang acne prone skin, bisa banget contek cara-cara yang dipakai untuk mendapatkan makeup look yang tampak flawless dan glowing. Ternyata, makeup-free day juga nggak selamanya horor kok. Nyatanya, itu justru menjadi salah satu cara untuk bisa memberikan kulitmu waktu bernapas sejenak dan berdamai dengan keadaan kulit kamu! Semoga bermanfaat, ya!

 

Edited by Salma Nur Hanina

Images: Dok.Instagram @gelangelicca

Slow Down

Please wait a moment to post another comment