banner-detik

beauty school

5 Kebiasaan Kecil yang Bisa Meningkatkan Kualitas Tidurmu Jadi Lebih Baik!

seo-img-article

Merasa kualitas tidurmu belum baik, sehingga mempengaruhi aktivitasmu sehari-hari? Kalau iya, kamu bisa adopsi kebiasaan kecil ini untuk membantumu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik!

Tidur merupakan sebuah kebutuhan penting untuk menjaga kesehatan tubuh, lho. Kalau kamu memiliki kualitas tidur yang cukup, sudah pasti tubuhmu akan terasa lebih enak dan nggak gampang sakit! Sayangnya, masih banyak orang yang belum menganggap tidur yang cukup merupakan hal penting.

Baca juga: Mudah dan Efektif, Ini 4 Olahraga Low Impact untuk Jaga Kesehatan Tubuh!

Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena sibuk. Orang yang memiliki banyak sekali kegiatan dalam satu hari kerap mengorbankan waktu tidur untuk menyelesaikan pekerjaan. Alhasil, begadang menjadi kebiasaan yang nggak bisa ditinggalkan. Padahal, orang dewasa dianjurkan untuk memiliki waktu tidur sebanyak 7 sampai 9 jam, karena dalam rentang waktu ini, sel-sel dalam tubuh bisa beristirahat dengan baik dan mempersiapkan tubuhmu untuk kembali beraktivitas keesokan harinya. Nah, sudahkah kamu memiliki waktu tidur yang cukup?

Nah, untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini, agar saat kamu sudah siap berbaring di atas kasur, kamu bisa langsung tertidur dengan pulas. Penasaran kebiasaan apa saja yang perlu kamu miliki? Baca terus artikel ini, ya!

Jadwalkan waktu tidur

kualitas tidur

Buatlah jadwal tidur yang pasti, karena saat kamu sudah set waktu untuk tidur, kamu jadi lebih cepat untuk melakukan persiapan, seperti bersih-bersih diri terlebih dahulu sebelum tidur dan berbaring di atas kasur dengan nyaman!

Baca juga: Pakai 6 Tinted Lip Balm Lokal Ini, Sulap Bibir Pecah-Pecah Jadi Plumpy!

Hindari makan malam sebelum tidur

kualitas tidur

Pastikan kamu nggak makan berat atau snacking sebelum tidur, ya. Baiknya, kamu makan malam 4 jam sebelum kamu tidur. Dengan begini, perutmu akan lebih nyaman selama tidur dan pastikan juga untuk menghindari konsumsi minuman yang mengandung kafein, karena efek sampingnya akan membuat kamu jadi susah tidur.

Batasi screen time

kualitas tidur

Memang sih, rebahan di atas kasur sambil nonton series atau film favorit menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan. Tapi, hal ini juga bisa buat kamu malah jadi keasyikan dan lupa waktu. Pastikan kamu membatasi screen time, kemudian kamu bisa memasang alarm di televisi, dan matikan ponselmu agar kamu nggak terdistraksi untuk bermain ponsel.

Baca juga: Rambut Kering dan Susah Diatur? Coba Perawatan Keratin di 5 Salon Ini!

Hadirkan suasana nyaman di kamar tidur

kualitas tidur

Suasana yang nyaman di kamar bisa menjadi salah satu hal yang mempermudah kamu untuk merasa ngantuk. Buatlah kamarmu terasa nyaman dengan menjaga kebersihannya, ya. Lalu, kalau ingin suasana yang lebih rileks, kamu bisa matikan lampu, pasang beberapa lagu pengantar tidur, dan pasang scented candles 30 menit sebelum tidur.

Lakukan stretching untuk membantu tubuh rileks

kualitas tidur

Sebenarnya, ini bukan suatu kegiatan yang harus kamu lakukan, tetapi melakukan sedikit stretching sebelum tidur bisa membantu tubuhmu jauh lebih rileks dan tenang sebelum akhirnya tidur. Kamu bisa lihat beberapa video di YouTube mengenai stretching simple untuk membuat tubuh lebih rileks dan tidur lebih cepat.

Nah, itu dia 5 kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik! Apakah kamu ada referensi kegiatan lain yang biasanya dilakukan untuk membuat tubuh jauh lebih rileks sebelum tidur, tulis ya di kolom komentar!

 

Edited by Salma Nur Hanina

Images: Dok. iStock

Slow Down

Please wait a moment to post another comment