banner-detik

beauty school

Mudah dan Efektif, Ini 4 Olahraga Low Impact untuk Jaga Kesehatan Tubuh!

seo-img-article

Untuk pemula yang ingin menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, kamu perlu mengetahui bahwa melakukan olahraga yang low impact juga bisa membantu kamu untuk menjaga tubuh tetap fit, lho!

Saat ini, olahraga low impact atau aktivitas fisik dengan beban yang rendah mulai digemari oleh banyak orang. Olahraga ini biasanya nggak menekan beban terlalu berlebihan pada persendian, sehingga membuat olahraga ini cukup aman untuk kamu pemula dalam dunia olahraga atau yang mudah mengalami cedera.

Baca juga: Awet Muda dengan 5 Buah yang Bisa Bantu Meminimalisir Penuaan Dini!

Walaupun nggak membakar kalori terlalu banyak, olahraga low impact tetap memiliki manfaat untuk tubuh, lho. Dengan melakukan olahraga ini secara rutin di rumah, kamu bisa menurunkan lemak tubuh, menjaga tekanan darah, meningkatkan keseimbangan tubuh, dan membantu menghilangkan stress. Penasaran ada apa saja? Keep on reading, ya!

Yoga

olahraga low impact

Salah satu olahraga yang digandrungi anak muda adalah yoga, karena aktivitas yoga memusatkan fokus pada kekuatan, kelenturan, dan melatih pernapasan untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Manfaat yang didapatkan dari melakukan yoga secara rutin juga banyak, seperti memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan fungsi otak, kesehatan tulang, dan membantu menurunkan berat badan juga, lho!

Baca juga: Beautypedia: Ketahui Sederet Manfaat Kolagen untuk Kulitmu!

Pilates

olahraga low impact

Selanjutnya, ada pilates! Mungkin kalau kamu mendengar olahraga pilates, yang cukup terkenal adalah reformer pilates. Olahraga pilates sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan alat bantu atau dengan matras di rumah. Memiliki gerakan yang hampir mirip dengan yoga, kegiatan pilates yang dilakukan di rumah memiliki fokus untuk meningkatkan core strength tubuh. Sehingga, manfaat yang kamu dapatkan dari rutin melakukan pilates di rumah adalah memperbaiki postur tubuh, nyeri punggung teratasi, dan memperkuat beberapa bagian tubuh seperti lengan, pinggul, dan perut.

Barre

olahraga low impact

Olahraga yang sedang naik daun, barre, merupakan olahraga yang cukup unik dan menyehatkan. Itu semua karena olahraga barre mengombinasikan gerakan balet dengan gerakan yoga, pilates, zumba, dan aerobik. Terdengar menarik, ya? Termasuk dalam olahraga low impact, gerakan olahraga barre dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan tubuh dan kondisi kesehatan juga, lho!

Baca juga: Selain Retinol, Coba 5 Serum Bakuchiol Ini untuk Jaga Kulit Tetap Awet Muda!

Renang

olahraga low impact
Terakhir, ada olahraga renang. Salah satu olahraga dari cabang akuatik ini merupakan olahraga populer yang bisa dilakukan oleh semua usia, lho. Dengan mengandalkan kecepatan gerakan kaki dan tangan, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari olahraga ini seperti membangun massa otot, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, serta mengendalikan stress bila kamu rutin melakukan olahraga ini!

Itu dia 4 olahraga low impact yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar! Bagi kamu yang sudah melakukan salah satu aktivitas olahraga di atas, manfaat apa yang paling kamu rasakan untuk kesehatan tubuh? Tulis di kolom komentar, ya!

 

Edited by Salma Nur Hanina

Images: Dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment