banner-detik

style

Desainer Merdi Sihombing Tampilkan Kain Ulos di New York Fashion Week!

seo-img-article

Sering membawa kain ulos ke berbagai negara, kini Merdi kembali membawa ciptaannya ke New York Fashion Week. 

Didukung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, untuk kedua kalinya di tahun 2023 ini, Merdi Sihombing kembali memukau khalayak Internasional dengan koleksi terbarunya “Ulos” di pagelaran Indonesia Now di New York Fashion Week The Shows Spring Summer 23 – 24.

Baca juga: Memiliki Tubuh yang Fit, Berikut Workout Routine Kazuha LE SSERAFIM yang Bisa Kamu Ikuti!

Melalui persembahan Merdi, pencinta fashion dunia dapat dengan mudah memahami budaya masyarakat Indonesia, khususnya suku Batak, ciri khas warna dan serat alam Indonesia, sekaligus mengapresiasi praktik fashion yang beretika dan berkelanjutan (sustainable).

Dalam koleksi “Ulos” Musim Semi Musim Panas 23-24 ini, Merdi mampu melepaskan diri dari ciri khas fashion-nya yang selama ini  lebih dikenal sebagai desainer untuk kalangan atas. Kali ini, Merdi berhasil menafsirkan ramalan tren fashion dan warna global tahun 2024 dengan sangat baik. Dengan fokus pada pendekatan berkelas tribal khas Indonesia yang dikawinkan dengan gaya fashion jalanan New York, Merdi menggabungkan corak ulos ciri khas-nya, lalu kain tenun ikat Batak, pewarna dan serat alam Indonesia, benang dan aksesori yang dibuat dari bahan daur ulang, serta potongan longgar yang menjadi ciri khas baru koleksinya kali ini.

Baca juga: Fakta Menarik Laura Basuki yang Jadi Perhatian di Film ‘Sleep Call’

new york fashion week

Kombinasi kompleks tersebut benar-benar menggambarkan keseluruhan Koleksi Ulos Merdi Spring Summer 23-24 kali ini. Presentasi “Ulos” di New York Fashion Week The Shows Spring Summer 23-24 kali ini semakin diperkaya dengan rajutan hasil kolaborasi dengan komunitas rajut Hook Go Crochet, dan desain sepatu unik karya Linda Chandra.

Baca juga: Tampil Memukau, Intip Gaya Isyana Sarasvati Hadiri Vogue World London!

Hingga saat ini, Merdi sangat meyakini bahwa keberagaman tidak hanya akan mendorong kreativitas dan pertukaran ide yang berbeda, namun juga sangat penting bagi penciptaan nilai sebuah karya. Saat ini, Merdi terus menciptakan karya-karya yang terinspirasi oleh komunitas masyarakat adat, kaum difabel, dan penyandang disabilitas di seluruh Indonesia.

Mana nih yang jadi gaya fashion favoritmu?

 

Edited by Salma Nur Hanina

Image: dok. Merdi Sihombing

Slow Down

Please wait a moment to post another comment